Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Anggota Paspampres Gadungan Pura-pura Pesan Menu Pernikahan Kahiyang

Prewedding Kahiyang  (Foto: Instagram/@ayanggkahiyang)
Jambipos Online, Jambi-Pernikahan Kahiyang Ayu, putri Presiden Jokowi, yang semakin dekat dimanfaatkan orang jahil. Polresta Surakarta menangkap seorang anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) gadungan yang menipu sejumlah pengusaha rumah makan di Kota Solo dengan pura-pura akan pesan makanan untuk pernikahan Kahiyang.

Kepala Polres Kota Surakarta AKBP Ribut Hari Wibowo  mengatakan, pelaku penipuan sejumlah pengusaha rumah makan tersebut yakni Edi Prasojo (39), warga Mrican Purwodadi Margoyoso, Pati. Pelaku diperiksa di Mapolres Kota Surakarta.

Pelaku melakukan penipuan sejumlah pengusaha rumah makan di Solo dan sekitarnya. Misalnya, di Restoran Andrawina Hotel Novotel Solo, pada tanggal 14 Oktober 2017, sekitar pukul 19.00 WIB. Pelaku ditangkap oleh polisi di penginapan Wisma Berkah Tanah Abang Jakarta Pusat, pada Kamis (19/10/2017), bersama barang buktinya.

"Kami setelah mendapat laporan empat korban dan memeriksa rekaman closed circuit television (CCTV) yang dipasang di hotel itu, kemudian melakukan pengejaran terhadap tersangka," kata Kapolres yang didampingi Wakapolres AKBP Andhy Rifai.

Kapolres mengatakan pelaku melakukan penipuan dengan cara memanfaatkan adanya kegiatan pernikahan putri Presiden RI Joko Widodo, dengan mengaku seorang anggota Pasukan Paspampres dengan nama Letkol Budi.

Pelaku kemudian menemui empat pengusaha rumah makan, dan menyatakan menunya cocok untuk kegiatan pengamanan pernikahan putri Presiden RI Joko Widodo. Pelaku penyuruh pemilik rumah makan kumpul di restoran di Hotel Novotel sambil membawa sampel makanan yang rencananya akan dipesan.

Saat di restoran hotel, pelaku meminta handphone milik korban dengan alasan untuk dipasang alat global positiong system (GPS) agar dapat dipantau setiap hari. Setelah handphone milik korban dikumpulkan, pelaku menyuruh pemilik rumah makan menunggu sebentar karena handphone akan dipasangi GPS.

Namun, para korban setelah menunggu lama ternyata pelaku tidak kembali. Pelaku ternyata kabur dengan membawa sembilan unit handphone.

Polisi menemukan barang bukti dari tangan pelaku, antara lain dua lembar KTP atas nama Trimanto dan Triyana Ade Pamungkas, uang senilai Rp 3,688 juta, satu topi warna hitam bertuliskan Paspampres, 34 buah memory card, tujuh unit handphone berbagai merek. 

Pelaku menipu pengusaha restoran dengan cara akan memesan makanan kepada korbannya dengan harga Rp 20.000 per porsi sebanyak 8.000 porsi per hari dengan alasan untuk keperluan pernikahan Kahiyang-Bobby.

Menurut Kapolres, dari hasil pemeriksaan sementara tersangka mengaku melakukan penipuan terhadap korban dengan cara akan memesan makanan kepada korbannya dengan harga Rp 20.000 per porsi dengan jumlah sebanyak 8.000 porsi per hari dengan alasan untuk keperluan pernikahan Kahiyang-Bobby. Pernikahan pasangan ini seperti diketahui, digelar 8 November 2017.

"Pelaku mengaku sudah melakukan penipuan sebanyak 16 pemilik rumah makan, dengan cara yang sama di sebuah hotel. Dan, pelaku selama satu tahun ini sudah melakukan empat kali, di Hotel Aston, Novotel, dan Swiss-Bell dua kali," katanya.

Kapolres mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dan waspada dengan berbagai tindak penipuan untuk mengelabuhi korbannya dengan cara yang sama.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 378 dan atau Pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan, dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. (JP)


Sumber: kumparan.com

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar