Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Wagub Harap DPD Perkuat Pembangunan Daerah

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Dr Drs H Fachrori Umar M Hum 
Jambipos Online, Jambi- Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Dr Drs H Fachrori Umar M Hum berharap agar Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) memperkuat pembangunan daerah melalui berbagai program dan upaya yang dilakukan untuk memerjuangkan kepentingan daerah di pusat.

Hal itu dikemukakan Wagub dalam Pertemuan Silaturahmi Wakil Ketua DPD RI dan Rombongan dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Forkopimda Provinsi Jambi, bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Kamis (22/3/2018) siang.

Dia menyatakan, sebagai perwakilan daerah di pusat, DPD memiliki peran penting untuk turut menyuarakan kepentingan daerah di pusat dan peran inilah yang diharapkan benar-benar bisa membantu Provinsi Jambi dalam melaksanakan pembangunan.

Dijelaskan, masyarakat Provinsi Jambi majemuk, namun dalam kemajemukan itu, masyarakat bisa hidup rukun, kerukunan tersebut tercermin dalam Indeks Demokrasi Indonesia Provinsi Jambi tahun 2016 yang dirilis oleh BPS, khususnya pada Indeks Kebebasan Sipil Provinsi Jambi sebesar 84,39 yang masuk kategori baik, indeks kebebasan berkeyakinan 87,02, dan indeks kebebasan dari diskriminasi 76,97.

Katanya, kondisi yang rukun tersebut menjadi modal yang sangat penting bagi Provinsi Jambi dalam melaksanakan pembangunan daerah.

Pada kesempatan tersebut, Wagub menyatakan, dengan senang hati bersedia menerima masukan-masukan dari DPD untuk kemajuan Provinsi Jambi. Wagub juga mempersilakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi untuk menyampaikan secara langsung pertanyaan dan masukan kepada DPD. 

Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi, Arif Munandar mengharapkan agar DPD bisa memperjuangkan dasar hukum untuk pemberian bantuan yang sifatnya insidentil atau by accident, sedangakan kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi mengharapkan bantuan DPD dalam memperjuangkan pembangunan fasilitas olahraga di Provinsi Jambi.

Wakil ketua DPD RI, Dr.Nono Sampono,M.Si meyampaikan, pada dasarnya, DPD adalah orang-orang daerah yang turut memperjuangkan kepentingan daerah di pusat. “Gunakan DPD agar daerah memiliki posisi tawar yang lebih baik di Pusat,” ungkap Nono Sampono.

Nono menyatakan, DPD juga aktif menggelorakan Wawasan Kebangsaan, Empat Pilar Kebangsaan, dan Gerakan Indonesia Sehat dan Bugar. Khusus untuk Gerakan Indonesia Sehat dan Bugar, Nono mengemukakan bahwa hal itu sangat penting karena kinerja yang maksimal hanya bisa diwujudkan jika masyarakaat (sumber daya manusia) sehat.

Anggota DPD asal Jambi, Abubakar Jamalia menyampaikan DPD berusaha memperjuangkan pembangunan daerah di pusat, diantaranya dengan memperjuangkan Dana Desa. (JP-Hms-Mustar)





Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar