Home » , » Melihat Antusiasme Masyarakat Nobar Film G30S PKI di Jambi

Melihat Antusiasme Masyarakat Nobar Film G30S PKI di Jambi

Written By jambipos-online on Saturday, September 30, 2017 | 23:26

Nobar Film Penghianatan G30S PKI dan Deklarasi Anti PKI , GM FKPPI, PPM, KNPI, HMI, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat Mahasiswa, Siswa di Makorem 042 Gapu Jambi, Sabtu (30/9/2017). Ist
Jambipos Online, Jambi-Antusiasme masyarakat Jambi untuk menonton film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) yang dipusatkan di dua titik, Sabtu (30/9/2017) sangat tinggi. Masyarakat tampak memadati halaman depan Balai Prajurit Makorem 042/Gapu di Kawasan Telanaipura, Kota Jambi dan juga di Pedistrian Taman Jomblo Kotabaru Jambi.

Danrem 042/Garuda Putih (Gapu) Kolonel Inf Refrizal dan Gubernur Jambi H Zumi Zola turut berbaur dengan masyarakat, Pelajar, Mahasiswa dan masyarakat untuk Nonton Bareng (Nobar) film G30S-PKI, di halaman depan Balai Prajurit Makorem 042/Gapu di Kawasan Telanaipura, Kota Jambi.

Nobar dimulai sekitar pukul 19.00 WIB. Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 042/Gapu Mayor Inf Jasman Bangun, mengatakan tujuan digelarnya nobar film G30S/PKI tersebut agar masyarakat NKRI tidak melupakan jasmerah, yakni jangan sampai melupakan sejarah.

“Tujuannya dilaksanakan Nobar ini guna mengingat kembali tragedi kelam pembunuhan tujuh pahlawan revolusi yang dibunuh PKI secara kejam dan sadis,” kata Bangun disela-sela nobar tersebut.

Disebutkan, apabila masyarakat Jambi paham dan memahami pemutaran film pemberontakan PKI tersebut, akan mempersempit ruang gerak PKI yang akan berusaha mengganti ideologi Pancasila dengan Faham Komunis.

Pemutaran film yang diselengarakan oleh Korem 042/Gapu menggunakan layar lebar ukuran 4X6 meter.

Selain itu, film yang akan diputar ini adalah yang asli, yakni selama sekitar empat jam dan tidak ada yang dipotong.

Semoga semua elemen masyarakat menonton film ini ada pesan moral yang bisa diambil dan diimplementasikan dalam bermasyarakat. Bahwa gerakan PKI tidak akan ada habisnya, sehingga kita harus tetap waspada dan jangan terpengaruh dengan ideologi komunis yang menyesatkan. Tanamkan semua kelima sila yang ada di Pancasila. Itulah tameng kita dalam mempersatukan NKRI.

Sementara ribuan masyarakat Jambi juga memadati di Taman Pedestarian Jomblo, Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu malam. Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi dan Kodim 0415/Batanghari menggelar Nobar film sejarah G30S/PKI. Walikota Fasha juga ikut nonton bersama tayangan film sejarah tersebut.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengungkapkan, penanyangan Nobar film G30S/PKI ini merupakan kerjasama antara Pemkot Jambi dengan Kodim. 

Menurut Fasha, menyaksikan film G30S/PKI tidak masalah. Sebab, sejarah yang pernah terjadi di Indonesia jangan pernah dilupakan oleh warga Indonesia sendiri. “Setiap sejarah perlu dicermati, selama belum ada pembandingnya kita bisa belajar dari yang ada. Jangan sekali-kali menghilangkan sejarah,” katanya.

Kegiatan tersebut juga bertemakan “Generasi kekinian tidak akan pernah melupakan sejarah bangsanya”.  Diharapkan kepada warga Kota Jambi untuk tetap menjaga Pancasila dan tidak bergerak secara sporadis. Artinya, warga harus tetap berpegang teguh pada Bhenika Tunggal Ika. (JP-Lee)

 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos