Home » , , , » Peringat Hari Air Dunia, Sekda Minta Danau Sipin Dikelola Profesional

Peringat Hari Air Dunia, Sekda Minta Danau Sipin Dikelola Profesional

Written By jambipos-online on Kamis, 22 Maret 2018 | 16:26

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H M Dianto mengapresiasi acara peringatan hari air se-dunia ke XXVI 2018 oleh Kementrian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatra VI, di Kawasan Danau Sipin, Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, Kamis (22/3/2018). Dia juga meminta agar Danau Sipin dikelola profesional dan dirawat secara berkesinambungan. 
Jambipos Online, Jambi-Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H M Dianto mengapresiasi acara peringatan hari air se-dunia ke XXVI 2018 oleh Kementrian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai Sumatra VI, di Kawasan Danau Sipin, Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, Kamis (22/3/2018). Dia juga meminta agar Danau Sipin dikelola profesional dan dirawat secara berkesinambungan. 

Selain Sekda M Dianto, turut hadir dalam acara ini Plt Walikota Jambi, Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR, Kompimda Provinsi Jambi, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Jambi, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi.


“Apresiasi dan ucapan terima kasih kami tujukan kepada Menteri PUPR melalui Kepala Balai Wilayah, Sungai Sumatera VI yang telah menginisiasi peringatan hari air dunia di Provinsi Jambi,” katanya.

Kemudian Dianto menyebutkan melalui peringatan hari air sedunia sebagai langkah untuk menjaga lingkungan. “Peringatan hari air dunia ini adalah suatu upaya untuk mengingatkan kita agar senantiasa menjaga kebersihan air dan menjaga kelestariannya selain itu juga untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya,” katanya.

Sementara Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU/PERA) Mochammad Majid, ST, SP, Kamis (22/3-2018), menghadiri peringatakan Hari Air Sedunia (HAD) ke XXVI yang dilaksanakan Balai Wilayah Sungai Sumetara (BWSS) VI, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air di Provinsi Jambi.

Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR Mochammad Mazid, ST, SP.1, menyampaikan acara Hari Air Dunia yang ke-26 mengusung tema Nature for Water agar tumbuh kepedulian bersama terhadap ketersediaan air dimuka bumi. 

"Pemasalahan air tidak bisa diselesaikan hanya dengan pembangunan bendungan, instalasi pengolahan air limbah, normalisasi sungai dan sebagainya, yang paling penting adanya partisipasi masyarakat, akademisi, swasta, untuk menjaga dan melestarikan alam sehingga segala permasalahan air dapat dikendalikan atau diminimalisir," kata Dirjen Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR. 

Mochammad Mazid, ST, SP.1,  menjelaskan keberadaan  masyarakat yang membuang sampah ke sungai menjadi tugas berat untuk mengajak serta mensosialisasikan kepedulian pada keberlangsungan air,"Bagaimanapun belum ada makhluk hidup tanpa air, ini menunjukkan peran strategis ketersediaan air," tegas Dirjen Irigasi dan Rawa. 

Dirjen Irigasi dan Rawa  menganggap pentingnya melakukan kegiatan aksi nyata secara serentak di 34 provinsi bersama dengan para pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat, akademisi, perguruan tinggi, pelajar, asosiasi provinsi,  komunitas peduli sungai atau danau, serta pihak-pihak yang memiliki kepentingan pada kelestarian air. 

Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI Jambi, Nurfajri,ST,SP.1 menyampaikan, kegiatan penanaman pohon untuk memotivasi melakukan tindakan konkrit menjaga dan melestarikan air,"Membangkitkan kesadaran menjaga kelestarian sumber daya air yang ada,"kata Nurfajri,ST,SP.1. 


Menurut Nurfajri, ST, SP.1, menjaga ketersediaan serta kualitas sumber daya air dengan mengajak masyarakat efisien menggunakan air, hemat penggunaan air, tanam pohon, menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi penerus. 

Kegiatan peringatan HAD kali ini dilaksanakan di tepian Danau Sipin itu menggelar berbagai kegiatan seperti penanaman pohon di tepian danau, melaksanakan percontohan pemanenan air hujan, dan kegiatan aksi peduli sungai.

Rombongan berkesempatan mengelilingi danau dengan menaiki perahu, selanjutnya, Jum’at (23/3-2018), kegiatan HAD kembali dilaksanakan senam bersama yang dilaksanakan di kawasan Car Free Day/Tugu Keris Siginjai, Kotabaru, Kota Jambi. (JP-Lee)


Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU/PERA) Mochammad Majid.




Share this article :

Posting Komentar