Home » , » Obor Asian Games Akan Melintasi Jambi Sebelum Diarak Keliling Kabupaten di Sumsel

Obor Asian Games Akan Melintasi Jambi Sebelum Diarak Keliling Kabupaten di Sumsel

Written By jambipos-online on Sabtu, 24 Maret 2018 | 07:34

Kirab api PON XIX dan PEPARNAS XV Jawa Barat dilanjutkan pada Selasa pagi, 13 September, setelah sebelumnya menginap selama tiga hari di kantor Wali Kota Bekasi. ( Foto: Suarapembaruan/Mikael Niman ) 
Api abadi asal India akan dikawinkan dengan api abadi di Mrapen. Obor dan api abadi akan tiba di Palembang pada 3 Agustus dari Provinsi Jambi. 

Jambipos Online, Palembang - Obor Asian Games XVIII tahun 2018 direncanakan akan diarak mengelilingi sejumlah kabupaten/kota di Sumatera Selatan pada 4-7 Agustus mendatang dalam ajang Torch Relay. Obor Asian Games diarak dari Jambi 3 Agustus 2018 menuju Provinsi Sumatera Selatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Akhmad Yusuf Wibowo di Palembang, Jumat (23/3/2018), mengatakan, obor dengan api abadi yang akan diarak ini didatangkan dari India yakni negara yang menjadi tuan rumah Asian Games pertama tahun 1951.

"Jika obor sudah diarak, artinya Asian Games sudah di depan mata," katanya.

Yusuf mengatakan rute Torch Relay ini akan dimulai dari New Delhi, India pada 15 Juli 2018 menuju ke Mrapen Provinsi Jawa Tengah untuk mengambil api abadi.

"Api abadi asal India akan dikawinkan dengan api abadi di Mrapen, kemudian baru dibawa tur ke 12 provinsi dan 26 kabupaten lainnya di Indonesia," kata Yusuf yang juga menjabat sebagai Ketua Deputi I INASGOC ini.

Hingga pada akhirnya, lanjut Yusuf, obor dan api abadi akan tiba di Palembang pada 3 Agustus dari Provinsi Jambi.

"Sampai di Palembang, obor akan menginap semalam dan sekitar pukul 09.00 WIB pagi pada 4 Maret akan diterbangkan dengan Hercules dan dibawa oleh 58 penerjun payung dari TNI AU," kata dia.

Ia mengatakan obor akan dibawa ke Jakabaring Sport City, tepatnya akan mendarat di Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) dengan diiringi peserta mengibarkan bendera 45 negara peserta, bendera Indonesia merah putih dan bendera Asian Games.

"Api akan dibawa oleh para atlet dan selebritis melewati lokasi-lokasi penting Palembang, seperti Pulau Kemaro dengan perahu naga menuju Jembatan Ampera dan mendarat di Benteng Kuto Besak (BKB)," kata dia.

Tak hanya di Palembang, beberapa kabupaten/kota yang akan didatangi api ini adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir pada ajang Torch Relay di Sumsel yang akan berakhir pada 7 Agustus.

"Muba dan Banyuasin dipilih karena dua kabupaten ini merupakan kabupaten terdekat di Sumsel. Sementara OKI dan OI adalah dua kabupaten yang akan dilalui rombongan arak-arakan menuju ke provinsi Lampung dan keliling ke provinsi lainnya di Indonesia sehingga akan berakhir di Jakarta pada 17 Agustus," jelasnya.

Kota Palembang dan ibu kota negara Jakarta terpilih sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dengan diikuti 45 negara. Khusus di Kota Palembang akan dipertandingan 13 tangkai olahraga.(JP)

Share this article :

Posting Komentar