Home » , » Ribuan Pemudik di Jambi Belum Kembali

Ribuan Pemudik di Jambi Belum Kembali

Written By jambipos-online on Rabu, 20 Juni 2018 | 17:49


Yang kembali datang ke Jambi masih sedikit. Pemicunya libur sekolah masih cukup panjang.

Jambipos Online, Jambi - Sedikitnya 9.000 orang pemudik Lebaran yang meninggalkan Kota Jambi menggunakan moda transportasi darat melalui terminal bus Alam Barajo Kota Jambi belum kembali. Hal itu nampak dari minimnya arus balik Lebaran 2018 di terminal Alam Barajo, Kota Jambi.

Kepala Terminal Bus Alam Barajo, Kota Jambi, Despredo menjelaskan, masih banyaknya pemudik yang belum kembali ke Kota Jambi melalui terminal Alam Barajo disebabkan libur sekolah masih cukup panjang.

Dijelaskan, pemudik yang tiba di terminal Alam Barajo mulai H+1 hingga H+4 Lebaran, Sabtu – Selasa (19/6) baru mencapai 136 orang. Sedangkan total pemudik yang berangkat dari terminal itu H–7 hingga H–1 Lebaran, Jumat – Kamis (8 – 14/6) mencapai 9.000 orang. “Hingga H+4 Lebaran, Selasa (19/6) belum terjadi lonjakan arus balik lebaran di terminal Alam Barajo. Kemungkinan puncak arus balik Lebaran di terminal ini terjadi Sabtu – Minggu (23 – 24/6/2018),” katanya di Kota Jambi, Rabu (20/6/2018).

Dijelaskan, arus balik Lebaran dari terminal Alam Barajo hingga H+4 Lebaran relatif meningkat. Pemudik yang berangkat ke berbagai kota di Jawa, Sumatera dan di berbagai kabupaten di Jambi mulai H+1 hingga H+4 Lebaran mencapai 2.854 orang.

“Jumlah pemudik yang kembali dari Kota Jambi melalui terminal Alam Barajo tersebut lebih banyak dibandingkan pemudik yang datang ke Kota Jambi melalui terminal ini. Jumlah pemudik dari kota lain yang datang ke Jambi melalui terminal ini mulai H–7 hingga H–1 Lebaran hanya 1.233 orang,” katanya.

Despredo memperkirakan, lebih banyaknya pemudik yang berangkat dari terminal Alam Barajo Kota Jambi setelah Lebaran dibandingkan pemudik yang datang sebelum Lebaran karena banyak pemudik dari Kota Jambi kembali ke daerah mereka menggunakan pesawat atau mobil rental.(JP-SP)
Share this article :

Posting Komentar