Home » , » Zola Lepas Peserta Swayamvara Tripitaka Gatha Provinsi Jambi

Zola Lepas Peserta Swayamvara Tripitaka Gatha Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Wednesday, November 1, 2017 | 14:46

Jambipos Online, Jambi- Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli melepas peserta Swayamvara Tripitaka Gatha atau perlombaan melantunkan, melafalkan, membaca kitab suci agama Budha. Pelepasan dilaksanakan di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (31/10/2017). 

Peserta dari Provinsi Jambi akan bertanding pada tanggal 1 November hingga 5 November 2017 di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah. Provinsi Jambi mengirimkan total peserta 37 orang dan akan berlomba pada 8 cabang yaitu baca Dhammapada, Baca Paritta, Baca Liam Keng Dhammadesana Bahasa Indonesia, Dhammadesana Bahasa Inggris, Dhammadesana Bahasa Mandarin, menyanyi solo, cipta tari kreasi Buddhis. Acara yang digelar setiap tiga tahun ini akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia. 

Kehadiran para peserta ini didampingi oleh Pebimas Agama Budha, dan para pengurus agama Budha. Dalam pelepasan tersebut, gubernur memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan lomba dan mengharapkan para peserta dapat memberikan yang terbaik sehingga dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi. 

“Saya berharap tahun depan segera mengajukan proposal untuk meminta bantuan kepada pemerintah, sehingga pelaksanaan di tahun-tahun berikutnya tidak akan terkendala dalam hal pembiayaan," ujar Zola. 

Pada kesempatan ini juga, gubernur menegaskan kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Jambi sangat harmonis. 

“Kalau kita lihat kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Jambi dalam kondisi aman tentram dan ini patut kita syukuri, di provinsi lain ada yang mengalami kondisi yang tidak sama, dimana keberagaman menjadi isu sensitif walau beberapa waktu yang lalu ada gejolak bisa kita redakan," ungkap Zola. 

Zola menyampaikan bahwa sampai saat ini toleransi agama di Provinsi Jambi sangatlah baik, dan pemerintah sangat mendukung kegiatan keagamaan di Provinsi Jambi. 

“Beberapa waktu yang lalu kita menggelar Festival Candi Muarojambi yang kita rangkaikan dengan peringatan Hari Raya Waisak yang dihadiri oleh ribuan umat Budha dan ratusan Bhiksu, dan kami melihat respon dari masyarakat sangat baik. Untuk itu, pemerintah akan memperjuangkan infrastruktur menuju Candi Muarojambi," jelas Zola. (JP-Lee)




Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos