Home » , » Jokowi Harap Petani Jangan Hanya Fokus Sawit dan Karet

Jokowi Harap Petani Jangan Hanya Fokus Sawit dan Karet

Written By jambipos-online on Senin, 17 Desember 2018 | 09:09

Calon Presiden Jokowi di Gedung ACC di kawasan Pasar, Kota Jambi, Minggu (16/12/2018). FB
Jambipos Online, Jambi-Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap petani di Jambi untuk lebih kreatif dalam berkebun dan tak fokus kepada sawit dan karet. Jokowi sangat prihatin dengan harga buah sawit yang terus merosot. Penyebab utamanya, perekonomian global yang belum stabil.

Guna menyiasati itu, Presiden berpesan kepada para petani jangan berharap dari menanam buah sawit lagi. Ke depan cari yang menghasilkan uang banyak, seperti kopi, kayu manis, jengkol dan petai.

"Kalian jangan menganggap remeh jengkol dan petai, yang penting harganya. jadi jangan hanya fokus kepada sawit dan karet," ujar Jokowi disambut tepuk tangan meriah dari ribuan para caleg dari partai pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin di Gedung ACC di kawasan Pasar, Kota Jambi, Minggu (16/12/2018).

Menurut Jokowi, buah manggis bisa juga dijadikan komoditi yang menjanjikan. Sebab, permintaan manggis di Singapura, Taiwan, Hongkong, Jepang dan Cina sekarang ini cukup tinggi sekali.

"Sayangnya, kita tidak ada, lahan kita malah ditanami sawit semua. Begitu harga sawit jatuh, sakit semua. Sawit semua, ya sakit semua," tandas Jokowi.

Dalam catatannya, saat ini lahan sawit di Indonesia sudah mencapai 13 juta hektare dengan produksi 42 juta ton. Bahkan perkebunan sawit di Indonesia terus mengalami penurunan harga TBS. (JP-Lee)



Share this article :

Posting Komentar