Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Dekranasda Bekali Pengrajin Tingkatkan Daya Saing Produk

Ariansyah : Pengrajin harus Mampu Tingkatkan Daya Saing Produk
Jum’at (16/11/2018), bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Dekranasda Provinsi mengadakan Sosialisasi Peningkatan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Produk Menuju Pasar Nasional dan Mancanegara. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi sekaligus Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi Drs. Ariansyah, ME mewakili dalam sosialisasi tersebut.
Jambipos Online, Jambi-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi secara bertahap terus berupaya membekali para pengrajin, baik teknis maupun wawasan dan kepercayaan diri, untuk berkreasi dan berinovasi meningkatkan kualitas produk, dengan harapan agar pengrajin bisa menghasilkan karya yang kompetitif, berdaya saing dan bisa meraih pasar, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan pengrajin tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, Jum’at (16/11/2018), bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Dekranasda Provinsi mengadakan Sosialisasi Peningkatan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Produk Menuju Pasar Nasional dan Mancanegara. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi sekaligus Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi Drs. Ariansyah, ME mewakili dalam sosialisasi tersebut.

Ariansyah mengemukakan, terobosan kreatif diperlukan Dekranasda Provinsi Jambi untuk membantu pengrajin meningkatkan daya saing serta meningkatkan penghasilan dari produk yang diciptakannya , demikian disampaikanya. Dan, para pengrajin juga harus mampu meningkatkan kualitas dan daya saing produk.

Ariansyah mengatakan, Dekranasda Provinsi Jambi sebagai mitra pemerintah berupaya untuk menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan, diantaranya dengan pengembangan ekonomi kreatif melalui pengembangan kerajinan dan kriya. 

"Pengembangan ekonomi kreatif melalui kerajinan dan kriya yang biasanya dalam Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) sangat penting karena UMKM kerajinan dan kriya juga bisa membuka lapangan kerja, dan diharapkan semakin banyak lagi tenaga kerja yang terserap dalam pengembangan kerajinan, dimana dengan terciptanya lapangan kerja dengan pengembangan kerajinan selanjutnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi," jelas Ariansyah.

"Melalui temu pengrajin kriya se Provinsi Jambi dengan tujuan mendorong para pengrajin dalam meningkatkan usaha agar mampu bersaing, baik di pasar lokal maupun di pasar domestik dan global, agar mampu bersaing dengan cara peningkatan mutu yang lebih baik lagi," ujar Ariansyah

"Saya mengajak semua yang hadir untuk membangun sinergitas kerja dengan pemerintah, guna mencarikan solusi dukungan modal bagi para perajin dan pelaku usaha lewat kredit-kredit produktif. UKM yang sudah mandiri atau produktif untuk dapat memberikan kesempatan kepada UKM yang baru berdiri dengan demikian UKM akan tumbuh secara merata," ujarnya.

Ariansyah mengapresiasi Bank Indonesia, yang sangat cepat merespon dan membantu para pelaku UKM dengan berbagai kegiatan, baik materi dan pendanaan sangat cepat.

Dekranasda Provinsi Jambi, kata Ariansyah, terus berupaya meningkatkan daya saing pengrajin dalam bentuk produk yang bermutu tinggi dan cara pemasarannya di pasar. 

"Pemerintah Provinsi Jambi mempunyai program-program yang bisa mengaitkan para pelaku usaha dalam bentuk pameran atau expo-expo yang diselenggarakan. Dalam waktu dekat ini, tangal 22 November 2018, Pemrov akan melakukan expo di Jamtos dan 25 ada Expo  di SMESCO Jakarta dilanjutkan pada tanggal 29 expo di Bandung. Inilah salah satu kita memperkenalkan produk unggulan kita," tutur Ariansyah.

"Kita sengaja mendatangkan pembicara dari Dekranas Pusat, bagaimana caranya memberikan ilmu-ilmu atau kiat-kiat agar para perajin kita bisa meningkatkan mutu kerajinannya, contoh sekarang ini banyak sekali pewarna alami yang bisa membuat batik lebih cantik lagi," pungkas

Pada kesempatan ini nara sumber dari Dekranas Pusat Ikhwan Asrin, dan Rinianty Soedjono, dari Bank Indonesia serta dari para pelaku UMKM yang telah sukses memberikan materi, dilanjutkan tanya jawab yang dipandu langsung oleh Ariansyah.(JP-Hms-Sapra Wintani/Lee)



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar