Home » , , » SD Xaverius I Jambi Ikuti Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Nasional

SD Xaverius I Jambi Ikuti Penilaian Sekolah Sehat Tingkat Nasional

Written By jambipos-online on Sabtu, 04 Agustus 2018 | 21:12

Penyerahan cinderamata dari Kepala SD Xaverius I Jambi, Marcelina Murtiningsih Mumpuni kepada ketua tim penilai lomba sekolah sehat tingkat nasional 2018, Abdurrahman. Foto Metrojambi.com.

Jambipos Online, Jambi- Setelah dinobatkan sebagai sekolah sehat tingkat Provinsi Jambi, Jumat (3/8/2018), Sekolah Dasar (SD)  Xaverius I Kota Jambi, dilakukan penilaian sekolah sehat tingkat Nasional Tahun 2018.

Penilaian dilakukan oleh 4 Kementerian RI sekaligus yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri.

Di Provinsi Jambi sendiri, penilaian diikuti 4 sekolah yakni, TKN Pembina 2 Merangin, SMA Negeri 8 Merangin, MTS N 4 Bajubang Batanghari, dan SD Xaverius I Jambi.

Penilaian lomba sekolah sehat ini, dihadiri Kepala Disdik Kota Jambi, Kepala Dinkes Kota Jambi, Camat Jambi Selatan, Lurah Kelurahan Beringin, dan Asisten 2 Kota Jambi.

Ketua tim penilai lomba sekolah sehat tingkat nasional 2018, Abdurrahman mengatakan, tujuan diadakan lomba sekolah sehat agar memasyarakatkan siswa, baik siswa dari jenjang TK hingga SMA agar berprilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah dan di rumah.

"Termasuk masyarakat yang berada di lingkungan sekolah juga harus berperilaku hidup sehat," ujarnya disela-sela penilaian.

Dikatakannya, untuk mengikuti lomba sekolah sehat tingkat nasional, sebelumnya dilakukan penilaian tingkat kecamatan, kota, dan provinsi. 

Baru kemudian melaju ke tingkat nasional untuk dilakukan penilaian mewakili provinsi. "Dari Jambi ada 4 sekolah yang mengikuti penilaian lomba sekolah sehat. Sementara dari 79 kabupaten/kota di 25 provinsi yang ikut penilaian adalah 23 TK, 24 SD/MI, 25 SMP/MTS, dan 24 SMA/sederajat,’’ jelasnya.

Untuk tingkat nasional akan ditayangkan atau dianugerahkan pada September mendatang, baik yang masuk 3 besar terbaik, best performance dan best achievement.

"Para pemenang Akan dipanggil ke Jakarta dan diberikan penghargaan penerima lomba sekolah sehat tingkat nasional 2018," katanya.

Sekda Kota Jambi, Budidaya menyampaikan ucapan selamat datang kepada para penilai lomba sekolah sehat tingkat nasional di Kota Jambi.

"Tentunya sekolah sehat, nyaman, indah, dan asri impian semua orang. Apalagi sekolah rumah kedua bagi siswa yang menghabiskan waktunya setiap hari untuk belajar dan melakukan kegiatan. Anak-anak harus betah berada di lingkungan sekolah,’’ ujarnya.

Untuk itu, pemerintah berusaha semaksimal mungkin memberikan dan menyediakan tempat yang nyaman bagi generasi penerus bangsa.

Tahun ini, kata Sekda, Kota Jambi diwakili SD Xaverius I Jambi di tingkat nasional, dan berharap memberikan hasil yang baik untuk mewakili Provinsi Jambi, dan terus menjaga lingkungan sehat di lingkungan sekolah.

"Apapun hasilnya, kami terus mendukung, karena membangun pola hidup sehat," jelasnya.

Sementara itu Kepala SD Xaverius I, Marcelina Murtiningsih Mumpuni mengatakan, pihaknya sudah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari untuk lomba sekolah sehat ini.

Sebab, pada tahun 2010 lalu, SD Xaverius I sempat menjuarai tingkat provinsi dan 2011 ditingkat nasional hanya mampu menyabet 5 besar. 

Kemudian, pada 2017 lalu, kembali berhasil menjuarai sekolah sehat tingkat Kota Jambi, dan 2018 maju ditingkat nasional mewakili Provinsi Jambi. "Jadi kita tinggal mematangkan persiapan saja," ungkapnya.

Selain warga sekolah, untuk menjadi sekolah sehat, pihaknya juga melibatkan kepolisian, BNN, RS, Puskesmas, Kelurahan dan Kecamatan, TO UKS kecamatan dan kota. "Semua pihak ini untuk mendampingi sekolah sehat," sebutnya.

Ia berharap, sekolahnya mendapat juara lomba sekolah sehat tingkat nasional atau paling tidak mendapat menjadi pelajaran dan budaya siswanya dalam berprilaku PHBS yang memiliki jiwa berkarakter.(JP)

Sumber: Metrojambi.com
Share this article :

Posting Komentar