Home » , » Pesona Negri Jambi

Pesona Negri Jambi

Written By jambipos-online on Tuesday, August 1, 2017 | 08:37

Jembatan Padestrian, Foto : Jambi.tribunnews.com
Jambipos Online-Jambi adalah sebuah provinsi yang ada di Indonesia tepatnya berada di pesisir timur di bagian tengah pulau Sumatera. Jambi merupakan salah satu provinsi yang ibu kotanya bernama sama dengan nama provinsinya. 

Provinsi yang luas wilayahnya 53.435 km ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 3.458.926jiwa (data BPS tahun 2016),dari jumlah tersebut Provinsi Jambi termasuk kota yang berpenduduk jarang dibanding dengan penduduk di Pulau Jawa.

Mayoritas penduduk di   daerah Jambi75% beragamaI slam. Jambi memiliki ragam suku dan bahasa karena Jambi merupakan salah satu kotanya para transmigran. Namun suku asli Jambi adalah Suku Anak Dalam dan bahasa yang digunakan oleh pendudukasli (pribumi) adalah Bahasa Melayu.

Selain suku dan bahasa yang beragam, kota yang terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota ini menyimpan banyak potensi wisata yang elok nan asri. Kali ini penulis akan mengajak para pembaca untuk mengeksplor Jambi. Kita harus tahu apa dan dimana Jambi menyimpan potensi tersebut.

1. Jembatan Padestriandan Menara Gentala Arasy

Jembatan Padestriandan Menara Gentala Arasy.IST

 Objekwisata yang sering disebut dengan Jembatan Gentala Arasy ini adalah salah satu objek wisata yang wajib anda kunjungi.Bangunan ini diresmikan pada tanggal 28 Maret 2015 oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. 

Menara Gentala Arasy adalah museum budaya dengan corak arsitektur Islam, terdapat pula jam besar yang dapat dilihat dari kejauhan  dipuncak menara museum tersebut.

Untuk sampai ke Menara Gentala Arasy maka kita harus menyebrangi Jembatan Padestrian, karena menara tersebut berada di ujung Jembatan Padestrian. Jembatan yang terbentang diatas Sungai Batanghari ini memiliki bentuk yang berkelok-kelok, disini anda bisa dengan gratis menikmati pemandangan dari atas jembatan.

2. CandiMuaro Jambi

CandiMuaro Jambi, Foto : rysander85.blogspot.com

Dahulu Jambi berada dibawah kekuasaan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Melayu, jadi kemungkinan besar candi tersebut adalah peninggalan kerajaan tersebut. Candi yang diperkirakan berasal dari abad ke-11 M itu merupakan komplekpercandian Agama Hindu-Budha.

Komplek percandian ini merupakan komplek percandian terbesar di Pulau Sumatera yang tepatnya berada di Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi.

3. Air Terjun Tegan Kiri
Air Terjun Tegan Kiri, Foto ronalsaputraa.blogspot.com

Di Kabupaten Bungo Provinsi Jambi kita juga bisa menemukan objek wisata yang tidak kalah menarik, AirTerjun Tegan Kiri. Air terjun dengan ketinggian 10 meter ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan masih asri.

Sumber air terjun tegan kiri dari perbukitan dengan ketinggian 26 meter. Untuk menuju kelokasi kita harus menempuh jarak kurang lebih 30 km dari Ibu kota Kabupaten Bungo dengan perjalanan darat.

4. GeoparkMerangin


Akan rugi rasanya bila kita tidak tahu dengan tempat wisata yang satu ini. Ya, siapa yang tidak tertarik dan penasaran dengan objekwisata ini, wisata alam yang menyuguhkan fosil flora berusia 350 juta tahun ini akan memberikan pengalaman wisata yang sangat menarik, karena pemandangan fosil tua yang ada di Geopark ini benar-benar sangat menakjubkan. 

Selain itu, kegiatan arum jeram yang harus ditempuh untuk mencapai lokasi fosil flora ini juga sangat menantang adrenalin para wisatawan. Lokasi Geopark berada di Kabupaten Merangin, tepatnya di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap.
GeoparkMerangin, Foto mangobay.co.id

5. Perkebunan The Kayu Aro


Perkebunan TehKayuAro, Foto: Kerincizone.com

Perkebunan teh yang berada di kaki Gunung Kerinci ini adalah perkebunan the tertua dan tertinggi kedua di dunia setelah perkebunan the Darjeling di Himalaya. Ini merupakan objekwisata yang patut di banggakan oleh masyarakat Jambi. 

Keindahan kebunteh Kayu Aro tidak kalah dengan kebun teh di kawasan Jawa Barat atau di wilayah-wilayah lainnya di Pulau Jawa. Perkebunan ini tepatnya berada di Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci,434 km dari pusat Kota Jambi.

Objek wisata lain yang ada di Kota Jambi antara lain :
1.    TanggoRajo
2.    Taman Rimba.
3.    MusemNegeri Jambi
4.    Museum Perjuangan Rakyat Jambi
5.    Kampung Raja
6.    MesjidAgung Al-Falah
7.    DanauSipindanDanauTeluk
8.    Hutan Kota MayangMangurai
9.    Taman Anggrek Sri Soedewi
10.   Jambi Paradise

Masih banyak lagi objekwisata yang ada di tanah Melayu ini. Namun tentunya pemerintah daerah Jambi tetap harus terus meningkatkan pengelolaan terhadap potensi wisata daerah tersebut agar cepat dikenal oleh masyarakat luas. 

Dengan harga yang terbilang murah untuk masuk kesalah satu objek wisatanya tentu tidak akan masalah bukan untuk singgah dan berwisata ke negri Jambi.

Karena selain kita bisa berkunjung, artinya kita juga ikut serta dalam meningkatkan pendapatan daerah tersebut dan ikut membantu mengembangkan potensi bidang pariwisata di Kota Jambi. (Penulis: Anissatul Istianah-STEI SEBI-email : anisatulistianah05@gmail.com-WA/HP: 082371580749)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos