Home » , , » Zola Nyaris Patah Arang Tangani PETI di Provinsi Jambi

Zola Nyaris Patah Arang Tangani PETI di Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Rabu, 21 Februari 2018 | 18:42

Refleksi 2 Tahun Zumi Zola Jabat Gubernur Jambi 
Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli STP MA .
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli STP MA nyaris patah arang soal solusi dalam pemberantasan maraknya praktik Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di Provinsi Jambi. Bahkan hingga enam kali pergantian Kapolda Jambi, praktik PETI belum juga bisa dituntaskan. Bahkan dampak dari PETI, kini sudah merusak parah lingkungan.

Hal itu terungkap saat Gubernur Jambi H Zumi Zola menanggapi pernyataan mantan Bupati Sarolangun M Madel pada acara Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan H Zumi Zola- H Fachrori Umar bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (21/2/2018). Hadir pada acara itu Sekda Provinsi Jambi H M Dianto, Ketua Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Provinsi Jambi Prof Dr H Syamsurizal Tan SE MA, Ketua HKPT Prov Jambi Usman Ermulan, H Madel, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemprov Jambi, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jambi Endang Nuryadin, Kepala BI Perwakilan Provinsi Jambi dan undangan lainnya.

Pada acara sesi tanya jawab, M Madel mengutarakan kalau hingga kini persoalan PETI belum juga bisa dituntaskan di Provinsi Jambi. Bahkan belum ada solusi kongkrit yang tegas dalam pemberantasan PETI di Sarolangun, Merangin, Bungo, Tebo, Kerinci dan daerah lainnya.

“Persoalan PETI hingga kini belum juga bisa dituntaskan. Bahkan semakin merajalela dengan menggunakan alat berat. Tentunya hal ini ada sindikat dalam bisnis perusak lingkungan ini. Saya mengusul agar pasokan BBM diputus bisa mengurangi PETI ini. Saya minta Pemprov Jambi bersama Polda Jambi, Korem bersatu untuk memberantas PETI ini,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Zumi Zola mengatakan, Pemprov Jambi bersama Polda Jambi, Korem Gapu 042 Jambi sudah berulangkali melakukan razia dan membakar alat dompeng PETI. Bahkan juga sudah memutus bahan bakar minyak untuk alat berat ke lokasi PETI. Namun upaya itu tak juga berhasil menghentikan PETI di Jambi.

Zola juga meminta Mabes Polri dan Mabes TNI dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk melakukan sapu jagat PETI di Provinsi Jambi. Hal ini sebagai salah satu cara ampuh untuk menutup PETI di Jambi yang diduga dibekingi oleh-oknum-oknum aparat. (JP-Lee)

Share this article :

Posting Komentar