Home » , » Kelas Inspirasi Sungai Penuh (Indonesia Mengajar)

Kelas Inspirasi Sungai Penuh (Indonesia Mengajar)

Written By jambipos-online on Rabu, 24 Oktober 2018 | 20:46


Jambipos Online, Sungaipenuh-Puluhan relawan dari berbagai profesi dan domisili hadir di 4 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kota Sungaipenuh Sabtu (20/10/2018) lalu. Mereka tergabung dalam kegiatan Kelas Inspirasi Sungaipenuh. 

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. 

Melalui kegiatan ini, para relawan profesional menceritakan mengenai profesinya masing-masing di hadapan siswa-siswi SD. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar.

Adapun keempat SD tersebut adalah SDN 069/XI Kampung Tengah Kec. Koto Baru, SDN 066/XI Tanjung Bungo Kec. Tanah Kampung, SDN 055/XI Pinggir Air Kec. Kumun Debai, dan SDN 056/XI Kumun Mudik Kecamatan Kumun Debai. 

Relawan yang mengikuti kegiatan ini berprofesi sebagai auditor, hakim, dokter, perawat, bidan, dosen, bankir, insinyur, marketing & promotion, PNS Dirjen Bea & Cukai, Staf BPJS Ketenagakerjaan, pegiat literasi, staf Panwaslu, penyiar radio, dan tour guide. Selain berdomisili di Kota Sungai Penuh dan Kab. Kerinci, ada juga relawan yang berasal dari daerah lain seperti Bandung, Bekasi, Pariaman, Padang, dan Jambi. 

Dalam satu hari, siswa-siswi bertambah wawasannya dengan aneka profesi yang bisa menjadi pilihan mereka di masa datang. Bahkan banyak diantaranya profesi-profesi yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya. 

Relawan pun memanfaatkan kesempatan berbagi pengalaman ini dengan baik. Berbagai metode pengajaran kreatif pun dilakukan, mulai dari permainan edukatif, role play, menonton video profesi, dan lain-lain. 

Hendrizal, salah seorang relawan yang berprofesi sebagai Staf Protokoler dan Penyiar Radio mengatakan, “Saya bahagia sekali mengikuti kegiatan ini karena dapat melihat senyum ikhlas dari generasi penerus bangsa Indonesia. Saya juga bahagia bertemu dengan relawan-relawan lain yang siap bergerak untuk perubahan bangsa.” 

Sejak digagas pertama kali di tahun 2012 oleh beberapa relawan dari kalangan profesional dan Tim Indonesia Mengajar (IM), Kelas Inspirasi semakin diminati oleh banyak kalangan yang memiliki kepedulian di dunia pendidikan. 

Hal ini dibuktikan dengan tingginya animo relawan serta semakin banyaknya kota/kabupaten yang melakukan kegiatan yang sama dari tahun ke tahunnya. Tercatat lebih dari 100 kota/kabupaten yang telah menyelenggarakan Kelas Inspirasi, bahkan banyak diantaranya lebih dari satu kali penyelenggaraan.

Tentang Kelas Inspirasi 

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. 

Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita. 

Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun pendidikan di sekolah tersebut ataupun sekadar berjejaring dan terus berkomunikasi. 

Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antarprofesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus. 

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan dunia sekolah. 

Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi. Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa. (JP-Rel)

www.kelasinspirasi.org 



KELAS INSPIRASI SUNGAI PENUH
Facebook : Kelas Inspirasi Sungai Penuh
Instagram : @kelasinspirasisungaipenuh
Blog : https://kelasinspirasisungaipenuh.wordpress.com/

Share this article :

Posting Komentar