Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Sekda: Hari Krida Pertanian Untuk Pemberdayaan Masyarakat

Rapat Kelima Persiapan Hari Krida Pertanian ke-46 Tingkat Provinsi Jambi, di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Senin (7/5/2018). Humas
Jambipos Online, Jambi- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M. Dianto,M.Si, menegaskan perlunya formula program bagi masyarakat terkait dengan pertanian kebutuhan pangan saat Rapat Kelima Persiapan Hari Krida Pertanian ke-46 Tingkat Provinsi Jambi, di Ruang Mayang Mangurai Bappeda Provinsi Jambi, Senin (7/5/2018). 

Dia menekankan bahwa Hari Krida Pertanian (HKP) harus untuk pemberdayaaan masyarakat, terutama petani dan yang berkecimpung dalam sektor pertanian. Hari Krida Pertanian ke-46 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2018 direncanakan akan dilaksanakan di Kabupaten Batanghari pada tanggal 12-14 Juli 2018. “Program terbaru sampaikan dan masyarakat bisa berdaya untuk mengembangkan," ujar M Dianto.

Dia mengatakan, HKP ke-46 menjadi harapan terhadap peningkatan gizi, kualitas hidup dengan ketersediaan serta kemandirian dibidang pangan. Sekda bahkan menegaskan acara tersebut bukan kegiatan seremonial tanpa program yang bermanfaat.

“Untuk tingkatkan gizi masyarakat kita sebarkan benih ikan, seperti di Klaten (Jawa Tengah) kita buat desa percontohan ikan di sini," jelasnya.

Pertanian, perikanan, perkebunan, menjadi sektor yang sangat berkaitan dengan masyarakat Provinsi Jambi dalam keseharian, kebutuhan akan bahan pokok terutama cabe seringkali menjadi penyumbang inflasi tinggi, menyikapi hal tersebut, Sekda sangat berharap HKP ke-46 di Batanghari mampu mengurangi permasalahan terkait dengan kebutuhan pangan.

“Penyebaran polybag cabe  dijadikan semacam oleh-oleh bagi masyarakat yang meninjau kegiatan HKP sehingga masyarakat tahu manfaat dan setiap rumah tangga itu menanam cabe, artinya tidak akan menjadi salah satu penyumbang inflasi," kata M Dianto.

Dia menjelaskan acara HKP merupakan upaya pemerintah menonjolkan program kerja yang berjalan. "Masyarakat melihat apa yang diperbuat, masyarakat dengan mudah untuk menemukan barang kebutuhan pokok, serta harga tidak terlalu tinggi itulah yang diinginkan," tegasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Temawisman menyampaikan, 1.500 orang peserta yang akan mengikuti HKP ke-46 di Kabupaten Batanghari serta 700 orang dari kabupaten lain selebihnya dari Pemprov Jambi dan tuan rumah.

“Peserta utama merupakan petani, nelayan, pemuda tani, wanita tani, nelayan, koperasi tani nelayan, peserta pendamping yaitu aparat pemerintah atau OPD yang ditugaskan untuk mendampingi atau memfasilitasi, sedangkan peserta peninjau merupakan anggota DPRD, organisasi profesi, pemerhati, pakar yang bergerak dibidang pertanian, perikanan, kehutanan, perkebunan, serta pelaku agribisnis," papar Tema. 

Dalam rapat tersebut hadir Asisten II Kabupaten Batanghari M.Hatta, Kepala Biro Perekonomian dan SDA Setda Provinsi Jambi Muktamar Hamdi,SE,MM, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi Johansyah,SE,ME, dan pihak terkait, serta para tamu dan undangan lainnya.(JP-Hms-Raihan/Lee)







Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar