Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gubernur Minta Aparatur Kanwil Kemenag Tepat Respon Persoalan

Zumi Zola saat menjadi Inspektur Upacara Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama Tahun 2018 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61Provinsi Jambi, bertempat di halaman depan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Telanaipura, Rabu (3/1/2018). Humas
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli, S.TP,MA meminta aparatur Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jambi tepat dan bijak dalam merespon persoalan, terutama di era global saat ini. Zola juga berpesan kepada seluruh ASN di Kanwil Agama Provinsi Jambi agar memaknai berkerja sebagai ibadah, dan bekerja melayani masyarakat adalah sebuah kehormatan.

Hal itu dikemukakan Zumi Zola saat menjadi Inspektur Upacara Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama Tahun 2018 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61Provinsi Jambi, bertempat di halaman depan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Telanaipura, Rabu (3/1/2018).

Dalam sambutan tertulis Menteri Agama Republik Indonesia, H.Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan Gubernur Jambi disampaikan bahwa pada masa kini, tugas ASN semakin berat, dalam menghadapi zaman yang cepat berubah.

“Kita berada dalam lingkup masyarakat yang lebih luas yang meliputi warga global hingga generasi digital. Tuntutan publik terhadap kita semakin tinggi, terbuka, dan spontan, di sini diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespon semua tutuntan masyarakat terhadap kita semua," ujar Menteri Agama.

“Kita tidak boleh lagi berkerja dengan kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar. Dengarlah aspirasi dari berbagai arah agar kita dapat mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik, dan marilah kita latih kepekaan agar lebih memahami persoalan rill yang terjadi ditengah masyarakat sehingga dapat menentukan prioritas kerja," lanjut Menteri Agama.
Menteri Agama mengharapkan agar semua layanan di pusat dan di daerah sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam Sistim Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai Implementasi e-Goverment.

Selain itu, Zola mengatakan Hari Amal Bakti ke 72 Kementerian Agama tahun 2018 mengambil Tema "Tebarkan Kedamaian" tema tersebut dipilih karena pada hakikinya agama berfungsi menyampaikan kebaikan dan menebarkan kedamaian.

“Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia, kedamaian akan membawa kebahagian. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan, kedamaian merupakan pintu maslahat bersama dan dengan hanya hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang Tuhan yang hakiki," kata Zola.

Selanjutnya, Zola menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran Keluarga Besar Kementerian Agama di mana pun berada. "Saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran keluarga besar Kementerian Agama, Selamat Hari Amal Bakti ke-72, semoga pengabdian kita semua selalu mendapat ridho dari Allah SWT," ucap Zola.

“Mari kita menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan ikhlas serta jangan sekali-kali mempermainkan jabatan. Sebagai hamba Tuhan dan aparatur negara kita semua menyadari bahwa panggilan terbesar tentu adalah panggilan Tuhan, maka yakinilah bahwa panggilan Tugas melayani sesama, melayani masyarakat sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab kita masing-masing, hakekatnya adalah pengejawantahan dan manifestasi dari panggilan Tuhan." pesan Zola.

Usai upacara, kepada para wartawan yang mewawancarainya, Zola menyampaikan, sesuai dengan arahan Menteri Agama RI, dirinya harus memotivasi para ASN untuk dapat melayani dan membina seluruh umat beragama yang berada di daerah masing-masing termasuk di Provinsi Jambi dan kabupaten/kota, terutama dalam menjalankan ibadah dibutuhkan ketenangan dan keyamanan, tentunya Pemerintah Daerah bersama Kementerian Agama untuk selalu berkerja sama dalam mewujudkan kedamaian dalam melaksanakan ibadah. “Itu tugas pemerintah kepada masyarakat memberikan kedamaian dan ketenangan serta pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Zola.

“Pemerintah Provinsi Jambi terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama RI, apa-apa saja yang bisa Pemrov dukung demi kelancaran program kerja Kanwil Kemenag Provinsi Jambi. Tadi Pak Kanwil Kemeng melaporkan ada rencana untuk mendirikan Kantor Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di setiap kabupaten/kota di Provinsi Jambi ini, guna pengurusan calon jemaah haji agar tidak bolak balik ke provinsi cukup di kabupaten/kota masing-masing. Untuk di Kota Jambi sudah ada kantornya dan kabupaten lain belum ada. Untuk itu, perlu dukungan dari Pemda setempat agar menyediakan lahannya, fisiknya akan dibangun oleh Kementerian Agama, untuk dibangun secepatnya. Dengan adanya kantor terpadu ini sangat membantu sekali para jemah untuk mengurus surat-suratnya," jelas Zola.

Sebelumnya, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Jambi, Drs.H.Muhammad, M.Pd.I, Zola secara sembolis menyerahkan Satya Lencana Satya kepada ASN lingkup Kemenag Provinsi Jambi yang berkerja 30 tahun.

Turut serta pada kesempatan tersebut, Forkompimda Provinsi Jambi, para tokoh lintas agama, para OPD lingkup Kemenag Provinsi Jambi, para tokoh masyarakat dan para undangan lainya. (JP-Hms-Sapra Wintani)











Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar