Home » , » SD Xaverius 2 Jambi Kirim Ezer Twopama dan Athalia Pada Lomba Bercerita Tingkat SD Se Kota Jambi

SD Xaverius 2 Jambi Kirim Ezer Twopama dan Athalia Pada Lomba Bercerita Tingkat SD Se Kota Jambi

Written By jambipos-online on Wednesday, September 6, 2017 | 21:43

Ezer Twopama Manihuruk (Kelas IIB) dan Athalia Br Tarigan (Kelas III) dan Guru Pendamping Anwar pada Lomba Bercerita Perjuangan Rakyat Jambi Tingkat SD Se Kota Jambi di Museum Perjuangan Rakyat Jambi, Rabu (6/9/2017). Photo2: Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Sekolah Dasar (SD) Xaverius 2 Kota Jambi mengirimkan dua muridnya yakni Ezer Twopama Manihuruk (Kelas IIB) dan Athalia Br Tarigan (Kelas III) pada Lomba Bercerita Perjuangan Rakyat Jambi Tingkat SD Se Kota Jambi. Lomba yang selenggarakan Dinas Kebudayaan dan Parawisata Provinsi Jambi itu dilaksanakan di Museum Perjuangan Rakyat Jambi, Rabu (6/9/2017). 

Pada lomba  Lomba Bercerita Perjuangan Rakyat Jambi Tingkat SD Se Kota Jambi diikuti sebanyak 27 peserta dari Kelas II hingga Kelas VI dengan judul cerita yang berbeda. Pada lomba ini Ezer Twopama Manihuruk dan Athalia Br Tarigan didampingi guru pendamping SD Xaverius 2 Jambi, Anwar.

Pengamatan Jambipos Online, Ezer Twopama Manihuruk yang mendapat undian nomor 04 dan Athalia Br Tarigan no undi 20 tampil bagus dengan tidak luma pada hafalan naskah cerita. Cerita Ezer dengan Judul “Pertempuran Durian Luncuk” dan Atahlia judul ceritanya “Keris Siginjai”. 
Ezer Twopama Manihuruk (Kelas IIB) dan Athalia Br Tarigan (Kelas III).
“Penampilan Ezer dan Athalia sudah bagus dan tidak luma pada teks alur cerita. Mereka bisa menghafal naskah begitu lumayan panjang walau dalam persiapan seminggu. Ini sungguh luar biasa. Peran orang tua sangat mendukung pada kegiatan seperti ini. Peserta lain banyak juga yang lupa teks cerita dan bahkan ada yang sengaja membaca teks cerita. Namun Ezer dan Athalia bisa hafal narasi cerita,” ujar Anwar yang melatih Ezer dan Athalia selama sepekan ini.

Menurut Anwar, Ezer Twopama Manihuruk merupakan peserta paling kecil dari Kelas II SD. Sementara peserta lainnya rata-rata kelas IV hingga Kelas VI. “Kita mengirimkan peserta dari kelas II dan III SD, ini modal kita untuk lomba-lomba berikutnya. Kalau waktu persiapan lumayan, bisa lebih bagus lagi penampilan mereka dengan konsep yang menarik. Kita dapat informasi lomba ini terkesan mendadak, jadi persiapannya masih minim,” ujar Anwar.

Namun demikian, kata Anwar, penampilan Ezer dan Athalia sudah bagus. Walaupun nantinya tidak juara, setidaknya Ezer dan Athalia merupakan anak yang bertalenta untuk bisa diasah lagi untuk lomba-lomba sejenisnya.

Lomba bercerita ini dalam rangka “Pekan Kejuangan Rakyat Jambi 2017” dengan Tema: Merajut Sejarah Perjuangan Rakyat Jambi Dalam Bingkai NKRI”.

Pekan Kejuangan Rakyat Jambi 2017 ini memperlombakan empat kegiatan yakni Lomba Mewarnai Poster Perjuangan Tingkat TK se Kota Jambi, Lomba Drama Musikalisasi Perjuangan Tingkat SLTA Se Kota Jambi yang dilaksanakan Selasa (5/9/2017),  Lomba Bercerita Perjuangan Rakyat Jambi Tingkat SD Se Kota Jambi (6/9/2017) dan Lomba Musikalisasi Puisi Perjuangan Rakyat Jambi Tingkat SLTP Se Kota Jambi dilaksnakan Kamis (7/9/2017).

Juri pada lomba bercerita anak tingkat SD ini terdiri dari tiga juri dari Pejabat dari Museum Perjuangan Rakyat Jambi, Perpustakaan Kota Jambi dan seorang Jurnalis dari Harian Tribun Jambi. Sementara para pemanang dari empat lomba itu akan diumumkan pada Kamis (7/9/2017). (JP-Asenk Lee Saragih)
   
Ezer Twopama Manihuruk (Kelas IIB)

Ezer Twopama Manihuruk (Kelas IIB)

Ezer Twopama Manihuruk (Kelas IIB) saat tampil dengan Judul Cerita "Pertempuran Durian Luncuk"

Ezer Twopama Manihuruk (Kelas IIB) saat tampil dengan Judul Cerita "Pertempuran Durian Luncuk"
Athalia Br Tarigan (Kelas III) Saat Tampil.
 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos