Home » , , » Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Zola Berikan Bantuan Ternak dan Ikan

Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Zola Berikan Bantuan Ternak dan Ikan

Written By jambipos-online on Monday, August 14, 2017 | 09:57

50 Ekor Kambing dan 52.000 Ekor Indukan Lele Diberikan kepada Kelompok Tani 
Zola memberikan bantuan 50 ekor kambing dan 52.000 ekor indukan ikan lele Kelompok Tani Seger Waras Jaya dan Kelompok Tani Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) sore. Photo2: Humas
Jambipos Online, Merangin- Gubernur Jambi, H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Untuk itu, program ekonomi kerakyatan digulirkan, diantaranya melalui peternakan dan budidaya ikan. Zola mengatakan, peningkatan ekonomi kerakyatan melalui pengembangan peternakan dan budidaya ikan juga ditujukan untuk memperkuat swadaya pangan. 

Sejalan dengan upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan dan swadaya pangan tersebut, Zola memberikan bantuan 50 ekor kambing dan 52.000 ekor indukan ikan lele Kelompok Tani Seger Waras Jaya dan Kelompok Tani Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) sore. 

Gubernur Zola menyatakan, sesuai dengan yang disampaikan oleh Bupati Merangin, Desa Bungo Antoi akan dijadikan sebagai desa sentra peternakan kambing di Kabupaten Merangin. 

"Bantuan yang diberikan, akan kami monitoring perkembangannya, jika bantuan yang diberikan bisa sukses dan kelompok tani yang diberikan bantuan bisa mengelola dengan baik maka bisa saya tambah lagi bantuannya," ujar Zola. 

"Saya sangat mengharapkan supaya kelompok tani yang sudah diberikan bantuan bisa meningkatkan produktivitas panennya melalui bantuan dari para penyuluh yang memberikan bimbingan," kata Zola. 

Gubernur Zola menerangkan, selain bantuan ternak dan ikan, Pemerintah Provinsi Jambi juga memiliki program cetak sawah yang ada di Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi. 

"Saya himbau Kepala Desa, jika di desanya terdapat lahan yang bisa digunakan untuk sawah, silahkan memberitahu kepada Pemerintah Provinsi Jambi melalui Pemerintah Kabupaten, supaya kami bisa melakukan cetak sawah," ungkap Zola. 

Lebih lanjut, Gubernur Zola mengatakan, bila masyarakat komitmen dengan lahan pertanian, nantinya Pemerintah Provinsi Jambi juga akan membantu alat pertanian, bibit, pupuk, dan penyuluh pertanian untuk membimbing masyarakat dalam melaksanakan pertanian. 

Bupati Merangin, H. Al Haris,S.Sos,MH menyampaikan, Desa Bungo Antoi akan dijadikan sebagai desa sentra kambing di Kabupaten Merangin, karena populasi kambing di Desa Bungo Antoi sampai saat ini mencapai 1.500 ekor. 

"Jika masyarakat desa ini komitmen dalam memgelola peternakan kambing, maka Pemerintah Provinsi Jambi beserta Pemerintah Kabupaten Merangin akan membimbing dan terus membantu desa ini untuk mengembangkan ternak kambingnya," tutur Haris. 

Lebih lanjut, Al Haris menambahkan, selain kambing, Pemerintah Kabupaten Merangin juga telah mulai mengembangkan sentra sapi di Kecamatan Pamenang. 

"Alhamdulillah, sampai saat ini sudah ada puluhan induk sapi, ini dilakukan untuk mengatasi kekurangan daging sapi dimana permintaan saat tinggi saat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha," terang Haris. (JP-Humas-Richi)




Zola memberikan bantuan 50 ekor kambing dan 52.000 ekor indukan ikan lele Kelompok Tani Seger Waras Jaya dan Kelompok Tani Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) sore. Humas
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos