Home » , , , » Lomba Pacu Perahu Tradisional, Daya tarik Wisata Sungai Batanghari

Lomba Pacu Perahu Tradisional, Daya tarik Wisata Sungai Batanghari

Written By jambipos-online on Jumat, 05 Januari 2018 | 22:55

Jambipos Online, Jambi-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto, M.Si mengemukakan bahwa event pacu perahu tradisional merupakan wahana daya tarik wisata Sungai Batanghari. Selain itu juga sebagai wahana mencari bibit-bibit atlet baru di tingkat nasional dan internasional yang bisa mengharumkan nama Provinsi Jambi.

Hal tersebut disampaikan Sekda saat Pelepasan Lomba Pacu Perahu Naga dan Tradisional di tepian Sungai Batanghari dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-61 Provinsi Jambi, Jumat (5/01/2018) sore.

Usai pelepasan lomba pacu perahu oleh Sekda, kepada para wartawan, Sekda menjelaskan, Lomba Pacu Perahu Tradisional dan Naga sudah menjadi tradisi  setiap ulang tahun Provinsi Jambi. "Untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-61 Provinsi Jambi tahun 2018 kali ini, kita menyelenggarakan secara nasional lomba pacu perahu yang diikuti oleh provinsi-provinsi lain, yakni, Riau, Bekasi, DKI Jakarta dan tim Marinir TNI serta seluruh tim kabupaten/kota se Provinsi Jambi.

“Perlombaan pacu perahu terdiri dari tiga kelompok yaitu kategori perahu naga, perahu tradisional terdiri dari dua tipe, tipe A dan tipe B, yang beranggotakan perahu naga ada 19 tim dan tradisional, tipe A 13 tim dan tive B 20 tim dan jumlah keseluruhan yang ikut berlomba sebanyak 52 tim. Ini adalah event nasional baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi Jambi, diharapkan langkah awal untuk menjadi sukses sebagai penyelenggara," jelas sekda.

“Pacu perahu dilaksanakan selama 3 hari dan besok seharian penuh, hari Minggu diharapkan Menteri PUPR RI sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung (PB PODSI) Nasional Basuki Hadimuljono akan datang untuk melihat langsung dalam rangka memeriahkan HUT ke-61 Provinsi Jambi ini,” ujar Sekda.

“Kita telah menyiapkan beberapa kegiatan, seperti lomba pacu perahu naga dan tradisional, turnamen futsal basket dan gubernur cup sepak bola," lanjut Sekda. 

Selain itu, terang Sekda, Pemprov Jambi juga mengadakan kegiatan keagamaan seperti tabligh akbar bersama ustadz Yusuf Mansyur. Kemudian pameran dan bazar, hiburan rakyat, dan dilanjutkan dengan Malam Apresiasi Keagungan Budaya Melayu Jambi. 

Tidak hanya itu, Minggu (14/1/2018) diadakan gerak jalan santai yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti pelayanan kesehatan dan sunatan massal, pasar tani dan pameran produk pertanian, panjat pinang, lari karung, tarik tambang, tangkap belut dan festival Jambi. 

Sekda berharap seluruh panitia dapat saling berkoordinasi dan bekerja semaksimal mungkin, agar agenda yang telah direncanakan bisa terlaksana dengan sukses. 

“Kita harapkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, terutama panitia pelaksana, sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan meriah," tutur Sekda.

Tampak hadir para OPD Provinsi Jambi dan para peserta dari berbagai daerah dan para undangan lainya. (JP-Hms-Sapra Wintani)

Share this article :

Posting Komentar