Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gubernur Jambi H Zumi Zola Apresiasi Perkembangan Media di Provinsi Jambi

Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi 
Para Penerima Award PWI Provinsi Jambi pada Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018). 

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola mengapresiasi perkembangan media di Provinsi Jambi. Kepala daerah juga harus memahami tugas dari wartawan dalam mengolah berita dan menyajikannya untuk dikonsumsi masyarakat. Zola juga menegaskan kerjasama pemerintah daerah dengan media sangat menentukan suksesnya program pembangunan.

Selamat juga kepada penerima penghargaan PWI Award, baik itu kepala daerah bupati walikota, perusahaan, tokoh masyarakat, tokoh pers. Tentunya dengan adanya penghargaan yang diberikan oleh PWI Provinsi Jambi makin memperkuat silaturahim, ikatan kerjasama disegala sector.

Hal itu dikatakan  H Zumi Zola saat memberikan kata sambutan pada Resepsi Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 Tingkat Provinsi Jambi yang diadakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (3/2/2018) pagi. 
Gubernur Jambi H Zumi Zola saat memberikan kata sambutan pada Resepsi Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 Tingkat Provinsi Jambi yang diadakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Jumat (3/2/2018) pagi. 
Turut hadir pada acara itu Kapolda Jambi Brigjen Pol Brigjen Pol Drs Muchlis AS MH dan jajaran, Danrem 042/Gapu, Kolonel Inf Refrizal dan jajaran, Walikota Jambi DR H Syarif Fasha, Wakil Bupati Tanjabar Amir Syakib, Bupati Batanghari Syahirsyah, Ketua Ombusman Provinsi Jambi, Wakil Bupati Muarojambi BBS, Pihak PT Petrochina, PT Asian Agri, pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jambi, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pers Jambi, Undangan dan ratusan wartawan Jambi lintas generasi, baik media cetak, elektronik dan siber.

“Kita menyadari dan saya juga melihat langsung bahwa para jurnalis dan teman-teman media ini kerjanya itu bukanlah mudah. Tantangannya sangat tinggi sekali. Tidak mengenal waktu berkejaran dengan berita. Dimana sumber berita dikejar. Misalnya berita kebakaran yang ada di Sungaipenuh. Beritanya begitu cepat sekali. Dan saya ketika kunjungan ke daerahpun juga didampingi wartawan. Rela meninggalkan keluarganya hanya satu komitmen memberikan berita yang terbaik untuk masyarakat Jambi. Untuk itu saya mengucapkan terimakasih,” katanya.

Disebutkan, peran para wartawan media cetak, elektronik, online, sangat menentukan dan punya peranan penting sekali. Termasuk untuk kepala daerah. Program sebagus apapun, sesukses apapun kalau tidak dibantu pemberitaan oleh media tidak maksimal.

“Kerjasama sangat menentukan. Oleh sebab itu, saya melalui Biro Humas Provinsi Jambi untuk selalu menfasilitasi teman-teman media ini dalam menjalankan tugasnya. Tantangan wartawan yang ada di Jambi ini adalah kredibilitas kinerja, kode etik selalu menjadi tantangan kita saat ini. Dengan komitmen PWI dan media harapan kita hal itu bisa diatasi melalui program uji kompetensi wartawan,” ujar Zumi Zola.

Menurut Zumi Zola, media juga harus memberikan edukasi politik kepada masyarakat sat masa Pilkada Kota Jambi, Merangin dan Kabupaten Kerinci. Zola berharap peran dari media dapat memberikan pemberitaan-pemberitaan yang mendidik masyarakat. Sehingga agenda Pilkada di Jambi bisa berjalan dengan baik. 

“Akhirnya saya mengucapkan Selamat Haris Pers Nasional, yang Isya Allah  Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang dipusatkan di Pandang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) 6-9 Februari 2018. Hal ini merupakan agenda penting skala Nasional untuk Rakyat Indonesia, khususnya buat Pers Indonesia. Pers sebagai pilar demokrasi ke-empat 4 penopang Indonesia, sangat berperan dalam menjaga demokrasi tetap berjalan di atas jalurnya,” kata Zola.

Profesionalitas Pers

Sebelumnya Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur yang mendalam atas dukungan dari semua pihak, insan pers Jambi dapat melaksanakan perayaan Hari Pers Nasional Tahun 2018 tingkat Provinsi  Jambi terlaksana dengan baik.

“Kami menyadari bahwa profesi wartawan  saat ini sedang diuji. Karena kehadiran sosial media sudah dapat mengambil peran media massa sebagai sumber informasi hanya gara-gara lebih cepat dan mudah diakses. Padahal, kita sering terusik oleh wartawan-wartawan sukarelawan sosial media. Mereka bebas menulis apa saja, kapan saja, dimana saja. Bahkan mengaktuaklisasikan kepentingan pribadinya. Sementara berita-berita karya jurnalistik yang profesional, meski penyajiannya tidak bisa cepat namun akurasi, independensi, serta kualitas beritanya lebih terjamin,” katanya.

Menurut Saman, akhir-akhir ini profesionalisme pers juga terusik dengan kehadiran tekhnologi internet, dan  ditambah oleh pemahaman atas regulasi pers yang sepotong-sepotong membuat semua orang bebas membuka usaha media meanstream dan semua orang merasa bisa jadi wartawan. 

“Akibatnya, kita tak mampu menghitung  jumlah media masa meantream  di Provinsi Jambi yang ada saat ini. apa lagi untuk menghitung jumlah kartu pers yang di cetak setiap saat. Saya yakin, profesionalisme pers dapat berdiri tegar jika kita semua mencermati secara utuh  regulasi pers yang berlaku,” kata Saman. 

Disebutkan, Undang-undang No 40 tahun 1999, memang mengamanatkan bahwa untuk mendirikan perusahan pers tidak perlu mengurus SIUP seperti yang berlaku di era orde baru. Namun, dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa untuk menata kehidupan pers dibentuk Dewan Pers. 

“Kini dewan pers telah menetapkan bahwa perusahaan pers harus lolos verifikasi faktual oleh Dewan Pers. Saat ini di Provinsi Jambi baru ada 7 perusahaan pers yang lolos verifikasi faktual. Sementara Dewan Pers dalam berbagai kesempatan bahwa verifikasi faktual akan terus dilaksanakan,” ujarnya.

Ditambahkan, di sisi lain, Dewan Pers juga telah mengharuskan wartawan lulus uji kompetensi wartawan (UKW). Di Provinsi Jambi saat ini, dari jumlah pemegang kartu pers yang jumlahnya tak terhingga, baru  100 orang wartawan yang lulus UKW.

“PWI Provinsi Jambi yang oleh Dewan Pers telah ditetapkan sebagai pelaksana UKW, akan terus melaksanakan uji kompetensi secara berkelanjutan. Sama halnya dengan perusahaan pers, Dewan Pers juga mengharuskan bahwa organisasi pers terdaftar dan terverifikasi Dewan Pers. Dengan berharap dukungan semua pihak, PWI Jambi akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengaplikasikan  regulasi pers yang ada. Karena kami yakin, hal ini akan dapat mengawal profesionalisme pers di Jambi. Kami juga yakin bahwa profesionalisme akan mampu menjamin kehidupan pers dan akan berdampak positif untuk kemajuan Jambi,” terang Saman.

Disebutkan, PWI sangat mendambakan Jambi maju dan berkembang seperti provinsi-provinsi tetangga. Maka dari itu, dalam kesempatan HPN Tahun 2018, PWI Jambi menganugerahkan penghargaan yang tinggi kepada pihak-pihak yang telah memberi kontribusi besar terhadap kemajuan Provinsi Jambi.

PWI Jambi Award

Pada pelaksanaan resepsi HPN 2018 tingkat Provinsi Jambi, PWI Jambi memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang diterima oleh Gubernur Jambi H Zumi Zola. Kemudian kepada Walikota Jambi DR H Syarif Fasha, Bupati Tanjung Jabung Barat H Syafrial Siregar, Bupati Merangin H Al Haris, Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro, H Usman Ermulan (Mantan Bupati Tanjabar), Hendry Attan (Ketua Laskar Meraj Putih), PT Petrochina, PT Asian Agri.

Sebelum penyematan dan pemberian plakat terlebih dahulu pembacaan SK penerimaan penghargaan oleh Sekretaris Umum PWI Provinsi Jambi Hery Rawas.

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan lomba karya jurnalistik “Tema HPN 2018” kepada pemenang kategori media cetak (Harian Jambi One), Kategori Elektronik wartawan dari Jak TV dan kategori dari media online dari aksipos. Acara HPN juga dihibur oleh penampilan Musikalisasi Pusi siswa SMAN 1 Kota Jambi dibawah asuhan Syamsul (Anggota PWI Jambi).


Selain penyerahan penghargaan, juga dilakukan penandatanganan kerjasama PWI Provinsi Jambi dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Jambi terkait Perlindungan Wartawan. 

Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi itu juga sebagai rangkaian Peringatan HPN 2018 di Padang, Sumatera Barat 9 Februari 2018. PWI Provinsi Jambi berencana mengirimkan 60 delegasi yang akan berangkat 6 Februari 2018 hingga 10 Februari 2018. (JP-Lee)


Berikut penerima PWI Jambi Award 2018:

1.Wali Kota Jambi Kreatif dan Inovatif, yang diterima Wali Kota Jambi, Syarif Fasha.
2.Bupati Aspiratif dan Merakyat, yang diterima Bupati Merangin , Alharis.
3.Bupati Penggalang Investasi, yang diterima Bupati Tanjungjabung Barat, Syafrial yang diwakili Wakil Bupati, Amir Sakib.
4.Bupati Inspirator Kesetaraan Gender, yang diterima Bupati Muarojambi, Masnah Busro.
5.Perusahaan yang Berkomitmen Tinggi Menyalurkan CSR, yang diterima PetroChina International Jabung Ltd.
6.Perusahaan yang Berkomitmen Tinggi Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan, yang diterima Asian Agri.
7.Sosok Tangguh Pengusaha Pers yang diterima Usman Ermulan.

8.Tokoh Pembauran, yang diterima Hendry Attan.

Dalam acara tersebut, PWI Jambi juga memberikan hadiah atas perlombaan Karya Jurnalistik. Ada tiga orang pemenang, yaitu ;

1. Juara I Ali Ahmadi (Media Cetak Jambi One) dengan Judul “Tangkal Dampak Negatif Digital Pers Harus Profesional”.

2. Juara II Ranto Wibobo (Media Online Aksi Pos) dengan Judul ” PWI Matangkan Persiapan HPN 2018″.


3. Juara III Meyka P. Tumanggor (Media Jek TV) dengan Judul “PWI Akan Berikan Penghargaan Kepada Kepala Daerah.”

Gubernur Jambi H Zumi Zola (kiri) menerima Sertifikat penghargaan Award PWI Provinsi Jambi dari Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt (kanan) pada Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018). 

(Kiri ke kanan) Danrem 042/Gapu, Kolonel Inf Refrizal, Kapolda Jambi Brigjen Pol Brigjen Pol Drs Muchlis AS MH, Gubernur Jambi H Zumi Zola, Ketua Umum PWI Provinsi Jambi Saman SPt, Usman Ermulan, Bupati Batanghari Syahirsah.

Penerima penghargaan Award PWI Provinsi Jambi dari Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt (kanan) pada Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018). 


Penampilan Musikalisasi Pusi siswa SMAN 1 Kota Jambi dibawah asuhan Syamsul (Anggota PWI Jambi) pada Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018). 
Penampilan Musikalisasi Pusi siswa SMAN 1 Kota Jambi dibawah asuhan Syamsul (Anggota PWI Jambi) pada Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018).

Para Penerima Award PWI Provinsi Jambi pada Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018). 

Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018). 

Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018). 

Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt saat memberikan sambutan di Peringatan HPN 2018 Tingkat Provinsi Jambi di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Sabtu (3/2/2018). 











Para Anggota PWI Provinsi Jambi.

Penampilan Musikalisasi Puisi Siswa SMAN 1 Kota Jambi

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar