Home » » Indonesia Targetkan Juara Umum SEA Games 2019

Indonesia Targetkan Juara Umum SEA Games 2019

Written By jambipos-online on Senin, 03 September 2018 | 08:59

Ketua Kontingen (Chef de Mission/CdM) Indonesia Syafruddin menyampaikan cendera mata kepada atlet peraih medali Asian Games 2019 saat silaturahmi di Tennis Indoor Senayan, Minggu (2/9/2018) ( Foto: Suara Pembaruan / Hendro Situmorang )

Di SEA Games 2017 Indonesia menempati peringkat kelima.

Jambipos Online, Jakarta-Ketua Kontingen (Chef de Mission/CdM) Indonesia untuk Asian Games 2018, Syafruddin berharap prestasi positif yang diraih para atlet Indonesia yang mampu menembus posisi keempat Asian Games ke-18, dapat berlanjut di ajang pesta olahraga bangsa-bangsa se-Asia Tenggara, SEA Games di Filipina, pada 2019. Indonesia diharapkan mampu menyabet posisi teratas di SEA Games. Selain itu, prestasi maksimal juga dapat dilanjutkan saat Olimpiade di Tokyo, 2020.

Sampai hari terakhir pelaksanaan Asian Games XVIII Jakarta Palembang, Tim Merah Putih telah mengikuti 435 nomor pertandingan dan berhasil memantapkan diri di posisi keempat. Total medali yang diraih sebanyak 98 keping, terdiri dari 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

"Target kita adalah juara umum di SEA Games Manila besok (2019). Ini kan levelnya Asia Tenggara, di bawah Asia, apalagi di 10 besar Asian Games, hanya Indonesia perwakilan dari Asia tenggara. Seharusnya besok prestasi kita lebih baik dari Asian Games," ujarnya, saat silahturahmi CdM dengan Kontingen Indonesia, termasuk para atlet peraih medali di Tennis Indoor GBK Senayan Jakarta, Minggu (2/9/2018) sore.

Menurutnya, perlu ada peningkatan bila dibandingkan prestasi saat SEA Games Malaysia 2017. Saat ituIndonesia berada di peringkat ke-5. Oleh karena itu, ia menghimbau agar para atlet mempersiapkan diri segera dan langsung masuk pelatnas kembali

Syafruddin menyatakan, Minggu malam dirinya sudah berstatus demisioner sebagai Ketua Kontingen Indonesia. Maka dari itu, dia berharap paa pemangku kepentingan bidang olahraga, agar para atlet langsung melanjutkan training camp untuk mempersiapkan diri menghadapi SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020. Hal ini dikarenakan persaingan sudah semakin ketat

"Untuk Olimpiade Tokyo, kita harus menambah emas lagi di cabor angkat besi, atletik, dayung, dan skateboard yang baru masuk Olimpiade. Ya paling tidak atlet kita bisa menyumbang di bawah 10 medali emaslah," terangnya.

Dia juga mengusulkan agar pimpinan Kontingen CdM SEA Games 2019 adalah sosok yang pernah menjadi atlet, pelatih, manajer, atau pimpinan di cabang olahraga. Seorang pemimpin harus tahu perasaaan dan kebutuhan para atlet, pelatih, manager, pimpinan cabang olahraga. Semua itu agar bisa dipenuhi sehingga atlet bisa nyaman saat bertanding.

"Saya sudah melewati itu semua, maka saya dipilih sebagai CdM. Saya gembira atlet kita mempersembahkan yang terbaik buat negeri ini. Saya pun terkejut kita bisa melewati target, apalagi orang lain. Sungguh saya tak menduga. Saya puas dan inginkan sejarah terukir lagi di SEA Games tahun depan. Itu pesan saya kepada stakkeholder olahraga," tutup Syafruddin.(*)


Sumber: Suara Pembaruan
Share this article :

Posting Komentar