Home » » Kirim 809 Atlet, Korsel Gagal Raih Target Asian Games

Kirim 809 Atlet, Korsel Gagal Raih Target Asian Games

Written By jambipos-online on Senin, 03 September 2018 | 08:44

Petugas menyiram air kepada atlet Korea Selatan Joo Hyunmyeong seusai perlombaan nomor Jalan Cepat Putra 50km Asian Games 2018 di kawasan Senayan, Jakarta, 30 Agustus 2018. ( Foto: INASGOC / M Agung Rajasa )

Sebelum ini, terakhir kali Korsel kalah dari Jepang adalah saat Asian Games Hiroshima 1994.

Jambipos Online, Jakarta - Korea Selatan mengirim 809 atlet untuk berlaga di 39 cabang olahraga selama Asian Games di Jakarta dan Palembang, tetapi hasil yang mereka dapat jauh dari target yang dicanangkan.

Menurut kantor berita Yonhap, sebelum Asian Games ke-18 dimulai Korsel menargetkan sedikitnya 65 medali emas dan finis kedua di daftar perolehan medali di atas Jepang.

Dua target utama itu gagal dicapai.

Korsel hanya mendapatkan 49 medali emas dan berada di urutan ketiga setelah Tiongkok (132) dan Jepang (75).

Perolehan 49 medali emas adalah yang terendah bagi Korsel sejak 1982. Dalam lima Asian Games beruntun sebelumnya, Korsel selalu finis di atas Jepang. Sebelum ini, terakhir kali Korsel kalah dari Jepang adalah saat Asian Games Hiroshima 1994.

Baca juga: India Raih Hasil Terbaik Asian Games, Modi Beri Selamat

"Korea Selatan melakukan start yang lambat dalam perebutan medali emas, karena peluang-peluang medali emas di panahan dan taekwondo sebagian lepas. Hasil bagus di olahraga tim, seperti sepakbola dan bisbol, tidak cukup untuk menembus 50 emas," tulis Yonhap.

Sebagai catatan, Korsel juga mengikuti tim gabungan bersama Korea Utara untuk tiga cabang olahraga -- kano, dayung, dan bola basket putri. Tim yang memakai bendera unifikasi Korea ini mendapatkan 1 medali emas (nomor perahu naga beregu putri), satu perak (basket putri), dan dua perunggu (kano).

Perolehan medali tim gabungan ini ditempatkan sebagai kontingen tersendiri dalam daftar perolehan medali.

Para atlet Korsel yang telah menyelesaikan pertandingan sudah pulang ke negaranya, dan pada saat upacara penutupan Minggu (2/9/2018) malam tinggal tersisa sekitar 40 atlet dan ofisial Korsel.(*)



Sumber: Yonhap
Share this article :

Posting Komentar