Home » , » Sampaikan Pidato Kenegaraan, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Bugis

Sampaikan Pidato Kenegaraan, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Bugis

Written By jambipos-online on Wednesday, August 16, 2017 | 14:52

Jambipos Online, Jakarta-Tepat pukul 08.40 WIB, Rabu (16/8/2017), iring-iringan mobil pengantar Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) tiba di Gedung MPR/DPR RI. Kemudian, tepat pukul 09.00 WIB keduanya tiba ruang rapat paripurna I gedung parlemen Senayan Jakarta. Terlihat mengenakan pakaian adat Bugis, Presiden Jokowi tampil gagah dengan peci dan sarung. 

Sedangkan, Wapres JK terlihat mengenakan pakaian adat Jawa lengkap dengan beskap, blangkon dan keris yang diselipkan di ikat pinggang bagian belakang. 

Keduanya, tampak bertukar pakaian adat. Sebagaimana diketahui, Jokowi berasal dari Solo, Jawa Tengah dan JK dari Makasaar, Sulawesi Selatan. Tak hanya Presiden Jokowi dan Wapres JK, istri mereka yang ikut mendampingi juga terlihat mengenakan pakaian adat. Ibu Iriana Joko Widodo terlihat cantik mengenakan pakaian adat Bali dengan kebaya berwarna merah lengkap dengan hiasan kepalanya. 

Sedangkan, Ibu Mufidah Jusuf Kalla terlihat mengenakan kebaya panjang berwarna biru yang merupakan gaya berbusana andalannya Sebelum memasuki ruang paripurna, bersama dengan pimpinan MPR, Presiden Jokowi dan Wapres JK sempat berfoto di depan latar bergambar peta Indonesia dan logo 72 Tahun Kemerdekaan RI. 

Berdasarkan pengamatan, semua pimpinan kementerian/lembaga turut hadir. Demikian juga, mantan pemimpin bangsa, seperti Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Tetapi, hingga acara dibuka, belum tampak Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Tampak hadir mantan Wapres Try Sutrisno dan Boediono, istri Presiden ke-4 RI, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid, dan istri mantan Wapres Umar Wirahadikusuma, Karlina. Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi dijadwalkan membaca pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI, pukul 09.25 WIB. 

Dilanjutkan, membacakan pidato kenegaraan dalam rangka 72 tahun kemerdekaan dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI. Kemudian, menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2018 dan nota keuangan dalam rapat paripurna DPR RI. 

Agenda penyampaian pidato kenegaraan dan juga nota keuangan merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan presiden setiap tanggal 16 Agustus, dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI. (JP-03)

Sumber: Suara Pembaruan
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos