Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Tekuluk Jadi Andalan Dekranasda di Pameran Kriyanusa

Jambipos Online, Jakarta-Dewan Kerajianan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi menampilkan Tekuluk (ikat kepala wanita) khas Jambi dalam pameran Kriyanusa 2017, di Jakarta. Tekuluk ini sebagai kerajinan khas yang sangat ditonjolkan di pameran Kriyanusa 2017. 

Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Sherrin Tharia Zola di Jakarta, Minggu (1/10/2017), mengatakan Tekuluk merupakan identitas khas bagi wanita Jambi dan harus dilestarikan. 

Sebagai identitas khas Jambi, Dekranasda Provinsi Jambi bersinergi dengan Dekranasda kabupaten/kota terus berusaha melestarikan tekuluk tersebut. 

Dekranasda Provinsi Jambi katanya berkomiten mengangkat kembali Tekuluk Jambi ini agar dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya menggunakan tekuluk pada acara-acara resmi. 

“Ke depannya juga akan diberlakukan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) wanita, agar menggunakan tekuluk pada hari tertentu yang telah ditetapkan, serta dipadukan dengan baju Melayu Jambi dan Batik Jambi,” katanya. 

Kata Sherrin, sambutan masyarakat Jambi terkait tekuluk ini sangat positif sekali, karena tekuluk ini merupakan salah satu identitas khas dari Jambi, yang cara pemakaiannya sangat berbeda atau tanpa adanya jahitan maupun tanpa menggunakan peniti ataupun jarum pentul. 

“Tekuluk ini benar-benar dililitkan ke kepala dengan pola-pola yang berbeda. Tekuluk ini juga bisa digunakan sebagai fashion untuk wanita yang berjilbab, karena Tekuluk Jambi punya 94 model, setiap kabupaten/kota memiliki model tekuluk yang berbeda,” ujarnya. 

Selain itu kata Sherrin, Dekranasda Jambi juga telah mengadakan pelatihan untuk generasi muda, berupa pelatihan membuat boneka-boneka yang memakai tekuluk dengan menggunakan Batik Jambi. 

“Tujuannya agar anak-anak di Jambi bisa lebih mengenal warisan budaya Jambi sejak dini, melalui boneka-boneka yang mereka mainkan,” katanya. 

Pameran Kriyanusa Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional itu, digelar di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) dari 27 September hingga 1 Oktober dan diikuti sebanyak 381 stan. 

Pada kesempatan itu, juga dilakukan demo pemakaian Tekuluk Jambi yang diperagakan oleh pakar tekuluk dari Museum Siginjai Jambi, Nurlaeni dan disaksikan Ketua Umum Dekranas Pusat Hj.Mufidah Jusuf Kalla. 

Selain itu Dekranasda Jambi juga menampilkan baju kurung tradisional Provinsi Jambi yang dipadukan dengan Batik Jambi dan Tekuluk Jambi serta perhiasan-perhiasan khas Jambi dalam fashion show. 

Ada 10 model tekuluk yang diperagakan pada fashion show tersebut, yaitu Tekuluk Melati, Melati Terurai, Tudung, Bungo Pinang, Bungo Cempaka, Daun Putat, Kenduri Sko, Bungo Jeruk, Tekuluk Satu dan Rebung Terpancung. (JP-Rel)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar