. Gubernur Jambi Ikuti Musrenbangnas 2020 Secara Online | Jambipos
Home » , , » Gubernur Jambi Ikuti Musrenbangnas 2020 Secara Online

Gubernur Jambi Ikuti Musrenbangnas 2020 Secara Online

Written By jambipos-online on Kamis, 30 April 2020 | 08:28

Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 oleh Presiden Jokowi secara online/virtual diikuti para gubernur serta pejabat daerah terkait di provinsi masing-masing, Kamis (30/4/2020).(Humas)
Jambipos, Jambi-Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 oleh Presiden Jokowi secara online/virtual diikuti para gubernur serta pejabat daerah terkait di provinsi masing-masing, Kamis (30/4/2020).

Untuk kali pertama pembukaan Musrenbangnas 2020 ini secara virtual atau online disebabkan pandemi virus Corona atau Covid-19, biasanya kegiatan besar perencanaan pembangunan Indonesia dilaksanakan tatap muka langsung. 

"Musrenbangnas 2020 merupakan siklus tahunan untuk merencanakan pembangunan 2021, perencanaan harus benar-benar adaptif dengan perkembangan situasi saat ini," kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan, apa yang dikerjakan tahun ini akan memberi pondasi bagi tahun yang akan datang dan meminta setiap kepada daerah untuk mendata secara detail industri yang terdampak. 

"Kepala daerah merancang strategi agar ekonomi kembali normal, bukan hanya kecepatan penanganan Covid-19, tapi juga kecepatan pemulihan," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah tahun 2020 banyak melakukan penyesuaian pembangunan Indonesia dengan realokasi dan refocusing belanja. 

"Prioritas bidang kesehatan, jaring pengaman sosial bagi warga miskin, serta stimulus ekonomi agar pelaku usaha bertahan dan mencegah terjadinya PHK," ujarnya.

Arahan Presiden Jokowi untuk Pemerintah Daerah dalam mengidentifikasi masalah, memilah secara cermat sektor yang terkena dampak paling parah, sedang, serta sektor yang bertahan dan justru dapat mengambil peluang yang ada untuk membangkitkan ekonomi.

"Program stimulus ekonomi yang dibuat pemerintah pusat dibantu dengan Pemda serta jalankan skema yang jelas, transparan, terukur dan bisa menyelamatkan pekerja," kata Jokowi.

Pemerintah memiliki beberapa skenario dampak Corona yang belum dapat dipastikan kapan wabah ini berakhir karena perbedaan pandangan dari ahli terkait.

"Kita harus menyiapkan diri dengan skenario ringan, sedang, hingga skenario yang paling berat dan apa yang dikerjakan tahun ini akan memberi pondasi bagi tahun akan datang," jelas Jokowi.

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Pj.Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, Dr.Donny Iskandar, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, Kepala Dinas Perhubungan, Kadis Perkebunan, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi, mengikuti rapat online/virtual Musrenbangnas 2020 tersebut.(JP-Hms/Lee) 
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA