Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Bea Cukai Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal dari Riau yang Melintas di Tanjabar

Anggota Bea Cukai (BC) Jambi dan Bea Cukai (BC) Kuala Tungkal bersama Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Jambi, berhasil mengamankan 30 Koli rokok ilegal. Ditangkapnya puluhan koli dan ribuan batang rokok ilegal (barang kena cukai hasil tembakau (BKC HT), yang tidak dilekati pita cukai pada Kamis malam (12/3/2020) lalu, di daerah Jalan Lintas Sumatera, Simpang Rambutan, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi.(JP)
Jambipos, Tanjabar-Anggota Bea Cukai (BC) Jambi dan Bea Cukai (BC) Kuala Tungkal bersama Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Jambi, berhasil mengamankan 30 Koli rokok ilegal. Ditangkapnya puluhan koli dan ribuan batang rokok ilegal (barang kena cukai hasil tembakau (BKC HT), yang tidak dilekati pita cukai pada Kamis malam (12/3/2020) lalu, di daerah Jalan Lintas Sumatera, Simpang Rambutan, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Jambi (Bea Cukai Jambi), Ardiyatno melalui Kasi Pengawasan dan Penindakan Bea Cuka Jambi.

Terkait hal ini, Heri Sustanto, Senin (16/3/2020) malam membenarkan adanya penangkapan rokok ilegal tersebut. “Ada kurang lebih sebanyak 30 koli (600.000 batang) rokok ilegal merek Luffman yang berhasil diamankan oleh tim,” sebutnya

Penangkapan itu bermula dari adanya informasi dari masyarakat terkait adanya mobil dari wilayah Riau tujuan Jambi yang diduga membawa rokok ilegal, mendapat informasi itu tim P2 BC Jambi dibantu oleh tim dari Kantor Bantu BC Kuala Tungkal langsung melakukan penyisiran pada lokasi yang akan dilewati mobil yang diduga membawa rokok ilegal tersebut.

Dan saat mobil melintas di daerah Jalan Lintas Sumatera, Simpang Rambutan, tepatnya di sebuah gudang kosong tim berhasil mengamankan seorang sopir dan satu unit mobil yang mengangkut rokok ilegal. Pada saat diamankan mobil yang mengangkut rokok ilegal tersebut sedang berpindah lokasi ke sebuah gudang kosong.

Dalam mobil tersebut, ditemukan barang bukti dan supir berinisial “M” dan selanjutnya barang bukti dan sopir langsung dibawa dan diamankan menuju Kantor Bea Cukai Jambi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya

Dari hasil pemeriksaan, sopir berinisial M ini mengaku hanya disuruh bawa dan mengantarkan barang tersebut. Sedangkan yang punya barang (pemilik, red) saat ini masih kita dalami. “Dari pengakuan si sopir, barang ini dibawa dari daerah Keritang-Riau untuk tujuan daerah Jambi.

Dan, kalau dilihat dari merek rokoknya (Luffman, red), diduga rokok ini diselundupkan melalui wilayah Pulau Kijang-Riau," jelasnya

Dari hasil penindakan, jumlah rokok ilegal yang diamankan itu berjumlah sebanyak 600.000 batang, dengan perkiraan kerugian negara sebesar Rp.225 juta,” tambahnya

Lanjut Heri mengatakan, setelah kita lakukan BAP, untuk si sopir ini kemudian kita jadikan saksi dan untuk kebutuhan penyidikan 1x24 karena belum bisa ditetapkan, si sopir sementara kita lepaskan. Sedangkan untuk mobil serta rokoknya kita amankan.

“Sementara untuk yang punya barang (pemilik, red) rokok ilegal tersebut saat ini masih kita dalami," jelasnya

Dan dengan terbitnya Surat Bukti Penindakan yang dilakukan oleh tim Bea Cukai Jambi, sarana pengangkut tersebut diduga melanggar Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai," tandasnya.(JP)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar