Home » , , , » Panglima TNI Harap Mahasiswa Turut Menjaga Kebhinnekaan Indonesia

Panglima TNI Harap Mahasiswa Turut Menjaga Kebhinnekaan Indonesia

Written By jambipos-online on Wednesday, August 9, 2017 | 08:49

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat memberikan Kuliah Umum Bela Negara kepada Mahasiswa Baru Universitas Jambi Tahun Akademik 2017/2018, bertempat di Balairung Universitas Jambi, Kampus Mendalo Kabupaten Muarojambi, Selasa (8/8/2017) siang. Humas

Jambipos Online, Muarojambi- Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta Mahasiswa untuk berperan aktif dalam menjaga Kebhinekaan Indonesia. Jenderal Gatot Nurmantyo memberikan kuliah umum tentang ancaman dan tantangan dalam menghadapi kompetisi global, dimana bangsa Indonesia harus bersiap menghadapi kompetisi global untuk menjadi pemenang, sesuai dengan teori Thomas Maltus (1798) bahwa populasi manusia seperti deret ukur, sedangkan ketersediaan makanan seperti deret hitung. 

Jika populasi manusia terus meningkat sedangkan ketersediaan semakin menipis maka akan terjadilah kompetisi, disamping itu, manusia juga membutuhkan energi dan energi pun sudah semakin menipis membuat kompetisi semakin ketat. 

Himbaun itu disampaikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat memberikan Kuliah Umum Bela Negara kepada Mahasiswa Baru Universitas Jambi Tahun Akademik 2017/2018, bertempat di Balairung Universitas Jambi, Kampus Mendalo Kabupaten Muarojambi, Selasa (8/8/2017) siang. 

Sekitar 7.000 orang mahasiswa baru Universitas Jambi sangat antusias mengikuti kuliah umum umum bela negara yang disampaikan Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo di Universitas Jambi yang mengambil tema 
“Urgensi Bela Negara Dalam Pengenalan Kehidupan Kampus.” Gatot berpesan untuk terus bersatu menjaga kebhinekaan Indonesia agar tidak terpecah belah, namun terus tetap tegak berdiri.

“Kita bisa melihat sejarah sebelumnya, selama kurang lebih 350 tahun kita dijajah, berjuang secara sendiri sendiri bersifat kedaerahan tidak berhasil, ketika pemuda bersatu pada 1928 melalui Sumpah Pemuda, hanya dengan 17 tahun bisa merebut kemerdekaan, karena mereka menyatukan tekad melalui peran tokoh tokoh agama dan masyarakat untuk merebut kemerdekaan dengan senjata apa adanya dan semangat serta tekad yang kuat, merdeka atau mati,” terang Gatot. 
Kiri Kekanan: Gubernur Jambi H Zumi Zola, Panglima TNI Gatot, Rektor Unja pada Kuliah Umum Bela Negara kepada Mahasiswa Baru Universitas Jambi Tahun Akademik 2017/2018, bertempat di Balairung Universitas Jambi, Kampus Mendalo Kabupaten Muarojambi, Selasa (8/8/2017) siang.
Gatot menekankan, kunci untuk selalu menjaga serta membina kebhinekaan bangsa Indonesia ada di Pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia. 

“Universitas Jambi memiliki peran yang sangat strategis untuk melahirkan kader-kader bangsa yang cinta tanah air, menjunjung tinggi budaya dan kearifan lokal, serta menjadi pelopor menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” tutur Gatot. 

Gatot memberikan kesimpulan dengan menayangkan video lagu yang berjudul Manisnya Negeriku ciptaan pengamen Mujiono yang pernah mengikuti Indonesia Idol. 

“Kita harus tetap bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika seperti apa yang telah disampaikan oleh Mujiono melalui lirik lagu ciptaannya,” pungkas Gatot. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos