Home » , , , » Pemkot Jambi Dapat Bantuan Hibah dari UNESCAP

Pemkot Jambi Dapat Bantuan Hibah dari UNESCAP

Written By jambipos-online on Friday, August 4, 2017 | 09:56

KFW Jerman dan Lembaga Dunia Untuk Pemkot Jambi 
 
Walikota Jambi H Syarif Fasha saat menghargai jasa para Pekerja Kebersihan Kota Jambi dengan memberikan bantuan uang tunai. (Dok Jampos)
Jambipos Online, Jambi-Program inovasi dan kreatifitas yang telah dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi membuat Walikota Jambi Syarif Fasha merasa gembira karena telah mendapatkan dua penghargaan yang telah diraihnya dibidang kebersihan dan lingkungan yakni Anugerah Adipura untuk kategori kota besar tahun 2017 dan Plakat Taman Kota Terbaik. 

Walikota Fasha mengatakan berbagai inovasi dan kreatifitas yang dicanangkannya seperti Bangkit Berdaya, Kampung Bantar, Kampung Iklim, Kampung Flory, Kampung Toga, Kampung Hidroponik, membangun Taman-taman Kota, kewajiban Pengembang menyediakan 45% area perumahan untuk RTH, Fasos dan Fasum. 

Kata Fasha, kewajiban Pemilik Ruko bertingkat menamam pohon sejumlah tingkatannya, kewajiban menanam pohon bagi calon mempelai yang akan menikah, ternyata turut menjadi instrument penting menjadikan Kota Jambi bersih, sehat, indah dan nyaman hingga berhasil pula meraih Anugerah Adipura itu. 

“Yang sangat menarik perhatian tim penilai atas diraihnya dua penghargaan tersebut adalah inovasi kami dalam mendorong keterlibatan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan mengakselerasi swadaya masyarakat dalam pembangunan utilitas perkotaan melalui program Kampung Bantar dan Bangkit Berdaya,” kata Fasha. 

Selain inovasi itu, kreatifitas Walikota Fasha dalam membangun dukungan Pemerintah Pusat dan Dunia Internasional dalam pembangunan berkelanjutan yang berbasis lingkungan, juga patut diacungi jempol. 

Hibah Luar Negeri Atas kreatifitasnya tersebut, Kota Jambi mendapat berbagai bantuan dana hibah seperti pembangunan Sanitary Landfiil di Talang Gulo (KFW Jerman), Waste To Energy (UNESCAP) dan Swerage System (ADB), serta yang paling anyar bantuan UN Habitat untuk penataan Kawasan Kumuh di Kota Jambi. 

Sebagai etalase Provinsi Jambi, Kota Jambi pun turut menguatkan perannya dalam mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional maupun internasional. 

Sejak dijabat Syarif Fasha bersama dengan dukungan segenap masyarakatnya, Kota Jambi dengan segudang prestasi itu kali ini kembali berhasil meraih supremasi tertinggi. 

Masyarakat Kota Jambi pun patut berbangga, karena penghargaan prestisius untuk yang ke 5 kalinya secara berturut-turut diterima Pemerintah Kota Jambi setelah 16 tahun lalu itu, membuktikan bahwa Kota Jambi telah bangkit dan setara dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. 

Apresiasi tertinggi dan bergengsi yang diharapkan semua daerah di Nusantara itu juga menunjukkan bahwa program dan kebijakan pembangunan berkelanjutan berbasis lingkungan yang menjadi prioritas Pemerintah Kota Jambi berjalan dengan baik. 

Adipura dan Plakat Taman Kota Terbaik kategori kota besar untuk Kota Jambi, dikatakan Fasha bahwa sesungguhnya penghargaan tersebut tidak mungkin bisa dipertahankan atau diraih jika tanpa kerjasama serta dukungan segenap lapisan masyarakat, OPD dan ASN, termasuk pula peran aktif pasukan orange (petugas kebersihan-red) yang telah bekerja siang malam guna menciptakan Kota Jambi yang bersih. 

“Kita juga patut bersyukur karena taman-taman kota yang kita bangun dan perindah itu kini membuahkan hasil. Selain telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, keberadaan taman-taman kota itu pun turut mendapat apresiasi pemerintah pusat, terbukti dengan terpilihnya Kota Jambi sebagai penerima penghargaan Plakat Taman Kota Terbaik,” kata Fasha. (JP-Hms)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos