Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ulama NU Dukung Mahfud MD Jadi Cawapres Jokowi

Mahfud MD ( Foto: Beritasatu TV )

Mahfud MD dipandang sebagai tokoh yang merepresentasikan Nahdlatul Ulama untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

Jambipos Online, Jakarta - Wakil Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Yogjakarta, Shofiyullah Muzammil menyatakan mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD sebagai tokoh yang merepresentasikan Nahdlatul Ulama untuk menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang.

“Dalam minggu ini Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur Kiai Hisyam Syafaat akan mengadakan halaqoh ulama se Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo dan Jember. Baik strukutral NU maupun kultural NU dan pengurusan pesantren, yang intinya akan menyatakan dukungan terhadap Mahfud MD sebagai tokoh yang merepresentasikan Nahdliyin untuk maju Cawapres mendampingi Jokowi,” ujar Shofiyullah kepada wartawan, Minggu (15/7/2018).

Lebih lanjut pengasuh pesantren Mahasiswa Al-Ashfa Yogya ini menegaskan, bahwa Mahfud MD secara geneologis sejak kecil sudah NU. Mahfud MD pernah menjadi santri di Almardhiyyah di Waru Pamekasan (Madura). Kemudian di Yogyakarta dulu semasa kuliah, Mahfud menjadi salah satu tokoh yang mendirikan PMII Cabang Wahid Hasyim di kampus UII Yogyakarta (1995). Saat ini Mahfud menjadi Ketua Dewan Pertimbangan/Kehormatan Ikatan Sarjana NU (sejak 2012).

"Statement yang meragukan Mahfud MD itu bukan orang NU, saya rasa sangat tidak punya alasan, kalau beliau ikut organisasi HMI iya, tapi bukan berarti melunturkan ke NU-annya kan, banyak sekali orang yang ikut oranisasi HMI tapi berasal dari keluarga Nahdliyin," tegas Shofi.

Shofi menyebut, sejumlah kalangan yang meragukan ke NU-an Mahfud MD disebabkan lebih karena faktor politis menjelang pendaftaran capres-cawapres. Selain itu, pada Pilpres 5 tahun lalu, Mahfud MD pernah mendapat dukungan dari ulama se-Jawa timur dan se-Jawa tengah untuk maju pada pilpres 2014 kemarin.

“Bertempat di pesantren Darul Ulum, Jombang, disana Mahfud MD hadir, ada juga KH. Maimun Zubair, ada Kyai Sholahudin Wahid itu semua ulama-ulama mereka menyatakan inilah calon dari Nahdliyiin,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen PBNU Masduki Baidlowi mengatakan Mahfud MD merupakan sosok NU yang mengakar, kalau ada pernyataan-pernyataan yang menihilkan peran Mahfud MD di NU diyakini karena faktor persaingan politik terkait pilpres mendatang.

“Persaingan politik terkait dengan pilpres aja sebenarnya,” tegas Masduki.

Lanjut Masduki, Mahfud MD orang yang sangat dipercaya oleh Gus Dur. Bahkan sampai akhir hayatnya Gusdur sangat percaya beliau. Sampai saat ini keluarga besar Gusdur itu percaya tokoh UII tersebut. “Silaturahmi kekeluargaan hubungan baik antara keluarga Gus Dur dan keluarga Mahfud itu sangat baik, itu tidak seperti tokoh-tokoh yang lain yang umumnya justru dengan Gus Dur tidak langgeng hubungannya,” ulasnya.(JP)



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar