Home » , , » Pemprov Jambi Apresiasi Animo Masyarakat Saksikan Pawai Ta’aruf Dan Mobil Hias MTQ

Pemprov Jambi Apresiasi Animo Masyarakat Saksikan Pawai Ta’aruf Dan Mobil Hias MTQ

Written By jambipos-online on Sabtu, 21 Juli 2018 | 23:08

Ajak Semua Pihak Sukseskan Penyelenggaraan MTQ

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs.H.Apani Saharudin melepas Pawai Ta’aruf dan Pawai Mobil Hias Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Jambi di Muara Bulian Kabupaten Batanghari, Sabtu (21/7/2018), sekitar pukul 08.40 WIB.Humas
Jambipos Online, Batanghari- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs.H.Apani Saharudin melepas Pawai Ta’aruf dan Pawai Mobil Hias Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-48 Tingkat Provinsi Jambi di Muara Bulian Kabupaten Batanghari, Sabtu (21/7/2018), sekitar pukul 08.40 WIB.

Apani mengapresiasi animo masyarakat menyaksikan pawai ta’aruf dan mobil hias, sebagai rangkaian kegiatan MTQ ke-48 Tingkat Provinsi Jambi tersebut. Apani mengajak masyarakat setempat dan semua pihak terkait untuk menyukseskan penyelenggaraan seluruh rangkaian kegiatan MTQ tersebut.

Animo masyarakat Kabupaten Batanghari, khususnya di Kota Muara Bulian dalam menyambut MTQ begitu tinggi. Seperti tampak pada pelaksanaan pawai ta’aruf yang berlangsung di Bulian Sport Center (BSC) Muara Bulian. 

Sejak pagi, warga telah berbondong-bondong untuk menyaksikan pawai ta’aruf yang dimulai dari lapangan Garuda Kota Muara hingga sepanjang rute menuju Bulian Sport Center (BSC) Muara Bulian sejauh 2 kilometer. 

Tampak hadir pada pada tenda utama untuk menyambut khalifah, Arpani mewakili Plt.Gubernur Jambi, Wakil Bupati Batanghari Hj.Sofia Joesoef,SH, Sekda Kabupaten Batanghari H. Bahktiar,SP, Forkopimda Kabupaten Batanghari. Pawai Taaruf tersebut selain diikuti oleh peserta dari 11 kabupaten/kota  juga diikuti oleh tokoh agama, siswa dan pelajar, drumband, siswa pondok pesantren, dan juga kendaraan hias.

Asisten I Bidang Pemerintahan, Kesejahteraan Rakyat, Drs.H.Apani Saharudin menilai bahwa pelaksanan pawai taaruf cukup meriah dan diikuti oleh 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi.
“Masing-masing kabupaten/kota mengirim pesertanya dengan lengkap dan mobil hias juga  ikut pada acara ini. Alhamdullilah antusias masyarakat juga sangat baik. Ini terlihat dengan banyaknya masyarakat yang memadati meramaikan dan memeriahkan perayaan MTQ,” katanya.

“Hampir sepanjang jalan ini dipadati masyarakat, dan kepada masyarakat Batanghari saya mengharapkan dan menghimbau, ayo bersama kita ramaikan dan sukseskan dan ini ajang 1 tahunan dan merupakan suatu kehormatan kepada Kabupaten Batanghari sebagai penyelenggara. Bersama kita sukseskan dan ramaikan tempat -tempat pelaksanaan, dan masyarakat yang berada di pemondokan mari kita menjadi tuan rumah yang baik dan jaga keamanan sehingga para tamu yang datang merasa damai, aman, dan nyaman,” ujar Apani.

Kendaraan hias pada pawai ta’aruf MTQ ke-48 Provinsi Jambi mencerminkan ciri khas dan budaya dari setiap kabupaten dan kota. Guna memeriahkan pawai ta’aruf setiap kabupaten kota mengirimkan satu unit kendaraan hias yang ditampilkan dengan mengangkat tema kebudayaan dan ciri khas dari setiap kabupaten/kota.

Seperti dari Tanjung Jabung Timur menampilkan mobil dengan mengangkat tema Mandi Safar, yang merupakan ritual untuk meminta kepada Sang Kuasa agar terhindar dari bahaya, penyakit dan mensucikan diri dari dosa dengan menceburkan diri ke laut pada bulan Safar. 

Pada kesempatan ini, peserta mobil hias dari Tanjung Jabung Timur menyerahkan hasil bumi kepada Plt.Gubernur Jambi yang diwakili oleh Asisten I, dan persembahan tersebut diantaranya 150 telur ayam rebus.

Sedangkan kabupaten lain seperti Tanjung Jabung Barat mengangkat tema miniatur ikan cempakul yang merupakan ikan khas dari Tanjung Jabung Barat, kendaraan hias tersebut mencerminkan aktivitas masyarakat daerah itu yang sehari-hari menggunakan perahu. 

Kabupaten Sarolangun memamerkan tema miniatur Mesjid As Shultan, sedangkan Kota Jambi mengangkat tema Angso Duo dan mesjid kebanggaan Mesjid Agung Al Falah mesjid 1000 tiang.

Kemudian Kabupaten Muarojambi memamerkan mobil hias Candi Muarojambi, dan Kabupaten Tebo menampilkan Mesjid Al- Ittihad. Tuan rumah Kabupaten Batanghari menampilkan kendaraan hias dengan miniatur Al Buraq.

Sementara Kota Sungai Penuh menampilkan rumah adat dan mesjid agung, sedangkan Kerinci menampilkan miniatur mesjid Kramat, Kabupaten Merangin menyajikan wisata berbunga. Selain itu, pada kendaraan hias tersebut juga ditampilkan pakaian adat masing-masing daerah yang diperagakan oleh muda-mudi sebagai seorang pengantin. (JP-Hms-Maria/Lee)










Share this article :

Posting Komentar