. Elviana: SMK STAR UP DARA JINGGA, Sekolah Gratis Bagi Anak Yatim dan Tidak Mampu | Jambipos
Home » , , » Elviana: SMK STAR UP DARA JINGGA, Sekolah Gratis Bagi Anak Yatim dan Tidak Mampu

Elviana: SMK STAR UP DARA JINGGA, Sekolah Gratis Bagi Anak Yatim dan Tidak Mampu

Written By jambipos-online on Senin, 27 Juli 2020 | 08:13

Selamat Datang di  SMK STAR UP DARA JINGGA.
Jambipos, Dharmasraya-Tingginya biaya pendidikan saat ini memaksa keluarga kurang mampu untuk berpikir duakali untuk melanjutkan anak mereka melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Namun kini ada muncul sekolah yang menerima anak yatim dan kurang mampu melanjutkan pendidikan dengan gratis.

Sekolah ini berada di Komplek Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) dibawah bendera Yayasan Panji Dara Jingga yang Ketua Yayasannya dipegang oleh Panji Mursyidan SE MM, yang tak lain adalah putra sulung Dra H Elviana MSi yang kini menjabat sebagai Ketua Komite IV DPD RI.

“Masih ada anak ponakan kita yang tamat SMP dan MTs yang galau karena belum bisa lanjutkan pendidikan karena faktor ekonomi? Kami sudah siapkan sekolah berkualitas SMK STAR UP DARA JINGGA di Komplek Kampus Undhari yang dimenej langsung oleh si sulung Panji. Gratis biaya sekolah utk anak yatim & anak tdk mampu. Ayo segera daftar. Pendidikan memutus mata rantai kemiskinan,” tulis Elviana yang juga menjabat sebagai Pembina Yayasan.

Disebutkan, SMK STAR UP DARA JINGGA memiliki jurusan Multimedia, Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Perhotelan. 

Sedangkan fasilitas yang tersedia meliputi Gedung sekolah milik sendiri, tersedia asrama bagi siswa yang dari luar Dharmasraya, Labor Komputer, Studio Editing, Labor Hardwer, Perpustakaan, Lapangan Olahraga, Ruang Serbaguna, Mesjid dan Kantin Sekolah. Visi-Misi dan informasi lengkap bisa membaca benner brosur yang terlampir. 

Dra Hj Elviana, MSi menambahkan, semakin maju tingkat dan kualitas pendidikan warga Negara berarti semakin berpengaruh dan berdampak positif terhadap masa depan pembangunan bangsa dalam berbagai bidang baik spiritual maupun material. 


Pendidikan ke jenjang tinggi yang diharapkan mampu untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan Kabupaten Dharmasraya khususnya dan Provinsi Sumatera Barat secara umum. 

Kabupaten Dharmasraya merupakan salah satu dari 3 kabupaten baru hasil pemekaran di Sumatera Barat berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 tahun 2003. Kabupaten ini lahir dari pemekaran Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung yang terdiri dari 4 kecamatan dengan luas 2.961, 13 Km atau 296.113 Ha. 

Secara geografis Kabupaten Dharmasraya berada pada posisi 000 47’ 7” LS – 10 41’ 56” Lintang Selatan (LS) dan 1010 9’ 21” BT – 1010 54’ 27” Bujur Timur (BT). 

Kabupaten Dharmasraya dilalui oleh jalur lalu lintas Sumatera dan berbatasan dengan: Sebelah Utara dengan Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung Provinsi Sumatera Barat dan kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. 

Sebelah Selatan dengan Kabupaten Bungo dan Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Sebelah Timur dengan Kabupaten Tebo dan kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Sebelah Barat dengan Kabupaten Solok dan Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat. 

Dilihat dari letak geografis daerah Kabupaten Dharmasraya yang sangat strategis, Kabupaten Dharmasraya memiliki potensi cukup tinggi yang sangat membutuhkan tenaga-tenaga pembangunan yang memiliki keahlian serta dedikasi dan moral yang tinggi dan siap terjun untuk melaksanakan pembangunan. Tenaga-tenaga seperti ini hanya dapat diperoleh melalui pendidikan di perguruan tinggi, baik itu dari perguruan tinggi negeri maupun dari perguruan tinggi swasta. 

Dengan adanya keterbatasan dari jumlah perguruan tinggi negeri yang ada di Propinsi Sumatera Barat, Propinsi Jambi dan Propinsi Riau, sedangkan animo dari lulusan SMA/MA/SMK untuk melanjutkan ke perguruan tinggi sangat tinggi. Maka dibutuhkanlah peran serta perguruan tinggi swasta untuk mamajukan dunia pendidikan dalam rangka melaksanakan pembangunan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Perguruan tinggi swasta yang ada di Kabupaten Dharmasraya berjumlah 4 (empat) perguruan tinggi swasta yang terdiri dari STIKES Dharmasraya, STMIK Dharmasraya, STKIP Dharmasraya dimana 3 (tiga) perguruan tinggi swasta ini diselenggarakan oleh Yayasan Amanah Ampang Kuranji, dan STITNU Sakinah Dharmasraya. Jika kita lihat dari ketersediaan Universitas yang ada di Provinsi Jambi, saat ini Provinsi Jambi memiliki 2 (dua) Universitas, yaitu Universitas Batang Hari dan Universitas Muarobungo.

Universitas Dharmas Indonesia mendapat ijin penyelenggaraan dari Menteri Ristek Dikti RI dengan SK Menteri Ristek Dikti RI Nomor 70/KPT/I/2015 tanggal 2 Oktober 2015. 

Universitas Dharmas Indonesia diresmikan pada tanggal 12 Oktober 2015 oleh dirjen Belmawa Kementerian Riset dan Teknologi, Bapak Prof. Intan Ahmad, PhD. Bertepatan dengan wisuda tahun 2015. 

Universitas Dharmas Indonesia memiliki 3 Fakultas yang terdiri dari Fakultas Ilmu Kesehatan dengan 3 Program Studi (Program Studi DIII Kebidanan, Program Studi S1 Keperawatan, dan Program Studi Profesi Ners).

Kemudian Fakultas Ilmu Komputer dengan 3 Program Studi (Program Studi S1 Teknik Informatika, Program Studi S1 Sistem Informasi dan Program Studi DIII Teknik Komputer), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan 5 Program Studi (Program Studi S1 Pendidikan Guru SD).

Selanjutnya Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia dan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.(JP-Asenk Lee Saragih) 
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA