Home » , » Zumi Zola Sebut Ada Permasalahan di Pelabuhan Talang Duku

Zumi Zola Sebut Ada Permasalahan di Pelabuhan Talang Duku

Written By jambipos-online on Selasa, 20 Maret 2018 | 09:13

Gubernur Jambi H Zumi Zola saat Peninjauan Pelabuhan Talang Duku, Kota Jambi Senin (19/03/2018) sore. Dia menjelaskan, dirinya ingin mengetahui secara keseluruhan opresional Pelabuhan Talang Duku seperti apa dan kendala yang sering dihadapi. Humas
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu mencarikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi Pelabuhan Talang Duku, Kota Jambi. Zola mengatakan, mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi di Pelabuhan Talang Duku itu sangat penting, karena sebagai tempat keluar dan masuknya barang dan komoditi dari dan ke Jambi, fungsi pelabuhan sangat strategis, yang akan berdampak terhadap perekonomian Provinsi Jambi.

Hal itu disampaikan Zumi Zola saat Peninjauan Pelabuhan Talang Duku, Kota Jambi Senin (19/03/2018) sore. Dia menjelaskan, dirinya ingin mengetahui secara keseluruhan opresional Pelabuhan Talang Duku seperti apa dan kendala yang sering dihadapi. 

“Tadi sudah dijelaskan oleh GM Pelabuhan Talang Duku, yaitu seringnya pihak swasta terlalu lama mengambil barang yang masuk (proses dwelling time), salah satu faktor yang membuat ruang tunggu pelabuhan menjadi lama. Kita mengimbau pihak swasta yang menggunakan jasa pelabuhan agar dapat mengikuti aturan, jangan terlalu lama mengambil barang di pelabuhan agar proses perputaran barang keluar masuk cepat," ujar Zola.

“Masalah listrik, mesin di sini masih banyak mengunakan listrik, nanti kita akan menghubungi pihak PLN agar bisa mensuplai listriknya untuk kebutuhan Pelindo yang akan dibayar dengan harga industri. Selain itu, masalah komonikasi (IT), sinyal internet harus ada. Kendala itu kita harus kita ketahui dan perlu dicarikan solusi bersama. Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu mencarikan solusi kendala yang dihadapi oleh pihak Pelabuhan Talang Duku," jelasnya.

Pelindo Jambi membawahi tiga pelabuhan, yaitu Pelabuhan Talang Duku, Pelabuhan Roro di Tanjung Jabung Barat dan Pelabuhan Muara Sabak. Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendorong supaya ketiga pelabuhan ini bisa berjalan dengan lancar.

“Beberapa hari yang lalu, Dirjen dari Kementerian PUPR juga menjelaskan, jalan mulai dari Jembatan Batanghari II menuju Pelabuhan Muara Sabak pada tahun 2019 akan diselesaikan. Kami sangat mengharapkan kerja sama Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pelindo," terang Zola.

Zola menegaskan bahwa investasi Pemerintah Pusat untuk pelabuhan yang berada di Provinsi Jambi sangat besar. "Saya sangat mengharapkan kerja sama antara Pelindo dengan Pemrov dan Pemkab, perlu ada peningkatan agar perekonomian masyarakat meningkat.(JP-Hms)


















Share this article :

Posting Komentar