Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Jokowi di Pasific Economic Cooperation (APEC) 2018 di Port Moresby, Papua Nugini

Jambipos Online-Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara anggota Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC) 2018 di Port Moresby, Papua Nugini pada 17-18 November lalu, gagal membuahkan kesepakatan karena lebarnya perbedaan posisi antara Amerika Serikat dan Tiongkok mengenai isu perdagangan.

Kegagalan itu mencerminkan kondisi ekonomi dunia saat ini masih sangat berpotensi dilanda ketidakpastian.

Soal bersitegangnya dua kekuatan besar ekonomi dunia ini saya kemukakan di hadapan para pemimpin perusahaan yang mengikuti Kompas100 CEO Forum di Jakarta, siang tadi.

Saya mengajak para CEO untuk terus bersikap optimistis. Dalam suasana perang dagang seperti ini, tentu tetap terbuka peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah tingginya minat pelaku usaha global untuk memindahkan pabrik-pabriknya ke negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia, untuk menghindari hantaman tarif impor dari mitra perang dagang ini, baik Tiongkok maupun AS.

Ada juga peluang untuk mengisi pasar karena misalnya, AS dulu beli dari Tiongkok, tapi karena perang dagang, kini mencari alternatif dari negara lain. Ini contoh peluang yang bisa kita isi.(*)

Sumber: FB Presiden Joko Widodo

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar