Home » , , , » Sekda Dianto Launching Dukcapil Go Digital Provinsi Jambi

Sekda Dianto Launching Dukcapil Go Digital Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Selasa, 02 April 2019 | 17:03

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto melaunching Penduduk Catatan Sipil (Dukcapil) Go Digital Provinsi Jambi pelayanan serentak rekam dan cetak Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Kabupaten Sarolangun, dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 yang diselenggarakan di Aula Hotel Shang Ratu, Selasa (2/4/2019). Foto IST

Jambipos, Jambi-Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto melaunching Penduduk Catatan Sipil (Dukcapil) Go Digital Provinsi Jambi pelayanan serentak rekam dan cetak Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Kabupaten Sarolangun, dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 yang diselenggarakan di Aula Hotel Shang Ratu, Selasa (2/4/2019).

Dukcapil Go Digital Provinsi Jambi ini merupakan program dari Dinas Dukcapil Provinsi Jambi, karena saat ini dari data Dukcapil, kependudukan di Kabupaten Sarolangun memiliki angka perekaman e-KTP masih rendah.

“Saat ini salah satu kabupaten kita itu angkanya untuk perekaman KTP masih rendah, karena disana terdapat Suku Anak Dalam (SAD) yang menyebabkan kita kesulitan untuk sampai ke lokasi dimana mereka bermukim,” ujar M Dianto.

M Dianto mengatakan, ada pemikiran dari Arif Munandar selaku Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Jambi untuk melakukan perekaman e-KTP guna mengahadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019.

“Ada pemikiran dari Pak Arif, karena beliau kan pernah jadi pejabat Bupati di Sarolangun, beliau lebih tahu bagaimana kondisi di wilayah Sarolangun,” katanya.

M Dianto menghawatirkan, jikalau hal ini ditangani dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Sarolangun tentu akan mengalami kesulitan untuk mengejar ketertinggalan Kabupaten Sarolangun dengan kabupaten lainnya.

“Apalagi kita menghadapi Pilpres dan Pileg di tahun 2019 ini makanya tadi programnya adalah keroyokan untuk merekam KTP elektronik bagi masyarakat di Kabupaten Sarolangun,” kata Dianto.
Untuk perekaman e-KTP, telah dibuka 5 titik yaitu Kecamatan Air Hitam, Kecamatan Pauh, Kecamatan Mandiangin, Kecamatan Sarolangun dan Kecamatan Singkut yang jumlah penduduknya cukup besar.

“Menurut data itu sudah dikoordinasikan dengan Pemda Kabupaten Sarolangun, menghimbau masyarakatnya yang belum punya KTP elektronik agar hadir di 5 tempat atau 5 Kecamatan yang sudah dipilih oleh Dukcapil Provinsi Jambi dengan Dukcapil Kabupaten Sarolangun untuk melakukan perekaman e-KTP dan kartu keluarga, Perekaman e-KTP ini akan dilangsungkan selama 2 hari, 3 April hingga 4 April,” katanya.

“Kita juga pernah lakukan perekaman e-KTP, pada saat kita melaksanakan di Kota Jambi di seputaran Kantor Gubernur Jambi tahun lalu. Ini upaya-upaya konkrit yang dibuat oleh Dinas Dukcapil Provinsi Jambi. Untuk itulah pemerintah Provinsi Jambi memberikan apresiasi bagi Dinas Dukcapil Provinsi Jambi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Amir Sakib didampingi Kadis Dukcapil juga menghadiri Louncing Dukcapil Go Digital Provinsi Jambi. 

Amir Sakib mengatakan, Dukcapil Go Digital merupakan suatu contoh bentuk inovasi yang bagus dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto melaunching Penduduk Catatan Sipil (Dukcapil) Go Digital Provinsi Jambi pelayanan serentak rekam dan cetak Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Kabupaten Sarolangun, dalam rangka mensukseskan Pemilu 2019 yang diselenggarakan di Aula Hotel Shang Ratu, Selasa (2/4/2019). Foto IST
“Kita memang harus terus mengikuti perkembangan zaman termasuk teknologi, begitu juga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sekertaris DirJen Kependudukan dan Catatan Sipil Ir. I. Gede Suratha, MMA dalam sambutannya mengatakan, penerapan Dukcapil Go Digital ini diharapkan mampu memberikan perubahan paradigma dalam pelayanan kepada publik.

“Dan dalam pelayanannya pun tidak lagi harus dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore tapi 24 jam karena itulah konsekuensi dalam perwujudan Dukcapil Go Digital. Dukcapil Go Digital ini juga diharapkan dapat lebih mempermudah melayani masyarakat,” ujarnya.

Selain Launcing Dukcapil Go Digital, pada kesempatan yang sama juga diserahkan piagam penghargaan kepada Kabupaten Muaro Jambi atas pelayanan Perekaman E-KTP, Kabupaten Kerinci atas pelayanan Cakupan Akta Kelahiran, Kabupaten Bungo atas pelayanan Penerapan Tanda Tangan Elektronik, Kabupaten Tebo atas Layanan Identitas Anak dan Kota Jambi atas Penerbitan Akta Kematian.

Turut hadir dalam acara Launcing ini Forkopimda Provinsi Jambi,Asisten,Perwakilan Danrem Garuda Putih, Perwakilan Kapolda Jambi, Bupati/Walikota, Kepala Dinas Dukcapil Se-Provinsi Jambi serta tamu undangan lainnya. (JP-Hms/Lee)
 
Share this article :

Posting Komentar