. Megawati: Perempuan Jangan Merasa Dirinya Hanya "Konco Wingking" | Jambipos
Home » , » Megawati: Perempuan Jangan Merasa Dirinya Hanya "Konco Wingking"

Megawati: Perempuan Jangan Merasa Dirinya Hanya "Konco Wingking"

Written By jambipos-online on Jumat, 10 Januari 2020 | 16:26

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan pada peringatan HUT ke-47 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020. ( Foto: Beritasatu.com / Primus Dorimulu )
Jambipos, Jakarta-Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta agar perempuan Indonesia percaya diri dan yakin bahwa usaha keras akan menghasilkan prestasi besar. Perempuan Indonesia jangan merasa ditakdirkan tak bisa berprestasi.

Megawati menyampaikan itu dalam pidatonya pada perayaan HUT ke-47 sekaligus Rakernas I 2020 PDI Perjuangan di Kompleks JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020). Presiden Kelima itu bercerita bahwa dirinya baru kembali dari Tokyo setelah menerima gelar doktor kehormatan bidang kemanusiaan.

"Jadi, kata orang, baru, segar gelarnya," kata Megawati disambut tawa ribuan peserta acara. Baginya, salah satu pesan utama dari pemberian gelar itu adalah bahwa perempuan Indonesia bisa berprestasi.

"Jadi, anak-anakku, saya tegaskan sebagai perempuan jangan merasa terpinggirkan, jangan merasa perempuan itu konco wingking, selalu berada di belakang. Tidak. Pada kenyataannya, saya bisa membuktikan (perempuan bisa) jadi nomor satu. Presiden perempuan jadi nomor satu. Wakil Presiden perempuan nomor satu," ujar Megawati yang kembali disambut tepuk tangan.

Konco Wingking adalah ungkapan dalam bahasa Jawa yang bermakna bahwa kodrat perempuan adalah berada di belakang. Tugasnya sekadar menjadi ibu yang melahirkan anak serta hanya memasak makanan, tanpa hak untuk bicara serta berperan.

"Termasuk, ketua umum partai politik, itu nomor satu, yang pada hari ini, saya mengucapkan terima kasih kepada kalian semua yang tetap mempercayai saya menjadi ketua umum," kata Megawati yang disambut gemuruh tepuk tangan teriakan 'merdeka'.

Berlangsung Meriah

Perayaan HUT ke-47 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I 2020 berlangsung secara meriah di Kompleks JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Ribuan kader utama PDIP dari seluruh Indonesia berkumpul serta memadati salah satu gedung utama di Kompleks JIExpo. Banyak kader yang terpaksa tak bisa berada di dalam ruangan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tampak mengikuti perayaan upacara dengan khidmat serta bersemangat. Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri pun menyapa keduanya.

Tak lupa Megawati menyapa pula para tamu yang hadir, antara lain mantan wakil presiden Try Sutrisno, Boediono, hingga Jusuf Kalla. "Kompak yang datang, wakil presidennya," kata Megawati disambut tepuk tangan peserta.

Lalu, Megawati memohon maaf tak bisa menyapa satu persatu dari para tamu yang hadir. Sebab, lampu di arena acara cukup terang di bagian pinggir, namun gelap di bagian jejeran para tamu.

Namun, ujar Megawati, ada satu sosok lalu dikenalinya, yakni Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Saya tak kelihatan, tetapi ada yang memakai baju putih, kayaknya Bapak Prabowo Subianto. Saya senang beliau datang. Karena, saya dengar, beliau mau ke luar negeri. Tetapi, ternyata masih sempat hadir di perayaan HUT PDI Perjuangan. Terima Kasih Pak Bowo," kata Megawati saat menyapa Prabowo.

Semua hadiri langsung kembali bertepuk tangan. Satu lagi yang disapa Megawati adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Megawati mengaku mengenal Sri Mulyani dari kacamata yang dipakainya.

"Lalu, saya lihat ada Mbak Ani, ya? Nah, betul," kata Megawati. Hingga saat ini, prosesi perayaan HUT partai sekaligus Rakernas I 2020 itu masih berlangsung. (*)

Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA