Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


P2W KSS, Merangin Bisa Menjadi Contoh

Bupati Merangin dan Ibu Dampingi Tim Penilai
Bupati Merangin H Al Haris bersama ibu mendampingi tim penilai P2W KSS turun ke Desa Talang Asai Masurai.
Jambipos Online, Merangin-Kabupaten Merangin bisa menjadi contoh penerapan Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2W KSS). Ini terlihat dari desa yang telah melakukan pembinaan.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Tim Penilai P2W KSS H Kamaruzzaman, saat turun ke Desa Talang Asal Kecamatan Lembah Masurai melakukan penilaian, Selasa (4/12/2018) bersama beberapa orang anggotanya.

"Ini merupakan desa kesembilan dari 12 desa yang akan kami kunjungi. Desa ini kiranya bisa menjadi contoh sebuah desa binaan yang telah berubah bagi desa-desa lainnya di Provinsi Jambi,’’ujar H Kamaruzzaman.

P2W KSS terangnya, merupakan program Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan pada aspek pendidikan, kesehatan dan daya beli terutama bagi keluarga miskin di desa/kelurahan.

Peranan perempuan sebagai mitra sejajar pria perlu ditingkatkan, agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam berbagai bidan pembangunan di daerah. Untuk membangun sebuah desa perempuan jangan ditinggalkan.

Sementara itu Bupati Merangin H Al Haris yang hadir bersama Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris mengatakan, keikutsertaan Desa Talang Asal pada lomba P2W KSS bukan tujuan akhir.

"Tujuan akhir kita bagimana masyarakat bisa merubah perilakunya menjadi perilaku hidup bersih dan sehat. Merubah perilaku wanitanya meningkatkan peran menuju keluarga sehat sejahtera,’’ujar Bupati.

Diakui bupati untuk merubah perilaku itu tidak mudah, sebab yang dirubah itu merupakan individu manusia. Untuk itu lomba P2W KSS harus terus dilakukan setahun sekali, karena masih banyak desa-desa yang harus disempurnakan.

"Mungkin di sebuah desa jambannya kurang baik, tempat sampah kurang dan masyarakat masih terbiasa membuang sampah sembarangan. Sama ketika kita akan meraih Adipura, susah merubah kebiasaan warga untuk bersih,’’terang Bupati.

Untuk pengolahan sampah sekarang ini jelas bupati, Kabupaten Merangin terbaik di Sumatera kategori kota kecil. Bupati minta kepada seluruh masyarakat dapat memetik pelajaran dari lomba-lomba yang digelar.

Jadikan lomba itu sebagai media untuk merubah desa. Lomba P2W KSS ini tidak hanya merubah warna Desa Talang Asal, tapi juga desa-desa lain disekitarnya yang juga sudah mulai berubah.(JP-Yah)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar