Home » , , » Petani Batanghari Membutuhkan Jalan Produksi

Petani Batanghari Membutuhkan Jalan Produksi

Written By jambipos-online on Friday, September 1, 2017 | 23:21


Jambipos Online, Batanghari-Petani di Desa Senaning, Kabupeten Batanghari membutuhan jalan produksi sebagai akses untuk mengangkut hasil panen pertanian. Saat ini Desa Senaning telah didaulat menjadi salah satu sentra benih padi di Provinsi Jambi. Hingga kini petani di desa itu masih kesulitan akses karena belum ada jalan produksi. 

Bupati Batanghari Ir Syahirsah mengatakan pemasaran benih padi dari Kabupaten Batanghari tidak hanya dipasarkan di Muarabulian, namun juga menjangkau ke kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. 

“Kita telah bekerja sama dengan Sang Hyang Sri, sehingga pemasaran benih saat ini telah menyebar,” kata Syahirsah. 

Menurut Syahirsah, benih bermutu dapat dihasilkan karena petani mengolah lahan pertanian dengan baik. Jumlah hasil panen terus meningkat seiring bertambahnya luas lahan dari sebelumnya hanya 5 hektar menjadi 130 hektar. 
 
“Nah, untuk mengakut hasil pertanian untuk dipasarkan, petani menggunakan jalan produksi, amun hingga kini masih terbatas. Petani di sana juga membutuhkan lantai jemur karena daya tampung lantai jemur yang telah ada saat ini tak cukup lagi,” ujarnya. 

Sementara itu, Gubernur Jambi, H Zumi Zola merespon positif kebutuhan petani. Gubernur Jambi langsung memberikan bantuan untuk membuat lantai jemur. Tak hanya itu, Gubernur Jambi Zumi Zola juga memberikan bantuan sejumlah peralatan pertanian kepada petani Kabupaten Batanghari. 

Gubernur Jambi H.Zumi Zola Zulkifli didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola dan beberapa orang pejabat dari instansi terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi melakukan kunjungan kerja dalam rangka Penyerahan Bantuan Alat Mesin Pertanian, bertempat di Desa Senaning Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari, Kamis (31/8/2017). 

Bantuan yang diserahkan Gubernur Zola berupa 35 unit hand tractor, 11 unit pompa air, 1 unit traktor roda 4, 4 unit combine harvester, 5 unit mesin pemipil jagung, bibit tanaman karet program peremajaan karet, peralatan inseminasi buatan, benih ikan patin, nila dan lele sebanyak 62.500 ekor untuk 8 kelompok pembudidaya ikan, pakan ikan sebanyak 3.000 kg untuk 8 kelompok pembudidaya ikan, 3 unit bak lele, bantuan pemerintah dana APBN 2017 senilai 15 juta kepada masing-masing kelompok wanita tani sebanyak 5 kelompok, serta pemberian sertifikat tanah prona kepada masyarakat Kabupaten Batanghari. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos