Home » , » Manajer Timnas U-19: Kami Siap Lawan Siapa Saja

Manajer Timnas U-19: Kami Siap Lawan Siapa Saja

Written By jambipos-online on Thursday, September 14, 2017 | 07:53

Tim nasional Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 Hadapi Thailand di Semifinal

Jambipos Online, Yangon- Tim nasional Indonesia U-19 sukses menjadi juara grup B dan lolos ke babak semifinal Piala AFF kategori tersebut setelah meraih kemenangan besar 8-0 saat bertemu Brunei Darussalam di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9/2017). 

Delapan gol Indonesia itu dicetak oleh M. Rafli (1', 42′, 45+1′), Egy (18′, 22′), Witan Sulaeman (41′, 66′), dan Hanis Saghara (68′).

Manajer Timnas U-19 Roni Fauzan bersyukur Rafly Mursalim dan kawan-kawan bisa lolos ke semifinal dan mengapresiasi perjuangan para pemainnya. 

"Garuda Nusantara menampilkan yang terbaik dan kami siap untuk melawan siapa saja. Kunci suksesnya semangat, pantang menyerah, fighting terus sepanjang pertandingan," ujarnya ketika dihubungi awak media setelah laga usai. 

"Fisik dari pemain Brunei juga sudah menurun tadi di babak kedua. Kalau saja tadi tidak hujan di babak kedua, mungkin bisa menang lebih dari delapan gol," tambah dia. Namun yang harus diingat, jalan menuju juara masih ada dua kali yakni babak semifinal dan final. 

"Untuk persoalan bonus Timnas U-19 tidak usah disebut, karena mereka masih remaja dan perjalanannya masih panjang. Jadi tidak perlu memikirkan soal uang," ujarnya.

Timnas Indonesia U-19 memastikan diri lolos sebagai juara Grup B Piala AFF U-18 2017, Rabu (13/9).

Myanmar Kalahkan Vietnam 2:1
Kepastian ini didapat setelah Myanmar menang secara dramatis atas Vietnam dengan skor, 2-1, Rabu malam pada pertandingan pamungkas Grup B.


Kendati mengumpulkan poin yang sama yaitu sembilan, Indonesia berada di puncak grup karena memiliki produktivitas gol yang lebih baik dibanding Myanmar serta Vietnam.


Bagi Myanmar kemenangan 2-1 atas Vietnam memastikan mereka lolos ke semifinal sebagai runner up Grup B.


Pada babak semifinal Indonesia U-19 akan bertemu Thailand yang berstatus sebagai runner up Grup A. Sementara itu tuan rumah Myanmar menantang Malaysia yang keluar sebagai juara Grup A.

Indra Sjafri: Ini Hasil yang Layak

Indra Sjafri.
Timnas Indonesia U-19 berhasil melaju ke semifinal Piala AFF U-18 setelah menggasak Brunei Darussalam, 8-0, Rabu (13/9). Menurut pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri hasil tersebut layak didapatkan anak-anak didiknya.

"Saya pikir hasil ini cukup layak. Delapan gol yang kami cetak menunjukkan kerja keras yang dilakukan di lapangan. Sekarang kami harus menanti apa yang akan terjadi pada pertandingan selanjutnya antara Myanmar melawan Vietnam," kata Indra kepada situs resmi ASEAN Football.


Indonesia hanya butuh 43 detik untuk menjebol gawang Brunei lewat aksi dari Muhammad Rafly Mursalim. Setelah itu gol-gol dari Egy Maulana Vikri (pada menit ke-18 dan 22), Witan Sulaeman (40 dan 67), dua gol tambahan dari Rafly pada menit ke-42 dan 45 serta Hanis Saghara Putra pada menit ke-68 membuat Garuda Nusantara berhasil menang telak 8-0.


"Tidak ada tim yang memulai pertandingan dengan berpikir bakal menderita kekalahan. Kami mencoba begitu keras, tapi Indonesia bermain dengan sangat terorganisir," kata pelatih Brunei Takao Fujiwara. 

Timnas Indonesia U-19 memburu kemenangan besar saat bertemu Brunei Darussalam pada laga pamungkas di Grup B, Piala AFF U-18, Rabu (13/9).

Babak I Indonesia 6:0
 
Striker Timnas U-19 Egy Maulana merayakan gol yang dicetaknya. (PSSI)
Di babak pertama, Garuda Nusantara sudah berhasil unggul dengan skor 6-0 atas Brunei. Timnas sudah unggul saat pertandingan baru memasuki menit pertama. Gol dari Rafly Mursalim sudah mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia saat pertandingan baru berjalan 43 detik saja.

Indonesia baru menambah gol kedua pada menit ke-18 lewat sepakan dari Egy Maulana. Skor berubah menjadi 2-0.

Pada ke-23 kembali sepakan dari Egy menjebol gawang Brunei dan mengubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia.
Indonesia berpesta gol pada menit ke-41 saat gol dari Witan Sulaeman mengubah skor menjadi 4-0.

Hanya berselang dua menit giliran Rafly yang mencetak gol untuk kedua kalinya. 5-0 untuk Garuda Nusantara!

Pada akhir babak pertama Indonesia berhasil menambah gol kembali lewat aksi dari Rafly. Hattrick Rafly mengubah skor menjadi 6-0. Skor 6-0 menutup pertandingan di babak pertama untuk keunggulan Timnas Indonesia U-19.

Curhat Pelatih Vietnam U-19 Setelah Kandas Secara Tragis
 
Pelatih Vietnam U-19, Hoang Anh Tuan (kiri) menyesalkan kegagalan timnya lolos ke babak semifinal Piala AFF U-18. (Bola.com/Aning Jati)

Vietnam diliputi kesialan dalam kurun waktu 20 hari terakhir. Setelah Timnas U-22 mereka tersingkir di SEA Games 2017, giliran langkah Timnas Vietnam U-19 yang terhenti di Piala AFF U-18 2017.

Baik Timnas U-22 maupun U-19 dianggap memeragakan permainan apik. Mereka tampil memukau di awal-awal turnamen. Namun, mereka tak kuasa melawan ketidakberuntungan lantaran apes saat menjalani laga krusial.

Pelatih Timnas Vietnam U-19, Hoang Anh Tuan, berkomentar atas hal ini. "Ya, inilah sepak bola, terkadang tim yang main bagus gagal menang. Tapi, selamat buat Myanmar," ujarnya seusai pertandingan.

Pelatih Timnas Vietnam U-20 di Piala Dunia U-20 2017 itu mengaku kecewa dengan kegagalan tim asuhannya melaju ke semifinal lantaran targetnya adalah membawa The Young Golden Stars hingga ke pertandingan puncak.

"Kami membuat kesalahan kecil menjelang akhir pertandingan. Kiper lengah dan mampu dimanfaatkan Myanmar. Kesalahan kecil itu membuat kami out dari turnamen dan harus pulang lebih dini," imbuh sang pelatih.

Vietnam, yang terlebih dulu unggul lewat gol Nguyen Hong Son menit kedua. Namun, Myat Kaung Khant mengubah skor jadi 1-1 menit ke74, dan Vietnam akhirnya kalah setelah Lwin Moe Aung menjadikan Myanmar memimpin 2-1 hanya empat menit sebelum waktu normal pertandingan usai.

Selain itu, Hoang Anh Tuan menyesalkan regulasi yang membuat tim asuhannya harus tersingkir meski memiliki poin dan selisih gol sama dengan Myanmar, yang keluar sebagai runner-up Grup B.

"Regulasi yang menghentikan kami. Saya tak habis pikir mengapa regulasi semacam ini diterapkan dalam sebuah turnamen, karena semestinya tidak seperti ini," cetusnya.

Setelah kalah dari Myanmar dengan skor 1-2, Timnas Vietnam U-19 memang mengoleksi poin sama dengan tim tuan rumah, yakni sembilan. Selisih gol kedua tim juga sama, 14. Berdasarkan regulasi, Myanmar yang berhak melaju ke semifinal karena memenangi perhitungan head to head atas tim lawan.

 Netizen Puji Keberhasilan Timnas U-19 Lolos ke Semifinal

Pujian diberikan netizen setelah Timnas Indonesia U-19 memastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-18 2017 dengan mengalahkan Brunai darussalam 8:0.  (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Brunei Darussalam 8-0 pada laga terakhir Grup B Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Yangon, Rabu (13/9/2017). Hasil ini membawa Tim Garuda Nusantara lolos ke babak semifinal.
 
Hattrick dari Muhammad Rafli Mursalim, dua gol dari Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman, serta satu gol dari Hanis Saghara mewarnai kemenangan atas Brunei. Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-19 memuncaki klasemen sementara Grup B dengan torehan sembilan poin.

Keberhasilan anak asuh Indra Sjafri melaju ke semifinal ramai jadi perbincangan di media sosial, salah satunya twitter. Bahkan, tagar #TimnasDay dan #AFFU18 kembali memuncaki trending topic Twitter hari ini.

@SuBermartabat “Semangat Pantang Menyerah Pasukan Garuda Muda terus membara. Gol demi gol terus dilesatkan Pasukan Garuda Muda. Lanjutkan #TimnasDay.”

@LuizLindo77 “#TimnasDay, Ayo Garuda Nusantara, hancurkan Rumah tangga Brunai, supaya Vietnam dan Miyanmar tidak bisa Poligami #AFFU18”

@azhar_muhamadF “FT : Indonesia 8-0 Brunei. Alhamdulillah kemenangan yg dinanti datang. #TimnasDay #GarudaNusantaraJuara.”

@Wisnuwis_fm “Selamat Timnas Indonesia,..... Berhasil lolos ke semifinal AFFU18 Championship 2017.. Kalian luarbiasa... #TimnasDay #AFFU18.

Meski telah memastikan lolos, Timnas Indonesia U-19 masih belum mengetahui apakah menghadapi Malaysia atau Thailand di semifinal. pada Jumat (15/9/2017). Kepastian calon lawan Timnas Indonesia U-19 baru akan diketahui setelah laga Vietnam melawan Myanmar  yang saat ini sedang berlangsung. (*)

(Berbagai Sumber/JP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos