Home » , , » Tradisi Buruk Konvoi dan Coret Seragam Kelas XII Putih Abu-abu

Tradisi Buruk Konvoi dan Coret Seragam Kelas XII Putih Abu-abu

Written By jambipos-online on Jumat, 04 Mei 2018 | 08:22

SMAN 3 Yogyakarta Rayakan Kelulusan Dengan Membagikan Nasi Bungkus
Siswa SMA N 3 Yogyakarta rayakan kelulusan dengan bagi nasi bungkus ke masyarakat sekitar SMA N 3 Yogyakarta, Kamis (3/5/2018). FB
Jambipos Online, Jambi-Konvoi kenderaan tanpa aturan dan tertib lalulintas serta aksi coret-coret baju seragam, sudah menjadi tradisi buruk siswa lulusan sekolah abu-abu di Kota Jambi. Hampir seluruh siswa sekolah Kelas XII SMA di Kota Jambi melampiaskan kegembiraan mereka dengan aksi coret-coret seragam sekolah dan konvoi kenderaan tanpa aturan lalulintas. Bahkan Polisipun tak sanggup menertibkannya. 

Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi menyatakan bahwa pengumuman hasil UN SMA/SMK/Sederajat dilakukan pada 2 Mei 2018. Sedangkan hasil UN SMP/Sederajat tanggal 23 Mei 2018.

Pengumuman kelulusan SMA di Jambi tidak dilakukan dengan hal-hal yang positif. Sejumlah pelajar masih ada yang merayakannya dengan kegiatan yang tidak baik seperti corat-coret seragam, berkonvoi di jalanan hingga berbuat “mesum” di tepi jalanan dan ngamar bareng di hotel-hotel melati.
Siswa Kelas XII SMAN Kota Jambi berkumpul di Paal V Kotabaru Jambi, Kamis (3/5/2018) malam. 
Bahkan pihak sekolah tidak mampu untuk meredam aksi konvoi dan coret-coret kepada siswanya yang lulus. Tradisi buruk ini justru tumbuh subur dikalangan dunia pendidik dan menjadi gambaran dunia pendidikan sekarang yang kebablasan.

Pengamatan Jambipos Online, Kamis (3/5/2018) malam, ratusan siswa SMA tampak konvoi di seputaran Tugu Keris Siginjai Kotabaru Jambi. Bahkan aksi peluk-pelukan siswa lain jenis juga tampak dipojok Taman Jomblo Kotabaru itu.

Pengumuman kelulusan sebagian sekolah dilakukan melalui Portal satuan pendidikan (sekolah, red). Dan dilakukan mulai pukul 18.00 WIB. Seperti di SMAN 5 Kota Jambi. Ratusan siswa dan siswa kelas XII SMA 5 Kota Jambi telah berkumpul sejak pukul 17.30 WIB.

Aksi coret-coret seragam mereka lakukan di depan sekolahnya yang berada di Jalan Arif Rahman Hakim, Telanaipura Kota Jambi. Aksi coret seragam ini dilakukan di pinggir jalan hingga menganggu jalan ya lalu lintas di kawasan tersebut.

Aksi serupa juga dilakukan ratusan Siswa Kelas XII SMA 8 Kota Jambi, Siswa Kelas XII SMA 6 Kota Jambi, Siswa Kelas XII SMA 3 Kota Jambi, Siswa Kelas XII SMA 4 Kota Jambi, Siswa Kelas XII SMA 11 Kota Jambi dan lainnya.

Ratusan siswa bergabung dititik kumpul seputaran Tugu Keris Siginjai Taman Jomblo Kotabaru Kota Jambi hingga Pukul 24.00 WIB. 

Hal Positif

Lain di Jambi, lain pula di Yogyakarta. Saat merayakan kelulusan, Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Yogyakarta justru menunjukkan hal yang positif dengan membagikan nasi bungkus kepada orang mulai dari pedagang, tukang parker hingga lainnya. 

Akun resmi Facebook SMA Negeri 3 Yogyakarta menambahkan 17 foto soal tradisi SMA 3 Merayakan Kelulusan dengan cara yang positif.

Sebagai bentuk wujud syukur, Siswa SMA N 3 Yogyakarta rayakan kelulusan dengan bagi nasi bungkus ke masyarakat sekitar SMA N 3 Yogyakarta. Tradisi ini sudah berjalan selama bertahun-tahun. Tanpa konvoi dan tanpa corat-coret. (JP-Lee)

Siswa SMA N 3 Yogyakarta rayakan kelulusan dengan bagi nasi bungkus ke masyarakat sekitar SMA N 3 Yogyakarta, Kamis (3/5/2018). FB
















Siswa SMA N 3 Yogyakarta rayakan kelulusan dengan bagi nasi bungkus ke masyarakat sekitar SMA N 3 Yogyakarta, Kamis (3/5/2018). FB
Share this article :

Posting Komentar