Home » , , , , , , , , » Mengenal Agustiani Tio Fridelina Sitorus SE (Caleg DPR RI Dapil Jambi)

Mengenal Agustiani Tio Fridelina Sitorus SE (Caleg DPR RI Dapil Jambi)

Written By jambipos-online on Rabu, 22 Agustus 2018 | 14:51

Bahkan satu baliho besar sudah terpasang di Jalan Pattimura Kota Jambi, Rabu (22/8/2018). Dalam Baliho itu tertulis “Selamat Hari Raya Idul Adha” Tahun 1438/2018M. Pada Baliho itu tertulis Agustiani Tio Fridelina (caleg DPR RI Dapil Jambi). Foto Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Dari daftar caleg sementara (DCS) DPR RI ada sebanyak 110 caleg dari 15 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu April 2019. Sementara PKPI di Dapil Provinsi Jambi tidak mendaftarkan caleg (nihil). Jumlah caleg itu akan memperebutkan kuota 8 kursi DPR RI Dapil Provinsi Jambi. Dari 110 nama Caleg itu, ada satu sosok wanita wajah baru di Provinsi Jambi. 

Bahkan satu baliho besar sudah terpasang di Jalan Pattimura Kota Jambi, Rabu (22/8/2018). Dalam Baliho itu tertulis “Selamat Hari Raya Idul Adha” Tahun 1438/2018M. Pada Baliho itu tertulis Agustiani Tio Fridelina (caleg DPR RI Dapil Jambi).

Dari data DCS, S.F Agustiani Tio Fridelina Sitorus FS, S.E merupakan Caleg DPR RI Nomor Urut 2 dari PDIP Dapil Provinsi Jambi Pemilu 17 April 2019.  

Kemudian Jambipos Online, menelusuri jejak digital Agustiani Tio Fridelina.  Agustiani Tio Fridelina merupakan satu dari 575 orang Caleg DPR RI yang didaftarkan DPP PDI Perjuangan ke KPU Pusat Juli 2018 lalu. Sebanyak 575 caleg itu dari 80 Dapil se Indonesia. Rinciannya, laki-laki 360 orang, perempuan 215 orang. Persentase perempuan 37,39 persen.

Ternyata nama Nama SF. Agustiani Tio Fridelina Sitorus, SE sudah popular di Jakarta. Perempuan berdarah Batak ini lahir di Jakarta, 19 Agustus 1970. Dari jejak digital, Tio Fridelina Sitorus juga pernah mencaleg DPR RI 2014 dari PDIP Dapil DKI Jakarta 3.

SF. Agustiani Tio Fridelina Sitorus, SE juga pernah menjabat Komisioner Bawaslu RI Periode 2008-2013. Pada Pilkada Serantak 2015 lalu, Agustiani Tio Fridelina Sitorus juga pernah digadang-gadang sebagai bakal calon Walikota Depok, Jawa Barat oleh PDIP.

Buah Pikiran Agustiani Tio Fridelina Sitorus

Seperti dikutip dari portal, Seketsaonline.com, dalam acara ngopi bareng bersama calon walikota yang di gagas oleh Surat kabar lokal mingguan Suara Kota, bekerjasama dengan LPM Kota Depok, PWI Kota Depok dan IPJI Kota Depok yang dilaksanakan di kantor redaksi Suara Kota di Jalan Proklamasi Ujung, Depok Timur. Dengan menghadirkan bakal calon walikota Depok dari PDIP Agustiani Tio Fridelina.
Bahkan satu baliho besar sudah terpasang di Jalan Pattimura Kota Jambi, Rabu (22/8/2018). Dalam Baliho itu tertulis “Selamat Hari Raya Idul Adha” Tahun 1438/2018M. Pada Baliho itu tertulis Agustiani Tio Fridelina (caleg DPR RI Dapil Jambi). Foto Asenk Lee Saragih
Dalam dialog interaktif, calon dari PDIP yang lebih akrab dengan sebutan ibu Tio ini, mengatakan kalau dia terpilih nanti, dia akan menjadikan Kota Depok yang nyaman bagi keluarga. Dalam artian akan membangun Puskesmas dan Klinik bersalin 24 jam di 63 Kelurahan.

“Memprioritaskan kamar pasein untuk pasen DBD di seluruh Rumah Sakit dan menambah fasilitas pelayanan kesehatan dan kamar pasen RSUD Kota Depok” Ibu Tio.

Sementara SF. Agustiani Tio Fridelina Sitorus, SE juga pernah berpendapat soal tingginya angka golongan putih pada pemilihan umum 2014 lalu yang cukup mengkhawatirkan yakni diangka 30 persen dari jumlah pemilih. 

SF Agustiani Tio Fridelina Sitorus, Politisi PDI Perjuangan, mengatakan golput alias tidak memilih dalam pemilihan umum bukan hanya yang tidak memiliki data yang lengkap atau dikarenakan administratif bermasalah.

"Justru yang apatis itu adalah orang-orang pintar. Mereka yang sering di media seperti koran maupun televisi," kata Tio.

Tio menuturkan, masyarakat kelas bawah masih antusias terhadap Pemilu. Menurutnya, masyarakat bawah tersebut akan mendatangi tempat pemungutan suara untuk menyalurkan haknya. “Orang yang pintar-pintar ini yang membuat angka golput tinggi," ucapnya.

Seperti dikutp dari portal www.pemilu.com, mantan Komisioner Bawaslu RI, Agustiani Tio Fridelina Sitorus juga pernah mengucapkan, dirinya menghimbau masyarakat agar tidak memilih caleg yang melakukan politik uang guna meraup suara.

“Saya mengajak masyarakat untuk tidak menerima uang dari caleg dan tidak memilih caleg yang menawarkan uang kepada mereka,” kata Agustiani.

Menurut caleg DPR-RI Pemilu 2014 asal PDI-Perjuangan itu, cara yang paling efektif untuk menutup keran persaingan yang tidak sehat adalah dengan terjun dan  menyapa konstituen.  Dengan strategi tersebut, dia yakin dapat membangun komunikasi yang baik dan menyosialisasikan program kerja kepada masyarakat.

Dia mencontohkan masyarakat Jakarta khususnya di daerah pemilihan DKI III. Kata Agustiani, sudah cukup cerdas menentukan pilihan dan tidak mudah tergiur dengan politik uang. Pasalnya, selama Agustiani besama masyarakat, tak sedikit warganya yang ingin berpartisipasi mewujudkan semangat perubahan nasib bangsa ke arah yang lebih baik.

“Saya hampir setiap malam menyapa warga di Dapil 3 dan berkomunikasi dengan mereka, mendengarkan persoalan yang ada di masyarakat dan bersama mereka mencari jalan keluarnya. Selain itu, bersama-sama dengan teman-teman anggota DPRD dari PDI Perjuangan turun ke masyarakat untuk mendengarkan masukan maupun kritikan terkait dengan program-program PDI Perjuangan maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” katanya.

Mantan aktifis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Jakarta ini menuturkan mengapa ia terjun ke pentas politik. Menurutnya, selama Indonesia merdeka, masih banyak kebijakan nasional yang tidak berpihak kepada masyarakat kelas bawah.

“Saya punya mimpi bahwa Indonesia harus jauh lebih baik dari sekarang dan saya termasuk yang memperjuangkan itu melalui kebijakan-kebijakan politik,” lanjutnya.

Agustiani pun mengumbar janji siap meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan. Dia melihat, masih banyak rumah sakit yang menarik ‘keuntungan’ dari mahalnya ongkos obat dan tarif praktek rumah sakit tersebut.

“Di negara kita biaya ke rumah sakit cukup mahal. Kalau kita operasi, biaya operasinya tergantung dari kelas yang diambil. Kemudian pendidikan dan banyak lagi hal yang lainnya,” imbuhnya.

Dia menambahkan,  pemerintah selaku pemangku kebijakan wajib mendirikan banyak rumah sakit tanpa kelas. Dengan demikian, biaya konsultasi dokter, operasi dan lainnya dapat disama-ratakan.

“Kemudian para peneliti kita difasilitasi dengan baik oleh pemerintah sehinga mereka dapat menemukan obat-obatan yang kelak diproduksi oleh kita sendiri. Ini akan sangat mengurangi kita akan ketergantungan tehadap obat-obatan impor,” katanya.

Dapil Provinsi Jambi

Pada Pemilu 2019, S.F Agustiani Tio Fridelina Sitorus FS, S.E memilih Dapil Provinsi Jambi. Agustiani akan bersaing dengan 109 calon legislative Dapil Provinsi Jambi yang akan merebut 8 kuota jatah kursi Provinsi Jambi di DPR RI. 

Caleg DPR RI Pemilu April 2019 yang  merupakan petahana (incumbent) yakni Handayani (PKB), Hj Saniatul Lativa (Golkar), M.R Ihsan Yunus (PDIP), H A Bakri (PAN), Ir Sutan Adil Hendra Nasution (Gerindra), Drs Zulfikar Achmad (Demokrat). Sedangkan Anggota DPR RI Periode 2014-2019 Hj Dra Elviana MSi (PPP) pada Pemilu April 2019 mendaftar jadi Calon DPD RI. 

Dari 110 Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi Pemilu 17 April 2019, ada sejumlah nama baru yang diprediksi mampu meraih suara terbanyak. Mereka yakni S.F Agustiani Tio Fridelina Sitorus FS, S.E (PDIP), Drs Rahmad Derita Harahap mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi (PPP), Ir Tigor GH Sinaga (PSI) yang merupakan perolehan suara terbesar ke 8 pada Pemilu 2014 lalu. 

Kemudian ada H Hasan Basri Agus (HBA) mantan Gubernur Jambi (Golkar), H Sudirman Zaini SH MH, mantan Bupati Muarobungo (NasDem).

Jumlah Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi usungan Parpol yakni: 1.PKB (8-caleg), 2.Gerindra (8), 3. PDI-P (8), 4.Golkar (8), 5.Nasdem (8), 6.Partai Garuda (2), 7. Partai Berkarya (7), 8.PKS (8), 9.Perindo (8), 10.PPP (8), 11. PSI (8), 12.PAN (8), 13. Hanura (5), 14.Demokrat (8), 19.PBB (8), 20.PKPI (Nihil Caleg). (JP-Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)

Biodata Singkat
Nama: S.F. Agustiani Tio Fridelina Sitorus, SE
Tanggal Lahir: Jakarta Selatan 19 Agustus 1970
Pendidikan :
-SD KEL. WIDURI JAKARTA
-SMPN 13 JAKARTA
-SMAN 70 JAKARTA
-UNIV. PANCASILA FAK. EKONOMI
Riwayat Organisasi :
-GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA
-IKATAN ALUMNI FAK. EKONOMI UNIV PANCASILA
-PRESIDIUM ALUMNI GMNI
-PENGURUS PUSAT ALUMNI GMNI
-PENGURUS DAERAH JAKARTA ALUMNI GMNI
-KELUARGA ALUMNI UNIV PANCASILA
Bahkan satu baliho besar sudah terpasang di Jalan Pattimura Kota Jambi, Rabu (22/8/2018). Dalam Baliho itu tertulis “Selamat Hari Raya Idul Adha” Tahun 1438/2018M. Pada Baliho itu tertulis Agustiani Tio Fridelina (caleg DPR RI Dapil Jambi). Foto Asenk Lee Saragih

Share this article :

Posting Komentar