Home » , , , , » Suku Anak Dalam Hadiri Pesta Pernikahan Adat Simalungun di Bangko

Suku Anak Dalam Hadiri Pesta Pernikahan Adat Simalungun di Bangko

Written By jambipos-online on Senin, 27 Agustus 2018 | 09:04

Setelah Didandan, Wah Cantiknya Wanita SAD
Temenggung SAD Saat Memberikan Sambutan Pada Pesta Adat Simalungun Pernikahan Pdt Repi Saragih STh dengan Hotman Sinaga di Bangko, Kabupaten Merangin, Sabtu (25/8/2018). Foto Jannes Sijabat.
Jambipos Online, Jambi-Puluhan orang dari Suku Anak Dalam (SAD) atau biasa disapa dengan sebutan Suku Kubu menghadiri Pesta Adat Simalungun pernikahan Pdt Repi Saragih STh dengan Hotman Sinaga di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Bangko, Merangin, Resort Muarabungo, Sabtu (25/8/2018). Pimpinan Pusat GKPS, Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe hadir pada Pesta Pernikahan tersebut.  

Mereka datang dengan berpenampilan menarik, rapih dan anggun. Kaum ibu-ibu juga didandan seperti layaknya orang kota yang mau ke kondangan, sehingga tampil anggun. Kaum pria berpakaian batik dengan celana dasar. Tidak seperti keseharian mereka yang jauh dari rias wajah, apalagi merias rambut.

Keseharian kelompok SAD di Bangko dan Bungo, Tebo tinggal di hutan dan hidup nomaden atau berpindah-pindah. Kini GKPS ikut berbuat untuk kehidupan SAD di Jambi.  



“Saudara/i kita dari SUKU ANAK DALAM turut hadir dalam Pesta Pernikahan Pdt Repi Saragih dengan Bang Hotman Sinaga. Bahkan mereka juga memberikan Tikar, Sarung dan Kalung. Pada saat kebaktian pemberkatan mereka juga membawakan persembahan pujian berupa Vocal Group,” ujar Jannes Sijabat, pemuda setempat yang ikut menyaksikan kehadiran SAD itu.

“Luar biasa memang. Pendeta Repi tersebut merupakan salah satu Pendeta diantara 3 Pendeta GKPS yang ditugaskan melayani dan mengajari mereka. Salut buat saudara/i SAD terkhusus buat para pendeta kita yang juga menjadi guru untuk mengajari mereka. Kiranya Tuhan selalu memberkati pelayanan buat pendeta-pendeta  kita yang luar biasa,” kata Jannes Sijabat.

Diketahui, Pendeta yang melayani di Suku Anak Dalam (SAD) yakni Pdt Freddy Purba STh, Pdt Repi Saragih STh dan Pdt Grace Ana Purba STh. Mereka mengajarkan SAD menulis, membaca dan berhitung. 

Selain itu, SAD juga diajarin untuk bercocok tanam dan memanfaatkan hasil hutan dengan baik. Juga SAD diberikan pemahaman soal hidup bersosial dengan masyarakat sekitar, diluar dari kelompok SAD. (JP-Asenk Lee) 

Temenggung SAD Saat Memberikan Sambutan Pada Pesta Adat Simalungun Pernikahan Pdt Repi Saragih STh dengan Hotman Sinaga di Bangko, Kabupaten Merangin, Sabtu (25/8/2018). Foto Jannes Sijabat.

Pernikahan Pdt Repi Saragih STh dengan Hotman Sinaga di Bangko, Kabupaten Merangin, Sabtu (25/8/2018). Foto Jannes Sijabat.

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe bersama Kelompok SAD pada Pemberkatan Perkawinan Pdt Repi Saragih STh dengan Hotman Sinaga di Bangko, Kabupaten Merangin, Sabtu (25/8/2018). Foto Jannes Sijabat.


Share this article :

Posting Komentar