Home » » Asian Games 2018 Resmi Dimulai

Asian Games 2018 Resmi Dimulai

Written By jambipos-online on Minggu, 19 Agustus 2018 | 06:51

Presiden Joko Widodo melambaikan tangan ke arah penonton saat pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno , Senayan, Jakarta, Sabtu 18 Agustus 2018. ( Foto: Inasgoc / Wahyudin )

Jokowi menyatakan merasa terhormat kedatangan tamu istimewa dari 45 negara Asia.

Presiden Jokowi bersama Presiden OCA Sheikh Ahmad Al Fahad resmi membuka Asian Games 2018.

Jambipos Online, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah secara resmi membuka ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada Sabtu (18/8/2018) malam.

Pembukaan yang megah dan meriah dihadiri oleh puluhan ribu penonton yang ada di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta.

Jokowi menyatakan merasa terhormat kedatangan tamu istimewa dari 45 negara Asia dalam pesta olahraga terbesar Asia tersebut. Menurutnya, dalam Asian Games ke-18, bangsa se-Asia ingin menunjukkan bahwa semuanya bersaudara, bersatu, dan ingin meraih prestasi.

"Dengan mengucapkan bismillahirohmannirrohim, Asian Games 2018 saya nyatakan dibuka," ujar Jokowi, yang langsung disambut gelegar kembang api.

Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir juga turut menyambut seluruh kontingen Asian Games 2018 dalam pidatonya. Dikatakan Indonesia memiliki keragaman dan perbedaan. Indonesia sebagai negara dengan umat Islam terbesar di dunia, hidup dengan damai dan harmonis. Hal itu berkat ikatan kuat bangsa Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika.

"Welcome to Indonesia, the energy of Asia. Asia adalah benua menakjubkan yang memiliki keragaman demografi, membuat kehidupan lebih dinamis. Bangsa Asia lebih mencintai kedamaian dalam kehidupan sosialnya," kata Erick yang disambut tepuk tangan.

Ia juga mengingatkan para atlet bertanding dengan sportivitas tinggi karena Asian Games adalah untuk merayakan perbedaan dan keragaman.

Setelah resmi dibuka, mantan atlet-atlet berprestasi membawa bendera OCA seperti Lely Sampurno (penembak), Suharyadi (tenis), Sri Indriani (angkat besi), Chandra Wijaya (bulu tangkis), Markis Kido (bulu tangkis), dan tiga lainnya. Setelah itu, dilanjutkan pembacaan janji atlet dan wasit.(*)


Sumber: Suara Pembaruan



Share this article :

Posting Komentar