Home » , , , , , » Terguncang-guncang Melintasi Jalan Kabupaten di Merangin

Terguncang-guncang Melintasi Jalan Kabupaten di Merangin

Written By jambipos-online on Tuesday, August 15, 2017 | 16:49

Oleh: Asenk Lee Saragih 
 
Gubernur Jambi H Zumi Zola (kemeja merah) didampingi Bupati Bungo (kiri) dan Wakil Bupati Bungo Dwi Aprianto (kanan) saat meninjau proyek pelebaran jalan lintas Bungo menuju Bandara Bungo, Minggu (13/8/2017) pagi. Proyek ini dikerjakan oleh PT Rudi Agung Laksana. Photo: Asenk Lee Saragih.
Jambipos Online, Merangin-“Aduh sakit pinggang aku. Perutku terguncang-guncang”. Begitulah celoteh sejumlah jurnalis saat mengikuti kunjungan kerja Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli ke Kabupaten Merangin dan Kabupaten Muarobungo Sabtu-Minggu 12-13 Agustus 2017 lalu. 

Apa yang dirasakan jurnalis itu, memang betul adanya. Pada Sabtu lalu rombongan Humas Provinsi Jambi dan jurnalis mengikuti kunjungan kerja Gubernur Jambi H Zumi Zole ke Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) sore. 

Dari Desa Bungo Antoi dilanjutkan ke Desa Rantau Ngarau Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin. Esok harinya melanjutkan perjalanan ke acara Pengajian dan Tabligh Akbar Ikatan Muslim Kuamang Kuning (IMKK), bertempat di Lapangan Bola Kuning Gading Unit 17 Dusun Kuning Gading Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, Minggu (13/8/2017) pagi. 

Sungguh perjalan yang begitu melelahkan dengan jarak tempuh puluhan kilometer. Kecematan mobil Gubernur Jambi dan PJR yang begitu cepat harus diimbangi mobil rombongan Humas Provinsi Jambi. Yah terguncang-guncanglah perut dan sakit pinggang. 

Kondisi jalan kabupaten dari Desa Bungo Antoi Kecamatan Tabir Selatan ke Desa Rantau Ngarau Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin sungguh memprihatinkan. Kondisinya banyak berlobang dan terkelupas tanpa aspal. 

Kondisi ini sudah lama dan sudah menjadi keseharian masyarakat setempat. Kondisi jalan kabupaten di Merangin sungguh memprihatinkan. Pantas saja warga mengeluh dan terus meminta bantuan kepada Pemerintah Provinsi Jambi. 

Perbaikan jalan kabupaten di Merangin mumbutuhkan dana yang tidak sedikit. Kalau hanya mengandalkan APBD Merangin, dinyakini tidak akan sanggup. Dalam kunjungan dua hari itu, Gubernur Jambi H Zumi Zola memahami kondisi masyarakat yang kerap megeluh soal jalan rusak. 

“Sekitar 80 persen keluhan masyarakat di seluruh kabupaten di Provinsi Jambi adalah soal jalan. Ini tentunya menjadi perhatian serius pemerintah. Anggaran Pemprov Jambi untuk menangani jalan di Provinsi Jambi sungguh terbatas. Sehingga perbaikan dilakukan secara bertahap dan secara merata di seluruh kabupaten,” ujar Zumi Zola dihadapan masyarakat saat kunjungan kerja tersebut. 

Zumi Zola juga mengajak kepala daerah untuk bersinergi dan berbagi anggaran untuk mengatasi kerusakan jalan kabupaten di Merangin dan Muarobungo. 

“Saya harapkan Bupati untuk dapat bersinergi dan saling bahu membahu membangun jalan-jalan yang rusak ini secara bertahap. Para bupati juga kita harapkan untuk bisa melibatkan perusahaan-perusahaan untuk berkontribusi dalam pembangunan jalan di daerah,” katanya. 

Sementara kondisi jalan ruas provinsi di Kabupaten Merangin dan Muarobungo kondisinya kini cukup baik. Hanya sebagian jalan kini dalam proses pelebaran dan penambalan sejumlah titik. (JP*)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos