. Calon Usungan Golkar Belum Pernah Kalah di Pilgub Jambi | Jambipos
Home » , , » Calon Usungan Golkar Belum Pernah Kalah di Pilgub Jambi

Calon Usungan Golkar Belum Pernah Kalah di Pilgub Jambi

Written By jambipos-online on Selasa, 08 September 2020 | 11:15

Menakar Peluang Tiga Paslon Gubernur Jambi Pilkada 9 Desember 2020
Tiga Paslon Gubernur Jambi Pilkada Rabu 9 Desember 2020. Jambipos

Jambipos, Jambi-Pasangan bakal calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jambi periode 2021–2024 yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi hingga hari terakhir tahapan pendaftaran peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020, Minggu (6/9/2020) hanya tiga pasangan. Ketiga paslon tersebut, Al Haris–Abdullah Sani, Cek Endra–Ratu Munawaroh dan Fachrori Umar– Syafril Nursal.

Dari tiga calon gubernur Jambi itu, dua diantaranya kini menjabat Bupati di Provinsi Jambi. Al Haris merupakan bupati dua periode di Kabupaten Merangin dan H Cek Endra bupati dua periode di Kabupaten Sarolangun. Sedangkan Fachrori Umar merupakan patahana Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola karena tersandukung kasus korupsi.

“Hingga hari terakhir pendaftaran, Minggu (6/9/2020), hanya tiga paslon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar menjadi peserta pilkada serentak. Berdasarkan hasil verifikasi administrasi dan syarat dukungan parpol, ketiga paslon gubernur dan wakil gubernur Jambi tersebut memenuhi syarat atau lolos. Jadi kami masih menunggu hasil pemeriksaan kesehatan dan tes narkotika dan obat-obat berbahaya (narkoba) ketiga paslon tersebut,” kata Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi di kantor KPU Provinsi Jambi, Minggu (6/9/2020).

Paslon gubernur dan wakil gubernur Jambi yang terakhir mendaftar ke KPU Provinsi Jambi, Minggu (6/9/2020), yaitu Fachrori Umar–Syafril Nursal yang mendapat dukungan tiga parpol dengan jumlah 19 kursi di DPRD Provinsi Jambi. Koalisi parpol pengusung balon gubernur Jambi patahan tersebut, yakni Gerindra dengan jumlah tujuh kursi di DPRD, Demokrat (tujuh kursi), PPP (tiga kursi) dan Hanura (dua kursi).

Dua paslon gubernur dan wakil gubernur Jambi lainnya yang mendaftar ke KPU setempat, Jumat (4/9/2020) juga lolos verifikasi adminsitrasi dan syarat dukungan parpol. Kedua paslon gubernur dan wakil gubernur Jambi tersebut, Al Haris–Abdullah Sani dan Cek Endra–Ratu Munawaroh. Al Haris–Abdullah Sani mendapat dukungan tiga parpol dengan jumlah 17 kursi di DPRD (PKB, PKS, PAN).

 Sedangkan pasangan Cek Endra – Ratu Munawaroh mendapat dukungan koalisi tiga parpol, yakni PDIP dan Golkar jumlah 17 kursi di DPRD Provinsi Jambi.

Satu parpol pendukung Al Haris–Abdullah Sani, yaitu Berkarya dicoret dari daftar parpol pendukung karena administrasi parpol tersebut kurang jelas. Kemudian satu parpol pendukung Cek Endra – Ratu Munawaroh, yaitu Nasdem juga dicoret karena adminsitrasi parpol kurang jelas.

Tahapan Pilkada Serentak di Provinsi Jambi seusai masa pendaftaran calon, yakni pemeriksaan kesehatan calon, Sabtu (5/9/2020) hingga Jumat (11/9/2020). Kemudian verifikasi syarat administratif berlangsung hingga Selasa (22/9/2020).

Penetapan pasangan calon peserta pilkada serentak dilaksanakan, Rabu 23 September 2020 dan pelaksanaan undian nomor urut peserta dilaksanakan, Kamis 24 September 2020. Kampanye Pilkada Serentak 2020 digelar mulai, Sabtu 26 September 2020  hingga Sabtu 5 Desember 2020.

Dari data KPU Provinsi Jambi, jumlah pemilih Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Jambi mencapai 2,4 juta jiwa. Sedangkan jumlah tempat pemungutan suara di provinsi itu sekitar 8.199 unit. Jumlah pengawas pemilihan umum (panwaslu) tingkat kecamatan dan desa/kelurahan di Provinsi Jambi mencapai 1.844 orang. Sekitar 282 orang panitia pengawas kecamatan (panwascam) dan 1.562 orang panitia pengawas desa/keluarahan (panwasdes).

Protokol Kesehatan

Pasangan bakal calon (balon) Gubernur Jambi, Al Haris (kiri) – Abdullah Sani (kanan) mencuci tangan sebelum memasuki kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi pada pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Jambi di kantor KPU Provinsi Jambi, Jumat, 4 September 2020.  

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat pada pendaftaran bakal calon (balon) gubernur dan wakil gubernur Jambi mencegah penularan Covid-19 di KPU Provinsi Jambi.

Ketatnya pelaksanaan protokoler kesehatan Covid-19 tersebut ditandai dengan pembatasan jumlah orang yang diperbolehkan masuk mendaftarkan balon pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Al Haris – Abdullah Sani dan Cek Endra – Ratu Munawaroh di kantor KPU Provinsi Jambi, Jumat (4/9/2020).

Pantauan pada pendaftaran balon pasangan Gubernur Jambi dan Wakil GUbernur Jambi, Al Haris – Abdullah Sani di KPU Provinsi Jambi, Jumat (4/9/2020) pagi, puluhan petugas KPU Provinsi Jambi yang siaga di pintu gerbang KPU setempat hanya memperbolehkan pasangan calon, ketua partai pengusung dan ketua tim pemenangan Al Haris – Abdullah Sani masuk ke kantor KPU. Sedangkan sekitar 75 orang pendukung pasangan balon gubernur dan wakil gubernur Jambi tersebut yang hendak ikut masuk ke dalam kantor KPU setempat terpaksa dihalau.

Para petugas KPU Provinsi Jambi yang bertugas menerima kedatangan rombongan balon pasangan gubernur dan wakil gubernur Jambi di pintu masuk kantor KPU setempat juga menggunakan masker dan face shield (pelindung wajah dari kaca).

“Kami ditugaskan membatasi jumlah pendukung calon gubernur dan wakil gubernur yang bisa masuk ke kantor KPU ini. Karena itu para pendukung tidak bisa ramai-ramai masuk ke dalam kantr KPU. Pendukung balon gubernur dan wakil gubernur yang berada di luar kantor KPU ini juga kami minta tetap menggunakan masker,”kata Hamid, seorang petugas KPU Provinsi Jambi yang berjaga di pintu masuk kantor KPU Provinsi Jambi.

Sementara itu, balon pasangan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi, Al Haris – Abdullah Sani mematuhi protokoler kesehatan ketika menghadiri pendaftaran calon di kantor KPU Provinsi Jambi, Jumat pagi. Al Haris yang menyetir mobil sendiri datang ke KPU Provinsi Jambi memberikan contoh penggunaan masker dan cuci tangan ketika hendak memasuki kantor KPU setempat.

Sebelum masuk ke kantor KPU Provinsi Jambi, Al Haris tetap menggunakan masker, cuci tangan dan menjalani pengukuran suhu tubuh. Hal serupa juga diikuti balon Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Ketua Tim Pemenangan Al Haris – Abdullah Sani dan para ketua partai pengusung balon pasangan gubernur dan wakil gubernur Jambi tersebut.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, M Sanusi mengatakan, pihaknya menerapkan protokoler kesehatan Covid-19 secara ketat selama proses pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur Jambi mencegah terjadinya penularan Covid-19 di kantor penyelenggara pemilihan kepala daerah (pilkada) tersebut.

“Protokoler kesehatan Covid-19 diberlakukan secara ketat selama penyelenggaraan pilkada, termasuk pada proses pendafataran calon ini mencegah adanya penularan Covid-19 di lingkungan KPU ini. Seluruh petugas KPU Jambi juga menggunakan alat pelingdung diri (APD) lengkap seperti masker, face shield, hand sanitizier dan jaga jarak,”katanya.

Perlakuan hal serupa juga berlaku pada saat pendaftaran Paslon gubernur dan wakil gubernur Jambi Fachrori Umar–Syafril Nursal saat mendaftar ke KPU Provinsi Jambi, Minggu (6/9/2020). Juga paslon gubernur dan wakil gubernur Jambi Cek Endra – Ratu Munawaroh saat mendaftar ke KPU Provinsi Jambi, Jumat (4/9/2020).
CERAH

Jejak Pilgub Jambi 2005, 2010 dan 2015

Selama pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi 15 tahun terakhir, calon gubernur usungan Partai Golkar selalu menang. Tiga mantan Gubernur Jambi yang menang diusung Partai Golkar di Pilgub Jambi adalah H Zulkifli Nurdin, Hasan Basri Agus dan Zumi Zola.

Pada pemilihan Gubernur Jambi 26 Juni  2005 silam, Golkar mengusung pasangan H Zulkifli Nurdin-Antony Zeidra Abidin berkoalisi dengan PAN, PBB dan Partai Nasional Indonesia Marheinis). Kemudian  pasangan Hasip Kalimudin Syam-Nasrun Arbain diusung koalisi (PKB, PPP, dan PKPB) serta pasangan Usman Ermulan-Irsyal Yunus koalisi (PDIP dan PBR). 

Kemudian pada Pilgub Jambi 19 Juni 2010 Golkar juga menang mengusung pasangan Hasan Basri Agus (HBA) berpasangan dengan H Fachrori Umar dengan berkoalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera.

Tiga paslon lainnya yakni Majid Muas-Abdullah Hich diusung koalisi partai (PAN, PPP, PBB, dan Hanura)  dan Safrial Siregar-Agus Setyonegoro (koalisi Parpol PDI Perjuangan, PKPB, PPRN, Barnas, dan Partai Republikan) dan pasangan Zulfikar Akhmad-Ami Taher diusung Partai Gerindra.

Pada Pilgub Jambi Juni 2010 lalu, seluruh kandidat gubernur yang bersaing saat itu masih menjabat sebagai kepala daerah. ZA menjabat Bupati Bungo, HBA Bupati Sarolangun, Majid Bupati Tebo, dan Safrial Bupati Tanjung Jabung Barat. Kandidat wakil Abdullah Hich saat itu Bupati Tanjung Jabung Barat, Agus Setyonegoro Dosen Universitas Jambi, dan Fachrori Umar saat itu menjabat Wakil Ketua Hakim di Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Utara.

Selanjutnya Pilgub Jambi 9 Desember 2015 lalu, Golkar juga menang dengan mengusung calon gubernur Jambi H Zumi Zola berpasangan dengan H Fachrori Umar. Saat itu Golkar berkoalisi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sebagai rival Zumi Zola saat Pilgub Jambi 9 Desember 2015 lalu adalah Gubernur Jambi patahanan Hasan Basri Agus (HBA) berpasangan dengan Edi Purwanto (Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi) yang diusung oleh Partai Demokrat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pilkada Gubernur Jambi 9 Desember 2020 mendatang, Golkar mengusung kader sendiri yakni H Cek Endra (Ketua DPD Golkar Provinsi Jambi) yang juga menjabat Bupati Sarolangun yang berpasangan dengan Hj Ratu Munawaroh yang merupakan istri (Alm) H Zulkifli Nurdin dan Ibu Tiri Zumi Zola.

Bergabungan HBA (Anggota DPR RI Fraksi Golkar), Syarif Fasha dan Asafri Jaya Bakri kepada tim pemenangan H Cek Endra-Hj Ratu Munawaroh, semakin optimis Paslon CERAH bisa meraih suara terbanyak pada Rabu 9 Desember 2020 mendatang. Syarif Fasha dan Asafri Jaya Bakri yang sebelumnya bakal pasangan kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dengan peraih survey tertinggi yakni 26,3% versi Charta Politika.(Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA