Home » , , , » Zola Apresiasi Desa Bungo Antoi Tabir Selatan Jadi Sentra Peternakan Kambing

Zola Apresiasi Desa Bungo Antoi Tabir Selatan Jadi Sentra Peternakan Kambing

Written By jambipos-online on Monday, August 14, 2017 | 08:23

Gubernur Jambi H Zumi Zola saat menyerahkan bantuan 50 ekor indukan kambing kepada Peternakan Ternak Kambing milik Kelompok Tani Ternak Segar Waras Jaya dan Kelompok Tani Ternak Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi RT 17, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) siang. Photo: Asenk Lee Saragih.
Jambipos Online, Merangin-Gubernur Jambi H Zumi Zola mengapresiasi Desa Bungo Antoi, Kecamatan Tabir Selatan, sebagai sentra peternakan kambing di Kabupaten Merangin. Saat ini di desa itu sudah ada sekitar 1.500 ekor indukan kambing di Desa Bungo Antoi. 

Hal itu dikatakan H Zumi Zola saat memberikan sebanyak 50 ekor induk kambing kepada Kelompok Tani Ternak Segar Waras Jaya dan Kelompok Tani Ternak Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi RT 17, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) siang. 
Gubernur Jambi H Zumi Zola pada acara penyerahan bantuan 50 ekor indukan kambing kepada Peternakan Ternak Kambing milik Kelompok Tani Ternak Segar Waras Jaya dan Kelompok Tani Ternak Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi RT 17, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) siang. Photo: Asenk Lee Saragih.
“Bantuan 50 ekor indukan kambing ini akan dimonitor oleh Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi. Kalau bantuan ini berhasil akan menambah bantuan indukan kambing untuk menfokuskan Desa Bungo Antoi jadi sentra mandiri peternakan kambing di Kabupaten Merangin secara khusus dan di Provinsi Jambi pada umumnya,” katanya. 

Disebutkan, para kelompok tani juga diminta untuk merawat bantuan indukan kambing sehingga dapat dikembangkan secara khusus oleh warga Desa Bungo Antoi. Selain bantuan indukan kambing, Pemprov Jambi juga akan mengembangkan peternakan ikan darat lewat kolam tambak. 

“Kami juga sudah memberikan bantuan sebanyak 45 ribu bibit ikan lele dan nila kepada seluruh kelompok tani di Kabupaten Merangin yang memiliki potesi untuk budidaya ikan lela dan nila. Hal ini guna mewujudkan swasembada ikan air tawar untuk dapat dinikmati masyarakat setempat,” katanya. 
Peternakan Ternak Kambing milik Kelompok Tani Ternak Segar Waras Jaya dan Kelompok Tani Ternak Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi RT 17, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) siang. Photo: Asenk Lee Saragih.
Sebelumnya Bupati Merangin Al Haris mengatakan, bahwa Desa Bungo Antoi sudah diprioritaskan sebagai sentra ternak kambing di Kabupaten Merangin. Saat ini sudah ada populasi sekitar 1.500 indukan kambing yang diternakkan oleh para kelompok tani di Desa Bungo Antoi. 

“Dengan penerapan Perda Ternak di Merangin, saat ini tidak ada lagi masyarakat yang memelihara ternak secara liar. Sehingga petani sudah dapat memanfaatkan lahan mereka untuk bercocok tanam, khususnya tanaman pangan. Namun resikonya saat ini Merangin kekurangan pasokan ternak kambing sehingga harus mendatangkan dari daerah lain seperti Sumbar dan Lingau. Dengan pengadaan sentra peternakan kambing di Desa Bungo Antoi diharapkan dapat menjadi produsen ternak kambing di Kabupaten Merangin,” ujarnya. 

Al Haris menambahkan, Pemkab Merangin juga saat ini sudah membentuk tim dalam pengembangan ternak kambing di Desa Bungo Antoi secara khusus dan daerah lainnya di Merangin. Pemkab Merangin bekerjasama dengan Pemprov Jambi untuk mengembangkan ternak kambing di Desa Bungo Antoi. 

Disebutkan, di Kecamatan Pamenang juga sudah dibuatkan peternakan sapi untuk mewujudkan kebutuhan daging saat Idul Fitri dan juga hari raya lainnya. (JL-Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos