Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Sekda M Dianto: Budayakan Hidup Sehat Bermula dari Keluarga

Jambipos Online, Kerinci- Senam bersama menjadi pembuka acara Launching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tingkat Provinsi Jambi serta memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 54 sekaligus Deklarasi Bersama 28 Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Lapangan M10 Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci, Sabtu (17/11/2018).

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup

Pada periode awal Germas fokus dengan kegiatan melakukan aktivitas fisik konsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara berkala.

Peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan edukasi hidup sehat.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto,M.Si, usai senam bersama masyarakat yang bersemangat mengikuti acara tersebut menyampaikan Germas menjadi momentum guna membudayakan pola hidup sehat masyarakat.

"Mari kita budayakan hidup sehat melalui perubahan pola hidup sehat kearah yang lebih sehat," ajak Sekda.

Sekda menerangkan pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga karena keluarga merupakan bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian.

"Surat Edaran Gubernur Jambi telah disampaikan pada Bupati/Walikota berharap partisipasi seluruh komponen mendukung Germas," ungkap Sekda.

Bupati Kerinci Dr.H.Adirozal, M.Si, menegaskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat harus dimulai dari diri sendiri, berlanjut pada tatanan masyarakat dan akhirnya dapat terwujud pada seluruh komponen bangsa.

"Selaku pimpinan mengajak masyarakat melakukan pola hidup sehat dan saat ini Kabupaten Kerinci peringkat 256 dari 514 masih buang air besar sembarang, marilah melakukan perilaku hidup bersih dan sehat," harap Bupati Kerinci.

Menyikapi pola hidup sehat dan bersih,  pemerintah berupaya meningkatkan kesadaran dan kemauan masyarakat melalui Launching Germas Tingkat Provinsi sekaligus memperingati Hari Kesehatan 54 di Kabupaten Kerinci.

"Kerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam menyelesaikan permasalah kesehatan," tegas Bupati Kerinci.

Usai Pelepasan Balon Launching Germas Tingkat Provinsi Jambi dilakukan penandatanganan komitmen bersama instansi kesehatan, instansi sosial termasuk Forum Komunikasi Pimpinan Daerah serta pihak terkait mewujudkan masyarakat dengan perilaku hidup sehat dan bersih.(JP-Hms/Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar