Home » » Piala Dunia 2018: Timnas Brasil Susah Payah Tekuk Kosta Rika

Piala Dunia 2018: Timnas Brasil Susah Payah Tekuk Kosta Rika

Written By jambipos-online on Sabtu, 23 Juni 2018 | 09:45

Philippe Coutinho cetak gol pertama Brasil atas Kosta Rika (FIFA)
Jambipos Online, Saint Petersburg-Timnas Brasil harus susah payah mendapatkan tiga poin pada penyisihan grup E Piala Dunia 2018. Pada matchday kedua melawan Kosta Rika di Saint-Petersburg Stadium, Jumat (22/6/2018), mereka menang 2-0 atas Kosta Rika.

Adalah Philippe Coutinho dan Neymar yang tampil sebagai pahlawan kemenangan Timnas Brasil pada matchday kedua Grup E Piala Dunia 2018 itu. Keduanya mencetak gol penentu kemenangan saat laga sudah memasuki injury time.


Kini, peluang Brasil untuk melaju ke 16 besar semakin terbuka. Mereka kini tinggal menanti hasil laga Serbia melawan Swiss. Lalu, laga melawan Serbia akan jadi penentu kelolosan mereka.

Jalan Pertandingan

Brasil langsung memberikan ancaman saat laga baru berjalan tiga menit. Lewat serangan yang terorganisasi, Philippe Coutinho melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Sayang, arahnya masih jauh dari sasaran.

Dominasi Brasil membuat hampir seluruh pemain Kosta Rika berada di daerahnya sendiri. Mereka mencoba untuk mengandalkan serangan balik dengan meninggalkan Marco Urena sendirian di depan.

Brasil mendapat hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti Kosta Rika usai Willian dijatuhkan. Sayang, kesempatan yang didapat di menit ke-10 itu gagal dimaksimalkan Neymar untuk memberikan umpan yang tepat kepada rekan-rekannya.

Kosta Rika mendapatkan peluang di menit ke-13. Lewat skema serangan balik, Celso Borges gagal memaksimalkan operan dari sisi kanan yang diterimanya di dalam kotak penalti Selecao. Padahal, saat itu Borges dalam kondisi tak terkawal.

Meski mendominasi permainan, Brasil belum benar-benar menciptakan peluang emas sejauh ini. Sejauh ini, ancaman-ancaman yang diberikan tim besutan Tite itu hanya lewat tendangan bebas. Salah satunya adalah di menit ke-23, tapi free kick Neymar kembali gagal disambut rekan-rekannya.

Kebuntuan di lini depan Brasil sampai memaksa Marcelo ikut rajin membantu serangan. Bahkan, ia sempat melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti di menit ke-29 yang masih melebar di sisi kiri gawang Kosta Rika kawalan Keylor Navas.

Itu bukan satu-satunya percobaan yang dilakukan Marcelo. Di menit ke-41, ia juga sempat mencoba untuk menjebol gawang rekan setimnya di Real Madrid itu. Namun, lagi-lagi upayanya tak membuahkan hasil. Babak pertama pun ditutup dengan skor 0-0.

Babak Kedua

Babak kedua diawali dengan pergantian pemain Brasil. Willian ditarik dan digantikan Douglas Costa. Di menit ke-48, sempat terjadi kemelut di dalam kotak penalti Kosta Rika. Untung bagi Kosta Rika, Navas masih bisa mengamankan bola.

Dua menit kemudian, Brasil mendapatkan peluang emas. Sialnya, sundulan Gabriel Jesus yang menyambut umpan silang masih terhalang tiang gawang. Memasuki menit ke-56, peluang emas kembali didapat Brasil. Kali ini giliran Neymar yang gagal menaklukkan Navas meski dalam posisi tak terkawal.

Berbagai upaya yang tak membuahkan hasil membuat Neymar makin bersemangat. Memasuki menit ke-60-an, tampak bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu jadi pemain yang paling sibuk di lini depan Brasil. Tapi, keberuntungan belum membuat Neymar bisa menaklukkan Navas.

Peluang emas yang kesekian kalinya didapat Brasil di menit ke-72. Neymar sempat mencuri bola dari mencurinya dari Johnny Acosta. Sayang, tendangan dari sisi kotak penalti melambung tipis di atas gawang Kosta Rika.

Sempat terjadi insiden di menit ke-78. Neymar terlihat dilanggar Giancarlo Gonzalez di kotak penalti Kosta Rika. Wasit Bjorn Kuipers sempat menunjuk titik putih, tapi kemudian ia merevisinya setelah melihat Video Assistant Referee (VAR). Wasit menganggap tak ada kontak yang berlebihan kepada Neymar.

Kebuntuan Brasil akhirnya terpecahkan di menit ke-90+1. Berawal dari umpan di sisi kiri, Jesus dengan leluasa memberikan assist yang memudahkan Coutinho untuk mencetak gol n. Di menit ke-90+7, Neymar menggenapkan kemenangan Brasil usai memanfaatkan assist Costa. Laga pun ditutup dengan kemenangan 2-0.

Susunan Pemain
Brasil: Alisson; Joao Miranda, Thiago Miranda, Fagner, Marcelo, Paulinho (Roberto Firmino 68), Philippe Coutinho, Casemiro, Willian (Douglas Costa 46), Neymar, Gabriel Jesus (Fernandinho 90+3)

Pelatih: Tite

Kosta Rika: Keylor Navas; Bryan Oviedo, Oscar Duarte, Cristian Gamboa (Francisco Calvo 75), Giancarlo Gonzalez, Johnny Acosta, Celso Borges, David Guzman (Yeltsin Tejeda 83), Johan Venegas, Bryan Ruiz, Marco Urena (Christian Bolanos 54)

Pelatih: Oscar Ramirez

Tangisan Bikin Neymar Jadi Trending Topic Dunia
Neymar (duduk) menangis setelah Brasil menang 2-0 atas Kosta Rika pada laga Grup E Piala Dunia 2018, Jumat (22/6/2018). (FIFA Photo)

Dua momen yang melibatkan Neymar menjadi sorotan dan perbincangan hangat setelah Brasil menang dramatis 2-0 atas Kosta Rika pada laga lanjutan Grup E Piala Dunia 2018, Jumat (22/6/2018). Pada laga tersebut, Neymar tersandung drama VAR dan terlihat menangis setelah ikut menyumbangkan gol penentu kemenangan Brasil di pengujung laga. 

Neymar menuai perhatian ketika wasit membatalkan penalti yang diberikan kepada Brasil pada menit ke-78. Pemain Paris Saint Germain tersebut terlihat dilanggar Giancarlo Gonzalez di kotak penalti Kosta Rika.

Wasit Bjorn Kuipers sempat menunjuk titik putih, tapi kemudian ia merevisinya setelah melihat Video Assistant Referee (VAR). Wasit menganggap tak ada kontak yang berlebihan kepada Neymar. Penalti pun batal diberikan. 

Beruntung, Neymar mampu menjawab insiden memalukan tersebut dengan mencetak gol di menit ke-97. Sebelumnya, Brasil juga sudah unggul melalui Philippe Coutinho pada menit ke-91. 

Kemenangan Brasil dan sumbangan gol tersebut tampaknya sangat bermakna bagi Neymar. Sang pemain terlihat menutup wajah sembari menangis setelah pertandingan usai. 

Dua insiden tersebut dan gol di pengujung laga membuat Neymar menjadi trending topic di media sosial. Terkait VAR, banyak yang menyebut keputusan itu sangat tepat karena Neymar jelas melakukan diving. Adapun tangis Neymar juga menjadi perbincangan hangat warga net.  

Reaksi Warganet

Keputusan wasit membatalkan hadiah penalti setelah melihat VAR mendapat pujian dari warganet. Menurut mereka, VAR bahkan kayak dianggap sebagai man of the match pada pertandingan itu. 

Salah satu komentar tentang VAR datang dari mantan pemain Timnas Inggris, Gary Lineker. "VAR benar 100 persen. Neymar diving dan keadilan telah dilakukan. Itulah gunanya VAR," kata Lineker. (JP)

Sumber: Bola.com

Gallery Foto Brazil-2-0 Kosta Rika-Foto FIFA.com 


























Share this article :

Posting Komentar