Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Jokowi: Perubahan Perniagaan Offline ke Online Harus Dicermati

Foto: Biro Pers Setpres
Jambipos Online-Ada pergeseran perniagaan dari dunia offline menuju online. Daripada jauh-jauh ke toko atau ke mal karena macet di jalan, sekarang tinggal mengeluarkan telepon genggam, buka aplikasi, dan pesan. 

Tinggal tunggu barangnya diantar sampai ke rumah. Perubahan ini harus dicermati oleh para pelaku usaha. Kepada mereka yang hadir di Indonesia Business and Development Expo di Jakarta, kemarin (21/9/2017), saya ingatkan bahwa kita sudah berada di era perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat. 

Pergeseran-pergeseran itu tak hanya terjadi dalam pola konsumsi, tapi juga pada pola kerja dan produksi. Dulu orang harus keluar uang Rp50.000-Rp75.000 untuk beli DVD. 

Sekarang, ratusan ribu video gratis di Youtube, Facebook, dan Instagram bisa kita lihat dan pakai. Dulu orang harus keluar uang untuk beli buku, koran, majalah, sekarang segala macam berita dan tulisan gratis ada di internet. 

Namun di tengah perubahan itu, muncul pula peluang-peluang baru. Banyak sektor lain yang justru semakin tumbuh sebagai efek berantai dari perkembangan yang ada. 

Kafe dan restoran, tempat anak-anak muda milenial berkumpul dan berfoto bersama, semakin semarak. Biro perjalanan dan pariwisata bertumbuh dahsyat dan semakin cepat. 

Sektor pariwisata bertumbuh 10-15 persen di saat ekonomi kita tumbuh lima persen per tahun. Sudah siapkah Anda dengan semua perubahan itu? (FB-Presiden Joko Widodo)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar