Home » , , » 76 Ormas Pendukung Jokowi Deklarasikan 8 Bakal Cawapres

76 Ormas Pendukung Jokowi Deklarasikan 8 Bakal Cawapres

Written By jambipos-online on Sabtu, 21 Juli 2018 | 14:32

Relawan Jokowi deklarasi cawapres. ( Foto: Beritasatu Photo / Robert Wardi )

Sosoknya harus bisa meningkatkan elektabilitas Jokowi. Ada dua nama yang menjadi prioritas.

Jambipos Online, Jakarta - Sebanyak 76 Organisasi Massa (Ormas) pendukung Joko Widodo (Jokowi) mengajukan delapan bakal calon wakil presiden (cawapres). Kedelapan nama tersebut adalah Moeldoko, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, Susi Pudjiastuti, Chairul Tanjung, Tito Karnavian, Jimmly Assiddiqie dan Sri Mulyani. Deklarasi ini digelar di depan Istana Presiden, Jakarta, Jumat (20/7/2018). Perwakilan dari relawan pendukung Jokowi hadir pada deklarasi tersebut.

"Dua nama cawapres pendamping Jokowi yang menjadi prioritas diserahkan secara langsung ke Jokowi dengan amplop tertutup sebelum tanggal 4 Agustus," kata pimpinan ormas pendukung Jokowi, Aznil di sela-sela deklarasi.

Dia tidak menyebut siapa dua nama yang menjadi prioritas. Dia hanya menegaskan dua nama itu sudah banyak disebut masyarakat. Informasi yang diperoleh menyebutkan dua nama yang menjadi prioritas adalah Moeldoko dan Airlangga Hartarto.

Aznil menjelaskan kriteria cawapres yang akan mendampingi Jokowi adalah‎ memperkuat kinerja pemerintahan, bukan parasit atau duri dalam daging. Selain itu, bisa meningkatkan elektabilitas Jokowi. Kriteria lainnya adalah mampu mendamaikan dan merukunkan anak bangsa serta bukan sosok terbebani di masa lalu.

Dia menegaskan, dalam pencapresan Jokowi dan wakilnya tahun 2019-2024, harus membawa semangat dan prinsip yaitu pendidikan gratis 100 persen, jaminan kesehatan 100 persen, dan negara bebas dari mafia, pungli serta premanisme.‎ Jokowi dan wakilnya juga harus tuntaskan program Nawacita, mengakhiri politik transaksional, dan penegakan hukum.

Sekretaris Ormas Pendukung Jokowi, Denny Agiel Prasetyo menambahkan apa yang dihasilkan 76 ormas setelah berdiskusi selama tujuh hari yaitu 10-16 Juli. Hasilnya menyepakati delapan bakal cawapres yang siap mendampingi Jokowi. "Relawan dan ormas menyatakan setia bersama Jokowi. Kami bertekad memenangkan Jokowi dua periode pada pemilu nanti," ujar Denny.(JP)



Sumber: Suara Pembaruan
Share this article :

Posting Komentar