Home » , » Lewat Pameran Buku Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Lewat Pameran Buku Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Written By jambipos-online on Tuesday, September 19, 2017 | 18:12

SMA Xaverius II Jambi Juara Lomba Perpustakaan Se Provinsi Jambi 
Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik menyerahkan Piala dan Hadiah Juara I Lomba Perpustakaan SMA, MA, SMK Se Kota Jambi 2017 kepada Sekolah SMA Xaverius Dua Kota Jambi., Selasa (1/9/2017). Foto Istimewa Erika Odilia (FB).
Jambipos Online, Jambi-Guna meningkatkan minat baca masyarakat di Provinsi Jambi, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Jambi melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi menggelar Pameran Buku dalam rangka hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2017.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi, Syamsurizal, Selasa (19/9/2017) mengatakan pada tanggal 14 September merupakan hari Pengunjung Perpustakaan sedangkan Bulan September merupakan Bulan Gemar membaca, karena masih banyak masyarakat indonesia saat ini minat bacanya masih kurang.

“Pameran ini akan berlangsung selama dua hari, mulai hari ini Selasa dan berakhir besok Rabu 20 September. Hal ini dilakukan agar minat baca anak-anak terus meningkat. Perpustaan Wilayah Provinsi Jambi juga berusaha memaksimalkan mempromosikan perpustakaan, salah satunya adalah pameran buku yang dilakukan seperti saat ini. Kita terus berbenah, agar pengunjung perpustakaan selalu betah dan akan berusaha memenuhi kebutuhan buku yang dibutuhkan,” ujar Syamsurizal.

Selain itu, Syamsurizal juga memiliki program Rotasi Buku, yang akan dilakukan di Polda Jambi dan Polresta Jambi, dan tidak menutup kemungkinan akan juga ada Rotasi Buku di Polsek-polsek.
“Pada tahun ini kita akan rotasi buku seperti di LP-LP sebanyak 1000 buku, karena musibah banjir kemaren buku kita juga terendam semuanya. Selama 3 bulan buku itu kita tarik dan diganti buku yang baru,” katanya. 


Hari Kunjungan Perpustakaan dengan kegiatan Pameran Buku, Penyerahan Hadiah Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan, Perpustakaan SMA/SMK/MA, Pustakawan Berprestasi Terbaik, serta Lomba Bercerita Bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di Grand Hotel, Kota Jambi, Selasa (19/9/2017).


Sementara Pj.Sekda Provinsi Jambi, Drs H Erwan Malik,MM berharap agar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah bisa mendorong peningkatan minat baca masyarakat, guna meningkatkan wawasan dan pemikiran masyarakat.


“Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi, saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan mampu berkontribusi dalam upaya meningkatkan frekuensi kunjungan masyarakat Jambi sekaligus kecintaan terhadap perpustakaan, khususnya Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi untuk meningkatkan minat membaca bagi masyarakat,” katanya.

Erwan Malik juga mengimbau para orangtua untuk mendorong anak supaya gemar membaca buku." Kita sebagai orang tua harus mendorong anak-anak agar gemar membaca, mencintai membaca serta menanamkan hobi bagi anak untuk membaca,” katanya.

Erwan Malik  engharapkan supaya kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi memicu dan memotivasi masyarakat Jambi untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi yang aktual, lengkap, terpercaya, gratis menjadi anggota sekaligus peminjam buku perpustakaan, yang informasinya murni bukan hoax. 

“Tujuan diadakan kegiatan ini untuk menarik minat masyarakat memaanfatkan perpustakaan, menumbuhkan motivasi anak untuk membaca dan mengali ilmu pengetahuan,” kata Erwan Malik.

Disebutkan, membangun dan mengembangkan perpustakaan di Indonesia, merupakan tanggung jawab bersama. "Sesuai dengan amant Undang-Undang No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, PP No.24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan UU tentang Perpustakaan yang bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas pengetahuan dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Erwan Malik.

“Siapa yang menguasai informasi dan teknologi dialah menguasai bumi, artinya barang siapa yang banyak membaca dan belajar itulah yang berhasil, itulah pentingnya membaca," ujarnya.

Erwan Malik meminta buku-buku yang ada di perpustakaan di Provinsi Jambi hendaknya buku-buku terbaru. “Saya minta buku yang ada di perpustakaan hendaknya buku-buku terbaru dan sekali 3 bulan ditambah dan diisi buku baru," ujarnya.

Erwan Malik berharap agar Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi  Jambi untuk terus berupaya mempromosikan perpustakaan kepada masyarakat demi terwujudnya masyarakat Jambi yang gemar membaca, sehingga dapat berkontribusi bagi terwujudnya jambi TUNTAS 2021.

“Dengan membaca, kita bisa menambah wawasan kita, Provinsi Jambi ini banyak orang yang bisa mengangkat akar budaya lokal yang ada," katanya. Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung perpustakaan dan peningkatan minat baca bagi masyarakat, Pemerintah Provinsi Jambi berencana memindahkan aktivitas perkantoran perpustakaan dan arasip daerah ke gedung yang lain, melihat minat masyarakat terus bertambah.

“Sekarang saja sudah mencapai 400 orang per hari, mudah-mudahan tahun depan kita sudah dapat lokasinya,” sebut Erwan Malik. 

Pada kesempatan itu Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik menyerahkan Piala dan Hadiah Juara I Lomba Perpustakaan SMA, MA, SMK Se Provinsi Jambi 2017 kepada Sekolah SMA Xaverius Dua Kota Jambi. (JP-Lee)
 

Pada kesempatan itu Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik menyerahkan Piala dan Hadiah Juara I Lomba Perpustakaan SMA, MA, SMK Se Provinsi Jambi 2017 kepada Sekolah SMA Xaverius Dua Kota Jambi. (JP-Lee)


SMA Xaverius II Jambi Juara Lomba Perpustakaan Se Provinsi Jambi

SMA Xaverius II Jambi Juara Lomba Perpustakaan Se Provinsi Jambi

Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik (kiri) menyerahkan Piala dan Hadiah Juara I Lomba Perpustakaan SMA, MA, SMK Se Kota Jambi 2017 kepada Sekolah SMA Xaverius Dua Kota Jambi., Selasa (1/9/2017). Foto Istimewa Erika Odilia (FB).











 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos