Home » , » BPS Provinsi Jambi Suguhi Wartawan Ilmu Statistik Lewat Lokakarya

BPS Provinsi Jambi Suguhi Wartawan Ilmu Statistik Lewat Lokakarya

Written By jambipos-online on Kamis, 14 Desember 2017 | 21:25

Penyediaan Data Statistik Perlu Disajikan Media untuk Masyarakat
“Workshop Wartawan, mengenai “Indikator Strategis BPS” 2017 di Hotel O2 Weston, Ruang Cemara Lantai 1, Kamis (14/12/2017). Kegiatan ini dprakarsai oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi. (IST)

Jambipos Online, Jambi-Wartawan perlu memahami begitu pentingnya data statistik untuk diinformasikan kepada masyarakat. Para wartawan perlu diberikan wawasan dan pemahaman terhadap data statistik dan juga mengenai Badan Pusat Statistik (BPS) itu sendiri.

Hal itu diungkapkan Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiawan pasa acara “Workshop Wartawan, mengenai “Indikator Strategis BPS” 2017 di Hotel O2 Weston, Ruang Cemara Lantai 1, Kamis (14/12/2017). Kegiatan ini dprakarsai oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi.

Lokakarya wartawan ini dihadiri puluhan wartawan dari media cetak, elektronik dan media siber (daring). Kegiatan tersebut bertujuan untuk  memberikan pemahaman bagi para Wartawan tentang betapa pentingnya penyediaan dan pelayanan data statistik sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menurut Dadang Hardiawan, kegiatan workshop tersebut dilakukan dalam rangka memberikan wawasan kepada wartawan terhadap data statistik dan juga mengenai BPS. Materi awal mengenai selayang pandang BPS, kemudian dilanjutkan dengan materi bidang sosial dan distribusi, bidang produksi dan nerwilis.

Peserta workshop mendapat penjelasan mengenai data statistic, baik itu berupa pengenalan cara penghitungan angka pengangguran dan kemiskinan, angka produksi padi, Inflasi, Nilai Tukar Petani (NTP) dan eksport/import. 

Selain itu, wartawan juga mendapatkan penjelasan mengenai data Indeks Pembangunan Manusia (IPM). BPS Provinsi Jambi terus berupaya untuk meningkatkan kualitas data statistik yang dihasilkan, sehingga minat masyarakat untuk memanfaatkan data-data yang dikeluarkan BPS juga semakin tinggi.

“Kami berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan pemahan yang benar kepada wartawan terkait data statistik. Peran wartawan sangat kami butuhkan dalam menyebarkan informasi data statistik kepada masyarakat dengan bahasa jurnalistik yang tentunya akan lebih mudah dimengerti,” katanya. (JP-Lee)

Share this article :

Posting Komentar